5.6K
Jogja menyimpan seribu tempat wisata. Tidak heran banyak pasangan yang memilih berbulan madu di sini.

Jogja kota budaya dipenuhi dengan tempat-tempat bersejarah yang eksotik. Selain itu, pemandangan alamnya juga tidak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata alam di kota lain. Belum lagi industri kreatifnya juga melimpah. Sebagai pengantin baru, kamu dan pasangan boleh menjadikannya sebagai kota tujuan bulan madu.

Supaya tidak buta arah dan bingung hendak ke mana saat di Jogja, ini dia daftar destinasi honeymoon di Jogja yang sayang jika kamu lewatkan

1. Kawasan Keraton

Photo credit: timetravelturtle.com

Jogja adalah kota istimewa di Indonesia karena ia mempertahankan bentuk kesultanan dalam pemerintahannya. Nilai-nilai kerajaan masih dilestarikan hingga sekarang. Misalnya, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang masih dipakai sebagai tempat tinggal Sultan. Suasana romantis ala raja dan ratu Jawa bisa kamu rasakan jika berkunjung ke sini.

Untuk memasuki Keraton, dikenakan biaya Rp 5.000,- bagi wisatawan domestik dan Rp 15.000,- bagi wisatawan asing. Kunjungan dibuka pada pukul 10.00 setiap hari. Khusus hari Jumat, keraton hanya buka sampai pukul 11.00. Kamu dan pasangan bisa menyaksikan berbagai koleksi benda-benda milik kerajaan dan aneka pertunjukan seni seperti macapat, gamelan, wayang golek menak, wayang kulit, dan tari srimpi.

Usai dari keraton, kalian berdua bisa menjelajah tempat-tempat menarik di sekitarnya seperti Malioboro yang kini ramah pejalan kaki, Pasar Beringharjo yang konon merupakan pasar tertua di Jawa, Benteng Vredeburg yang merupakan bangunan peninggalan zaman kolonial Belanda, Taman Budaya Yogyakarta yang sering ramai festival, serta Pemandian Taman Sari yang dulu hanya bisa diakses oleh kalangan kerajaan. Setidaknya butuh satu hari penuh untuk menikmati beragam area wisata di kawasan ini.

2. Kawasan Pantai-Pantai Gunung Kidul

Photo credit: klikhotel.com

Jalan menuju ke sana memang terjal dan berkelok-kelok. Tetapi pemandangan yang didapat setelah perjalanan yang berat itu sungguh luar biasa indah. Tidak dikenakan biaya untuk memasuki kawasan pantai di Gunung Kidul. Hanya saja kamu perlu bayar parkir kendaraan. Deretan pantai di Gunung Kidul terkenal dengan pasir putih dan panorama sunrise/sunset yang indah. Akan semakin romantis perjalanan kalian berdua jika datang ke sini pada sore hari lalu pulang menjelang malam dan mampir di kedai-kedai yang berada di pinggir-pinggir jalan. Kalian bisa menikmati cantiknya ‘bukit bintang’ sambil ngobrol santai untuk semakin mengenal pribadi masing-masing. Pendar-pendar lampu kota tampak seperti taburan bintang jika dilihat dari ketinggian bukit.

3. Seputaran Candi

Photo credit: bujang.net

Bulan madu ke candi? Eits, jangan salah. Bangunan candi-candi yang kokoh dibangun dengan susah payah sejak zaman nenek moyang kita. Namun ia tidak lapuk oleh hujan dan angin. Kamu tentu mau kisah cintamu abadi seperti candi-candi ini, kan?!

Sebut saja Candi Prambanan, Istana Ratu Boko, Sambisari, Kalasan, dan Plaosan. Candi-candi ini ada di Jogja. Jika ingin wisata candi lebih banyak lagi, kamu bisa mampir ke Magelang di mana terdapat Candi Borobudur di sana.

Untuk memasuki komplek candi Rata-rata dikenakan biaya sekitar Rp 30.000. Tempat paling indah untuk menikmati sunset yaitu di Istana Ratu Boko. Sementara di Candi Prambanan, tidak hanya kemegahan candi saja yang bisa kamu kagumi, pertunjukan sendratari Ramayana di Candi Prambanan juga asyik ditonton bersama pasangan. Selain itu, ada banyak penjaja souvenir di sepanjang jalan keluar dari komplek Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

4. Tongkrongan Kekinian

Photo credit: nggialfonso.com

Kamu yang mengaku anak kekinian tentu tidak ingin melewatkan kesempatan nongkrong di tempat-tempat ini. Sebut saja Local Hotel & Restaurant atau kafe-kafe di sepanjang Jalan Prawirotaman. Keduanya dikunjungi Cinta dan Rangga dalam film AADC 2. Cinta dan Rangga ‘jatuh cinta lagi’ setelah bertemu di Jogja. Artinya, Jogja adalah kota penuh cinta dan kenangan. Belum lagi kafe-kafe unik lain yang kini semakin menjamur di Jogja menyediakan ruang romantis bagi kalian berdua untuk mengobrol lebih banyak.

5. Sentra industri

Photo credit: rahaholidays.com

Nah, sudah lelah berkeliling kini saatnya kamu mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang. Untuk urusan oleh-oleh khas Jogja kamu bisa sekaligus mengunjungi tempat-tempat proses pembuatannya. Di sana kamu akan belajar bahwa pekerjaan yang dilakukan dengan rasa cinta hasilnya akan indah. Sama seperti rumah tangga kalian, akan indah jika dilakoni dengan penuh rasa cinta.

Beberapa yang bisa kamu kunjungi yaitu Kampung Batik di Giriloyo yang menjual batik tulis—busana khas kerajaan Mataram, Sentra Kerajinan Perak di Kotagede yang menyediakan berbagai macam perhiasan dan hiasan dari perak, serta Sentra Gerabah di Kasongan yang memajang gerabah siap jual. Oleh-oleh yang berupa makanan bisa kamu peroleh di pabrik Bakpia Pathok 25 di Desa Pathok.

Tunggu apa lagi?! Buruan rancang honeymoon kalian berdua di Jogja dan nikmati keseruannya



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Destinasi Honeymoon di Jogja yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan Bersama Pasangan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar