3.1K
“Everyone in life is gonna hurt you, you just have to figure out which people are worth the pain.” - Bob Marley

“Aku tidak bisa melakukan apapun tanpanya!”

“Hanya dia yang bisa mengerti aku.”

“Tidak ada yang bisa menyayangiku seperti dia.”

Apakah pikiran-pikiran semacam itu sering terlintas di kepalamu dan membuatmu menangis hampir setiap hari? Setiap kali kenangan tentangnya terlintas di pikiranmu, kamu menjadi lemah dan berpikir bahwa duniamu sudah berakhir. TIDAK! Duniamu belum berakhir, RulaWoman! Inilah saatnya untuk kamu memulai hal baru tanpanya. Inilah saatnya untuk kamu merentangkan sayapmu selebar-lebarnya dan terbang jauh tinggi ke langit meninggalkan kesedihanmu.

The hardest part of ending is starting again – Linkin Park

Ya, bukan hal yang mudah untuk memulai sesuatu yang baru. Bukan hal yang mudah ketika kamu harus melanjutkan hidupmu yang sudah terlalu terbiasa dengannya. Tapi kamu tidak akan tahu sampai kamu mencobanya, bukan?

Berikut ini 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk membantumu sembuh dari luka patah hati karenanya!

1. Mendengarkan musik dan bernyanyi

Photo Credit: Tad Too New

Mendengarkan musik yang kamu suka dan menyanyikannya dengan mengeluarkan seluruh isi hatimu bisa membantumu sembuh dari patah hati lho, RulaWoman. Hindari lagu-lagu yang mengingatkan akan kenangan yang kamu lalui bersama dirinya.

2. Menulis

Photo Credit: Career Mestis

Tulis atau gambarlah perasaanmu pada secarik kertas. Tulis semuanya! Bahkan hal yang tidak pernah kamu ceritakan pada sahabat terbaikmu. Menulis atau menggambar adalah sebuah terapi yang bisa membantumu mengetahui dengan jelas kesedihan seperti apa yang sedang kamu rasakan sekarang. Menuliskan pengalaman menyedihkan yang kamu alami, membantumu mengetahui makna di balik semua hal yang menimpamu, RulaWoman. Mulailah menulis!

3. Tidur

Photo Credit: The Huffington Post

Menurut penelitian, seseorang yang dapat tidur 7 jam setiap malamnya akan lebih cepat sembuh dari patah hati dibandingkan orang yang tidur lebih sedikit dari itu. Kurang tidur bisa memperlambat growth hormone yang berfungsi untuk memperbaiki luka. Karena itu mulai malam ini berhentilah melihat media sosialnya dia di tengah malam. Tidurlah lebih awal, tubuhmu memerlukan itu.

4. Berlari

Photo Credit: Women's Running

Berlari di sini bukan berlari dari masalah tapi berlari dalam artian yang sebenarnya. Berlari atau melakukan olahraga yang lain dapat memicu hormon insulin yang membuatmu merasa baik. Selain membuat dirimu menjadi lebih sehat, kamu akan lebih cepat 'sembuh', RulaWoman.

5. Ungkapkan semuanya pada Sang Pencipta

Photo Credit: CMAlliance

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum melakukan keempat cara di atas adalah mengungkapkan semuanya pada Sang Pencipta, karena cara lain akan percuma jika kamu tidak melakukan cara ini. Ceritakan semua pada-Nya apa yang kamu rasakan. Ceritakan semua keluh kesahmu, rasa sakitmu, deritamu. Jika kamu belum pernah melakukan ini sebelumnya, mulailah hari ini. Mungkin selama ini hubunganmu dengan-Nya sedikit awkward dan itu membuatmu lebih memilih bercerita pada manusia lain yang sepertinya lebih nyata. Tapi ketahuilah RulaWoman, tidak ada yang lebih mengenalmu dari Penciptamu sendiri. Ketika kamu mulai mencurahkan semua pada-Nya, secara ajaib kamu akan merasakan damai yang tidak bisa kamu rasakan di manapun. Dia yang penuh dengan cinta itu akan mencintaimu sampai kapanpun. Kamu akan lebih mengenal siapa dirimu. Dirimu yang berharga dan sempurna di mata-Nya. Ketika kamu semakin mengenal siapa dirimu, kamu akan mulai berdamai dengan dirimu sendiri dan cara pandangmu akan hidup ini pun akan berubah.

Kamu tidak akan pernah bisa memulai hal yang baru dengan baik tanpa berdamai dengan dirimu sendiri. Karena itu, mulailah untuk datang dan bercerita pada-Nya.

Perjuanganmu memang tidak akan mudah, tapi ketika kamu mau bertekad untuk sembuh dari luka hatimu, maka kamu akan selalu bisa menemukan cara untuk sembuh. Jika di tengah perjuanganmu tiba-tiba kamu merindukannya, ingatlah bahwa yang kamu rindukan sebenarnya bukan dirinya. kamu hanya merindukan moment yang kamu lalui bersamanya. Bahkan kalaupun dia kembali lagi padamu, semua kenangan itu tidak akan bisa terulang kembali, RulaWoman. Karena itu kuatkanlah hatimu. Percayalah bahwa orang-orang di sekitarmu merindukan senyum dan tawamu.

BACA JUGA


Dilema Memilih Satu Diantara Dua Lelaki? Pakai 9 Cara Jitu Untuk Mengatasinya, Rulawoman

Dilema Memilih Satu Diantara Dua Lelaki? Pakai 9 Cara Jitu Untuk Mengatasinya, Rulawoman

Kamu nggak pernah tahu kapan dan dengan siapa akan jatuh cinta. Bahkan kamu mungkin nggak tahu sama sekali apa alasan yang membuat kamu ...

Read more..

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Dunia Belum Berakhir! 5 Hal Ini Dapat Membantumu Sembuh dari Patah Hati". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Wesa Theslan Bhadrasana | @wesabhadrasana

an encourager who writes about art, children, food, friendship, love, music and women. instagram: @wesabhadrasana email: wesabhadrasana@gmail.com

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar