3.9K
Dewasa bukan soal usia. Banyak orang berusia matang tapi sikapnya jauh dari dewasa dan juga sebaliknya. Dewasa bukan berarti tak merasakan kegalauan. Ada loh kegalauan yang menunjukkan bahwa kamu memang sudah dewasa.
photo credit:Shutterstock

Banyak hal yang dulu tak terpikirkan tapi sekarang membuat kamu tak bisa tidur nyenyak. Demikian juga dengan kecemasan yang dulu jadi beban pikiran tapi saat ini jadi hal biasa buat kamu. Berikut 7 kegalauan yang menandakan kalau kamu sudah dewasa.

1. Duniamu begitu terbatas, hanya seputar rumah-kantor-rumah-kantor. Begitulah kamu menjalani hidupmu

Dulu semasa kuliah, kamu merasa hidupmu begitu berwarna. Selain kuliah, kamu masih bisa menikmati “hidup”. Jalan dengan teman, backpaker, atau ikut serta dalam organisasi. Setelah bertahun-tahun memasuki dunia kerja, kamu sadar kalau dunia kamu “terbatas”. Demi mengejar karir, kamu berangkat pagi buta dan pulang malam hari, bahkan saat hari sudah berganti. Kamu pun mulai bertanya-tanya apa tujuan hidup kamu.

2. Antara ekspektasi dan realita tak sejalan

photo credit:Business Woman Media

Ditengah biaya hidup yang kian melonjak dari hari ke hari, sedangkan kenaikan gaji tak sebanding dengan inflasi. Akibatnya kamu merasa gaji naik,kebutuhan hidup juga ikut bertambah. Terlintas dalam benakmu untuk pindah kerja, karena dengan begitu kenaikan gaji yang kamu dapatkan bisa berkali-kali lipat.

3. Kamu mulai sadar kalau hidupmu bukan untuk kamu sendiri

Diawal bekerja, apalagi saat kamu menerima gaji pertama, kamu merasakan euforia. Kamu pun punya segudang rencana yang ingin kamu wujudkan. Tapi bertahun-tahun kemudian, kamu merasa kalau ada orang lain yang harus kamu bahagiakan. Ya , keluarga jadi prioritas utama kamu.

4. Ditengah segala kecukupan yang kamu miliki, kamu merasa ada yang kurang

photo credit:Goodnet

Gaji fantastis dan jabatan mentereng mau tak mau menambah tebal isi kantongmu. Sayangnya kelimpahan yang kamu miliki, kamu merasa ada yang kurang. Kamu merasa kalau kamu harus berbagi, karena kamu ingin merasa berguna buat orang lain.

5. Dulu kamu berpikir menikah itu sederhana, nyatanya tak sesederhana yang kamu pikirkan

Siklus hidup yang kamu rencanakan, lulus-kerja-menikah-punya anak. Nyatanya setelah berulang kali kamu menjalin hubungan asmara, kamu merasa kalau menikah memang tidak “sederhana”.Tak seperti apa yang orang katakan, “jalani dulu”. Banyak hal yang jadi pertimbangan kamu.

6. Kamu melihat segala sesuatu berubah dengan cepat, tapi kamu merasa hidupmu jalan di tempat

Kamu melihat teman kuliahmu sudah menikah dan punya anak dua. Lainnya sedang membangun bisnis start up-nya. Kamu merasa tak banyak perubahan dalam diri kamu. Dan kamu pun mulai bertanya-tanya, apa yang salah?

7. Kamu mulai sadar kalau banyak ketidakpastian dalam hidup

photo credit:Facebook Timeline Covers
Temanmu yang sempat berjaya dengan karirnya tiba-tiba menghubungimu untuk menanyakan lowongan pekerjaan. Ada juga yang bisnisnya gulung tikar. Kejadian tersebut membuat kamu sadar kalau tidak ada yang pasti dalam hidup. Dan kamu juga makin tahu kalau hidup itu ada waktunya.
Bagaimana RulaWoman? Tiap orang punya prosesnya masing-masing. Selamat berproses menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri.

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Dewasa Bukan Soal Usia, Berikut 7 Kegalauan yang Menandakan Kalau Pola Pikirmu Sudah Dewasa". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar