1.8K
Pelecehan seksual adalah tindak kriminal yang serius. Jangan tinggal diam. Suarakan keadilan! #LifeGoals

Korban pelecehan seksual seringkali memilih bungkam daripada melaporkannya ke pihak yang berwajib. Alasannya beragam. Malu aibnya diketahui publik, takut dengan ancaman si pelaku, hingga rasa traumatik yang mendalam.

Sebagai manusia yang memiliki rasa keadilan, tidak seharusnya kamu hanya diam jika mengalami pelecehan seksual. Begitu pula halnya jika kamu mengetahui adanya tindak pelecehan seksual yang dialami oleh orang-orang di sekitarmu seperti keluarga, kerabat, tetangga, maupun teman. Hal ini dimaksudkan untuk menimbulkan efek jera bagi si pelaku. Selain itu, kamu akan turut menjadi bagian orang-orang yang mengupayakan keamanan hidup di muka bumi.

Buang rasa takutmu untuk mengatakan kebenaran, RulaWoman! Tujuh selebriti Hollywood ini telah menjadi pelopornya. Mereka angkat bicara soal pelecehan seksual yang mereka alami dan menunjukkan kepada dunia bahwa mereka bisa bangkit dari rasa keterpurukan.

1. Evan Rachel Wood

foto sumber: wallpapersdsc.net

Baru-baru ini, Evan Rachel Wood—pemeran serial TV Westworld—secara terang-terangan mengakui pelecehan seksual yang dialaminya kepada majalah Rolling Stone melalui surat elektronik. Ia juga menceritakannya melalui akun Twitter pada 28 November 2016 yang lalu. Pelecehan seksual pernah menimpanya sebanyak dua kali yaitu oleh (mantan) kekasihnya dan seorang pemilik bar. Kejadian yang ia alami beberapa tahun yang lalu itu masih menyisakan kepedihan dalam dirinya hingga sekarang. Ia bahkan sempat melakukan percobaan bunuh diri namun gagal. Tentu saja siksaan yang ia alami bukan hanya fisik semata, tetapi juga secara psikis. Meski demikian, ia tidak ingin pengalaman tragisnya berujung pada kisah sedih semata dan mendorongnya untuk membuat pengakuan kepada publik.

“I think it's important for people to know that, for survivors to own that, and that the pressure to just get over it already, should be lifted.

It will remind people of the damage that has been done and how the trauma of a few minutes can turn into a lifetime of fighting for yourself. It's not that you can't get over it, it's just that you are never the same, or maybe I just haven't gotten there yet”

2. Amber Tamblyn

foto sumber: whodatedwho.com

Selebriti pemilik nama lengkap Amber Rose Tamblyn ini membuat postingan Instagram yang mengejutkan para penggemar pada 9 Oktober 2016 lalu. Ia mengaku pernah mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh mantan kekasihnya. Perempuan usia 33 tahun ini menceritakan beberapa detail kejadian tersebut kemudian mengakhirinya dengan kalimat berikut.

“To this day I remember that moment. I remember the shame. I am afraid my mom will read this post. I'm even more afraid that my father could ever know this story. That it would break his heart. I couldn't take that. But you understand, don't you? I needed to tell a story. Enjoy the debates tonight.”

3. Minnie Driver

foto sumber: mirir.co.uk

Saat menjadi bintang tamu acara Stand Up With Pete Dominick di radio SiriusXM, Minnie Driver membuat pengakuan tentang pelecehan yang dialaminya sewaktu remaja. Acara yang berlangsung pada bulan Oktober 2016 ini menjadi tempatnya untuk mengikuti jejak Amber Tamblyn yang sebelumnya mengunggah postingan di Instagram tentang pelecehan seksual. Aktris berkebangsaan Inggris ini menceritakan bahwa sewaktu muda dirinya bertemu dengan orang asing yang mengajaknya berdansa secara paksa.

“When I was 16, I was on vacation in Greece and this guy kinda elbow-grabbed me and said, ‘You’re going to dance with me.’

“I said ‘no’ and I pulled my arm away from him, and he grabbed me by the back of my hair. I tried to kick him, and then he punched me.”

4. Rose McGowan

foto sumber: pinterest.com

Pada 13 Oktober 2016 lalu, Rose McGowan mengungkapkan pelecehan seksual yang ia alami di akun Twitter. Artis sekaligus aktivis ini menyertakan hashtag #WhyWomanDontReport pada beberapa twit-nya kala itu. Artis yang sudah malang melintang di dunia Hollywood selama 25 tahun ini mengaku pernah mendapatkan perlakuan yang tidak pantas dari atasannya. Sudah sejak lama ia berniat untuk melaporkan pelecehan seksual yang dialaminya, namun seorang pengacara perempuan menasihatinya bahwa tindakannya adalah sebuah hal yang sia-sia. Pada momen politik yang panas di Amerika beberapa waktu yang lalu, Rose McGowan mengambil kesempatan untuk mengungkapkan kebenaran yang selama ini menjadi rahasia umum di dunia Hollywood.

"A (female) criminal attorney said because I'd done a sex scene in a film I would never win against the studio head. #WhyWomenDontReport

Because it's been an open secret in Hollywood/Media & they shamed me while adulating my rapist. #WhyWomenDontReport

Because my ex sold our movie to my rapist for distribution #WhyWomenDontReport

It is time for some goddamned honesty in this world."

5. Thandie Newton

foto sumber: desert.tistory.com

Selain Rose McGowan, pengalaman buruk aktris yang melibatkan kru film juga terjadi pada Thandi Newton. Aktris 43 tahun itu memberikan keterangannya pada interview bersama W Magazine. Bintang film Mission: Impossible II ini menjelaskan bahwa pelecehan seksual itu terjadi saat dirinya masih menjadi pendatang baru di dunia hiburan Hollywood. Ketika itu, seorang sutradara mengarahkan kameranya ke arah rok yang ia kenakan dan memintanya untuk membayangkan dan melakukan adegan dewasa. Ia menyadari bahwa kisahnya perlu diceritakan kepada publik agar generasi setelahnya tidak mengalami hal buruk yang pernah menimpanya.

“I was so so naive when I started out and realize now that we have to prepare our kids—I’ve got two beautiful daughters, one is 16 one is 11. So many people in our business, they don’t want to be the ones to say something that’s a bum out because then they become associated with a bum out and nobody wants to read about so-and-so because they’re always blabbering on about bum out. But one person will read this and it will stop them getting sexually abused by a director. That’s the person I’m interested in.”

6. Chloe Sevigny

foto sumber: pinterest.com

Aktris 41 tahun ini mengaku bahwa tiga orang director berkata melampaui batas kepadanya. Kejadian itu berlangsung saat panel Cannes Film Festival pada tanggal 18 Mei 2016 silam. Ia mendapatkan perkataan-perkataan yang melecehkannya seperti, “You should show your body off more. You shouldn’t wait until you’re as old as this certain actress who had just been naked in a film, you should be naked on screen now.” Padahal, Chloe Sevigny sudah dikenal sebagai aktris yang tampil vulgar dalam film-filmnya.

7. Ashley Judd

foto sumber: ecowallpaper.net

Ashley Judd menulis buku All That Is Bitter & Sweet yang berisi tentang perjalanan pahit manis hidupnya, termasuk episode pelecehan seksual yang dialaminya. Pada Oktober 2015, Ashley Judd yang diwawancara oleh Variety mengatakan bahwa kejadian itu berlangsung saat ia bermain film Kiss The Girl (1997). Seorang kru film memanggilnya dan memintanya untuk menyaksikan lelaki itu mandi. Tidak hanya pada Ashley Judd saja, lelaki itu melakukan permintaan aneh tersebut kepada beberapa perempuan lain. Ashley Judd kini juga bekerja di ranah sosial. Ia menjadi YouthAIDS’ Ambassador for Populations Services International.

“We’re all part of the problem, but we’re all part of the solution. Healing comes in a lot of different ways. Some things require intensive, contained work. Some things could be resolved with a good run or punching bag or an interaction with the perpetrator, in which one is able to take one’s power back.”

Ketujuh selebriti di atas memilih untuk berani mengungkapkan kebenaran daripada terus-menerus terpuruk dalam kegelapan. Mereka menghadapi kenyataan pahit di masa lalu dengan memberikan pengakuan atas pelecehan seksual yang mereka alami. Lukanya memang akan terus menganga. Namun dengan berkata jujur, mereka telah membuka mata dunia untuk selalu waspada terhadap adanya tidak kriminal pelecehan seksual, mencegah niat jahat pelaku pelecehan seksual, serta menyemangati orang-orang yang bernasib sama dengan mereka.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Evan Rachel Wood dan 6 Selebriti Hollywood Angkat Bicara tentang Pelecehan Seksual! RulaWoman, Ini Loh Alasannya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar