2.1K
RulaWoman, memiliki sahabat pria itu menyenangkan lho! Tapi, hati-hati dari persahabatan bisa jadi cinta.
Seribu teman bisa kita cari tapi satu sahabat sangat sulit untuk didapatkan.

Kalimat itu pernah saya baca entah di mana dan saya mengamininya. Mencari teman relatif lebih mudah dibandingkan sahabat. Teman bisa kita dapatkan di mana saja, online maupun offline. Tapi, sahabat, bagi saya ada beberapa kriteria yang harus seseorang itu miliki untuk saya ‘stempeli label’ sahabat.

Memilih sahabat sama sulitnya dengan memilih pasangan. Setuju nggak, RulaWoman?

Karena sahabat itu selalu ada di setiap kondisi kita. Walaupun mereka nggak bisa temani kita, tapi kehadiran lewat pesan teks saja sudah sangat berarti. Saya melabeli seseorang itu sahabat ketika dia telah melewati beberapa fase kehidupan dengan saya. Iya, saya butuh waktu yang cukup lama untuk memutuskan dia itu sahabat atau hanya sekedar teman baik saja. Seorang sahabat bagi saya, saat saling tahu kehidupan pribadi, tak ada batasan lagi untuk bercerita even a little things, tempat saya merasa nyaman untuk menumpahkan kebahagiaan maupun kekesalan.

Sebagai seorang perempuan tentunya saya memiliki sahabat perempuan, tapi tak menutup kemungkinan saya punya sahabat pria. Untuk sahabat pria, saya sedikit selektif, hingga sekarang ini saya hanya memiliki 3 sahabat pria.

Dengan sahabat pria, saya memiliki satu pandangan lain yang sangat berbeda. Tahu lah kalau perempuan suka mengandalkan kekuatan perasaan, kalau pria lebih suka ke logika. Ini yang menarik, karena mereka mampu membuat saya berpikir, “Oh, iya ya, kenapa saya nggak kepikiran hal itu?”. Yeah, just a simple like that. Dan satu hal, sahabat pria adalah kaum yang paling teguh menyimpan rahasia. Trust me!

RulaWoman, jika kamu punya sahabat pria do’s and don’ts ini perlu diperhatikan agar hubungan persahabatnnya awet.

DO’S

<div class=
">

1. Punya selera humor

Salah satu sahabat saya itu tinggal di benua Eropa. Dan kadang kami suka menertawakan hal-hal kecil yang nggak penting. Entah itu foto-foto lucu di Instagram, video konyol di youtube atau berita. Adanya selera humor ini bikin persahabatan awet loh.

Pria cenderung nyaman dengan perempuan yang memiliki selera humor. Coba deh kamu lihat, pria itu senang berkumpul dengan teman-teman prianya karena mereka bebas bercanda. Bagi kaum pria, bercanda memang menjadi obat yang manjur untuk melepas segala ketegangan dan kepenatan. Karena itu, saat sedang bersama dengan sahabat pria tunjukkan bahwa kamu memiliki selera humor.

Bisa kamu mulai dengan mencoba tertawa lebih lepas (jangan tertawa garing, yes) dan menanggapi candaan dia. Percayalah, pria akan merasa nyaman berada bersama orang yang memiliki kadar humor yang sama.

2. Mandiri

Berteman dengan pria, coba deh kamu kikis sikap manja karena sebagian pria menganggap perempuan manja itu merepotkan. Apalagi kalau kamu suka manja nggak jelas, makin malas lah mereka. Sahabat pria akan lebih menghargai apabila kamu bisa menunjukkan kemandirian. Karena bagi dia, perempuan mandiri lebih bisa mengikuti gaya pertemanan pria.

Tapi, sesekali boleh kok kamu tunjukkan kemanjaan, tentunya dengan kadar dan sikap yang berbeda dengan kekasih.

3. Tahu banyak hal

Kamu nggak perlu tahu segalanya layaknya mbah Google. Yang terutama, kamu bisa update dengan topik-topik terkini. Perluaslah pengetahuanmu dengan banyak membaca, trust me it’s works! Semua bacaan itu bisa menambah banyak pengetahuan, bahkan dari novel sekalipun kamu bisa mendapatkan hal baru yang belum kamu tahu.

Biasanya kaum pria akan senang berteman dengan perempuan yang bisa diajak ngobrol beberapa topik kesukaan seperti olahraga, otomotif, musik hingga politik. Kamu nggak perlu jago amat untuk tahu detail otomotif misalnya, cukup tahu saja siapa pembalap F1, dari tim mana, itu sudah cukup. Selebihnya biarkan dia menjelaskan tentang hal itu saat ngobrol.

Psst, saya suka loh bahas politik dengan sahabat pria. Mereka enak untuk diajak diskusi dan debat untuk hal ini. Enaknya debat sama sahabat pria, mereka nggak baper-an. Hehehe...

4. To the point

Saat merasa kesal dengan sikap sahabat pria, jangan menyimpan dalam hati dan berharap dia tahu tanpa kamu mengatakannya. Pria itu makhluk yang kurang peka, lho untuk urusan perasaan. Sayangnya, sahabat pria juga bukanlah seorang mind reader yang bisa tahu apa di dalam pikiranmu!

Jadi, bila dia melakukan hal-hal yang kurang berkenan di hati, langsung katakan saja. Tenang, ini nggak akan membuatnya tersinggung kok. Karena, pria lebih senang yang to the point dan lebih terbuka menerima kritik.

5. A good listener

Ketika dia ingin bercerita tentang persoalannya di kantor, teman atau mungkin kekasihnya, berikan perhatian. Jangan menyela, biarkan dia selesai dan kamu tanggapi. Sahabat pria ini kadang nggak butuh solusi, mereka butuh seseorang untuk mendengarkan saja.

Saat sahabat pria curhat, ada baiknya kamu tatap matanya, hentikan jarimu menggeser layar smartphone atau melirik ke kanan-kiri. Mereka pasti jengkel, kita juga kalau digituin nggak suka kan? Begitu juga kalau mereka bercerita lewat WhatsApp, jangan sampai kamu ketahuan lagi like foto-foto di Instagram atau status Facebook, ini bisa membuat mereka ilfil untuk melanjutkan cerita.

DON’TS

1. Protektif

Selama apapun hubungan persahabatan kamu dengannya, jangan pernah merasa memilikinya secara utuh. Menjadi sahabat bukan berarti kamu berhak melarangnya melakukan ini itu. Kamu sahabat apa Mamanya? Hvft.

Lagipula, temannya nggak hanya kamu, jadi cobalah untuk lebih menghargai area pribadinya. Sikap protektif kamu, justru akan membuat dia tak nyaman.

2. Gosip

Barangkali kegiatan paling seru yang dilakukan oleh perempuan adalah bergosip, yes. Tapi, kamu tahu nggak kalo gosip ini adalah hal yang paling menyebalkan bagi kamu pria. Pasalnya, dia hanya berminat mendengarkan hal-hal yang menarik perhatiannya. Sahabat pria bukan orang yang tepat untuk diajak bergosip. Apalagi jika kamu mengajak dia untuk ngobrol topik yang kamu dapatkan dari akun Lambe Turah, oh no. Just don't do that!

Sahabat pria akan lebih senang jika kamu mengajaknya untuk melakukan kegiatan bersama, seperti jogging atau nonton film di bioskop.

3. Hobi ngeluh

Setiap orang tentu memiliki masalah, tapi tak perlu selalu memblow-up setiap masalah kamu di hadapan teman-teman. Sesekali sah-sah saja bila kamu sharing dengan sahabat pria, karena dia akan membantu kamu mencari jalan keluar. Tapi, jika sarannya kamu abaikan, kemudian di lain hari kamu curhat masalah yang sama, dia akan merasa tidak dihargai dan hilang simpati.

4. Membahas pria lain

Walaupun statusnya hanya sebagai sahabat, tapi kebanyakan kaum pria tak terlalu suka jika kamu kerap memuji pria lain, terutama cerita tentang pria incaran atau pacar kamu. Perlu kamu tahu bahwa pria itu manusia dengan ego tinggi dan tidak ingin mendengar apabila ada pria lain lebih hebat dari dirinya.

Jika do’s dan don’ts kamu lakukan, percayalah persahabatan kamu akan awet. Perlu juga kamu ingat, bersahabat dengan pria rentan untuk jatuh cinta. Tidak masalah kalau status sama-sama jomblo. Tapi, RulaWoman yang sudah memiliki pasangan ada baiknya membatasi hal-hal tertentu dengan sahabat pria. Ini bisa menimbulkan masalah dengan pacar dan kamu nggak mau kan persabahatan yang sudah terjalin sekian tahun akhirnya kandas hanya karena masalah cemburu?

No matter how serious life gets, you still gotta have that one person you can be completely stupid with.

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Do’s and Don’ts yang Perlu RulaWoman Lakukan Ketika Punya Sahabat Pria". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar