1.4K
Catatan Tahunan Komnas Perempuan 2016 mencatat ada 2.734 kasus kekerasan dalam pacaran di Indonesia. Tidak menutup kemungkinan bahwa angka tersebut belum menjangkau keseluruhan pola kekerasan dalam pacaran yang sesungguhnya.

Akan tetapi, tenang saja. Mari mengenal HelpNona. Sebuah inisiatif sosial yang digerakkan dari, untuk, dan oleh perempuan muda. #HelpNona ada untuk turut membangun kesadaran para Nona menjadi perempuan yang berani bertutur tentang self respect dan hubungan pacaran sehat bebas kekerasan. Inisiatif ini hadir untuk mendukung upaya raising awareness perempuan muda tentang bentuk relasi pacaran sehat. Lewat sistem kerjasama pakar dan komunitas atau lembaga partner, #HelpNona berusaha memberikan informasi bersahabat bagi para pembacanya. Selain menyediakan akses informasi, #HelpNona juga memberikan ruang bagi para Nona untuk berani bertutur tentang fenomena kekerasan dalam pacaran yang selama ini masih kerap dianggap tabu.

Tentang #HelpNona

HelpNona adalah inisiatif sosial yang terpilih menjadi salah satu pemenang kompetisi #WomenWin dari Girls in Tech Indonesia yang bekerjasama dengan Appsco dan Twitter Indonesia. Saat ini telah bekerjasama dengan Komnas Perempuan, Cewequat Community, SOS Safety Community dan Lembaga Bantuan Hukum APIK Jakarta untuk menyusun info kit di www.helpnona.com. Menarik 'kan, RulaWoman ?

Menghadirkan 4 Trik Bersahabat

HelpNona juga menghadirkan 4 langkah mudah agar para perempuan bisa lebih mengenal isu ini. InfoNona adalah serangkaian info kit yang berisi informasi statis mengenai isu self respect dan pacaran sehat bebas kekerasan. QuizNona merupakan ragam kuis interaktif untuk mengeksplorasi seluk beluk pacaran sehat. AskNona menjadi ruang bagi para perempuan muda untuk berdiskusi atau bekerjasama dengan #HelpNona. Mekanisme SahabatNona memberi kesempatan bagi perempuan muda untuk menjadi bagian dari #HelpNona dalam berbagi daya.

Lomba Menulis HelpNona

Nah, dalam rangka peluncuran #HelpNona, kami mengajak para Nona untuk berbagi inspirasi lewat aktivasi menulis #HelpNona.

Tulisan finalis terpilih akan diterbitkan di www.helpnona.com dan www.rula.co.id #WomenRules! , serta mendapatkan kesempatan untuk menjadi kontributor #HelpNona dan #RulaWoman.

Pemenang favorit akan mendapatkan voucher belanja dan pemenang utama akan mendapatkan smartphone. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, simak persyaratannya dan jadilah bagian dari Nona muda #BertuturBerani yang peduli dengan isu self respect dan pacaran sehat bebas kekerasan. Simak persyaratannya di sini :

1. Peserta lomba adalah:

• Perempuan

• Usia 17-25 tahun

• Berdomisili di Indonesia

2. Lomba diselenggarakan dari tanggal 1 Juni 2016 – 3 Juli 2016

3. Tulisan non fiksi yang inspiring dan empowering bagi para Nona.

• Dapat berupa artikel, esai, opini, atau real story from real people yang sekiranya berkaitan dengan tema. Artikel boleh ditulis dalam bentuk narasi atau poin-poin.

• Tema tulisan “Nona, mari #BertuturBerani tentang self respect & pacaran sehat bebas kekerasan.”

4. Pengumuman pemenang 30 Juli 2016.

5. Hadiah pemenang adalah sebagai berikut :

• 10 Finalis: Exposure tulisan dipublish di www.helpnona.com & www.rula.co.id , kesempatan untuk menjadi kontributor di #HelpNona & www.rula.co.id , dan e-certificate.

• 1 Juara Favorit : Voucher belanja

• 1 Juara Utama :1 smartphone Samsung Galaxy

6. Informasi pendaftaran klik di sini .



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Punya Permasalahan Dalam Hubungan Percintaan ? Cek Inisiatif Sosial yang Satu Ini, RulaWoman". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


HelpNona | @helpnona

Social initiative for girls. We talk about healthy relationship & self respect just for you.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar