13.6K
Diwali atau yang dikenal juga sebagai Deepavali merupakan tradisi umat Hindu yang penuh warna. Apa sebenarnya makna penting dari perayaan ini?

Beberapa waktu lalu, umat Hindu di Indonesia mengusulkan kepada Presiden Jokowi agar Hari Raya Diwali diakui sebagai hari raya yang resmi dan masuk ke dalam kalender libur nasional Indonesia. Mereka mengimbau hal ini karena menginginkan adanya keadilan di antara perayaan hari besar umat beragama di Indonesia. Tapi sebenarnya, apakah kamu tahu apa itu Diwali atau Deepavali, RulaWoman?

You know what, sebenarnya perayaan ini cukup istimewa, lho! Diwali yang biasanya jatuh di bulan Oktober atau November ini juga sering dirayakan besar-besaran di luar negeri –termasuk negeri tetangga kita, Malaysia. Tradisi upacara agama Hindu ini merupakan pesta yang penuh warna, dan sering kali dikenal juga dengan sebutan Pesta Cahaya. Diwali merupakan simbol dari kesatuan umat –dalam hal ini, simbol bersatunya etnis India sebagai rakyat Indonesia.

Nah, apa saja, ya, makna mendalam yang bisa kita petik dari perayaan Upacara Diwali? Ini dia, RulaWoman…

Photo Credit: vulcanpost

1. Perayaan yang dikenal sebagai Pesta Cahaya atau Festival Cahaya ini merupakan simbol menangnya kebaikan melawan keburukan!

Umat India percaya, bahwa Diwali merupakan pesta kemenangan, oleh karena itu biasanya mereka menyalakan lampu/lilin, dan sekaligus merayakan harapan-harapan yang mereka miliki.

2. Diwali sudah dirayakan di berbagai negara dan mencerminkan kebersamaan

Mulai dari negara maju seperti Amerika, hingga negara tetangga kita Malaysia sudah menetapkan Diwali sebagai hari besar dalam kalender libur nasional mereka. Bahkan Barack Obama juga sempat membuat perayaan Diwali di Gedung Putih, menandakan bahwa India sudah dirangkul sebagai bagian dari Amerika, RulaWoman. Diwali benar-benar menjadi tanda kebersamaan bagi banyak orang di luar sana.

3. Asal usul Diwali: kemenangan yang baik atas yang jahat, dan perayaan dengan pelita dan kesucian jiwa

Perayaan ini mulanya berasal dari kemenangan Rama melawan Rahwana atau Ravana, dan berhasil merebut kembali Dewi Sita yang tadinya diculik. Kemenangan tersebut menandakan bahwa pihak baik bisa dan mampu untuk mengalahkan yang jahat, oleh karena itu masyarakat mempersiapkan perayaan ini dengan sebaik-baiknya; menyalakan lampu atau pelita yang indah, membersihkan rumah, membuat hiasan bunga di atas tanah, bermeditasi, puasa, serta menjaga jiwa mereka agar tetap bersih.

Photo Credit: buzzintown

4. Di India, Diwali identik dengan lampu dan perayaan besar-besaran

Di India sendiri, Diwali merupakan hari besar dan tentu saja merupakan salah satu perayaan yang masuk ke dalam libur nasional mereka, RulaWoman. Perayaan Diwali sendiri memakan waktu dua hingga lima hari, bukan waktu yang singkat untuk sebuah perayaan. Masyarakat India tampaknya memang sangat menghormati Diwali, sebab masing-masing adat di berbagai tempat merayakannya dengan tempo yang berbeda-beda meski pada umumnya sama –dengan cahaya. Tidak hanya rumah, biasanya pelita juga menghiasi kuil-kuil India dan orang-orang akan saling mengunjungi satu sama lain. Tak jarang pula, mereka bertukar hadiah. Ini menandakan bahwa India memandang Diwali sebagai tonggak sejarah yang penting untuk dirayakan!

5. Kata ‘Diwali’ atau ‘Deepavali’ sendiri memiliki makna yang indah

Deepavali berasal dari kata ‘dipa’ dan ‘gavali’, yang jika digabungkan, maka keduanya berarti ‘barisan cahaya’. Maknanya indah, ya, RulaWoman?

6. Mempersiapkan Diwali; dari pelita hingga Rangoli

Rangoli merupakan kegiatan menyusun beras dan ampas kelapa, biasanya dilakukan pada malam sebelum Hari Raya Diwali diselenggarakan. Beras dan ampas kelapa ini disusun di depan pintu. Para wanita menghias diri mereka pula. Hal ini dimaksudkan agar pada masa Diwali, Dewi Laksmi –dewi perlambang kekayaan serta kemakmuran dalam kepercayaan Hindu, berkenan hadir di rumah mereka.

Photo Credit: magessx

7. Manisan atau Prasad untuk kesejahteraan

Manisan merupakan salah satu panganan yang kental kaitannya dengan masyarakat India, RulaWoman. Mereka percaya bahwa manisan membawa sesuatu yang baik dan menjadikan segalanya lebih sejahtera. Oleh karena itu pada tiap kesempatan atau perayaan, akan ada hidangan manisan, yang dikenal juga sebagai Prasad. Wah!

8. Sembahyang di Kuil

Biasanya, pada hari Diwali, masyarakat Hindu akan bersembahyang bersama di kuil, serta memberikan kalungan bunga pada patung dewa mereka di sana. Selain itu, mereka juga mengharapkan kesejahteraan bagi keluarga mereka yang sudah tiada, dalam kesempatan ini.

9. Diwali yang membawa nilai-nilai positif bagi kehidupan

Secara umum, bisa kita ketahui juga bahwa Diwali ini membawa efek positif dan kebahagiaan bagi mereka yang merayakannya, RulaWoman. Sebab, selain ajang untuk berkumpul dengan sesama dan keluarga, Diwali juga dianggap akan memberikan kesejahteraan berkepanjangan bagi banyak orang.


Itulah beberapa hal mengenai Diwali yang mungkin belum terlalu banyak diketahui orang di Indonesia. Perayaan penuh cahaya ini sejatinya merupakan momen penting bagi penganut Hindu, Sikh, dan berbagai ajaran lain di India. Semoga ke depannya juga, masyarakat India di Indonesia bisa merayakan kebersamaan ini dengan sama meriahnya, ya, RulaWoman.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Diwali atau Deepavali Ternyata Bukan Perayaan Biasa. Yuk Simak 9 Makna Mendalam Tentang Upacara Agama Hindu Ini yang Dijamin Membuat Kamu Terharu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar