2.5K
Kamu sering lupa melakukan ini dan itu? Ternyata ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk merekam ide, momen, atau hal penting agar kamu dapat mengingatnya kapan saja, RulaWoman!

Kesibukan sehari-hari kadang membuat kita melupakan satu atau dua hal kecil, yang sebenarnya cukup penting dan menunjang hal lain dalam keseharian. Mungkin saja seharusnya pagi ini kamu membeli koran, tapi kamu lupa singgah dan baru mengingatnya ketika sudah tiba di kantor. Atau mungkin seharusnya kamu ingin meninggalkan pesan pada orang rumah bahwa kamu akan pulang larut, tapi kamu benar-benar tidak ingat untuk mengirimkannya, sebab ketika membuka ponsel pintarmu, ada banyak hal yang mengalihkan segalanya.

Nah, hal ini bisa kamu atasi dengan mencoba 7 hal berikut ini, lho, RulaWoman!

1. Membuat coretan kecil di kertas tak terpakai

Cara ini cukup mudah. Ketika kamu sedang ingat bahwa kamu harus melakukan sesuatu, atau ingin mengingat hal penting, ambil pulpen dan kertas kemudian catatlah. Selipkan kertas tersebut di tempat-tempat yang sekiranya bisa kamu lihat kembali ketika kamu sudah melupakannya.

Photo credit: Pexels

2. Post it everywhere

Post it juga merupakan salah satu cara ampuh untuk mengingat. Selain untuk mencatat hal penting, post it biasa digunakan untuk meninggalkan pesan pendek kepada seseorang atau bahkan sekadar menandai kutipan lucu dari sebuah buku yang sedang kamu baca, agar kamu tidak lupa ketika menuliskan ulasan buku tersebut. Selain itu, post it juga lebih menyenangkan sebab tinggal ditempel di tempat-tempat yang kita inginkan!

3. Jurnal Pribadi

Tapi jika kamu butuh tempat mencatat yang lebih private dan memiliki ruang yang banyak, kamu bisa mencoba membuat jurnal pribadimu sendiri. Di sana, kamu bisa mencatat jadwal kegiatan, to do list, daftar belanja bulanan, pengeluaran, bahkan hal lain sesuai kebutuhanmu saat itu. Ketika semuanya sudah disatukan dalam satu jurnal yang sama, kecil kemungkinan kamu akan melupakannya, bukan?

Photo credit: Pexels

4. Rekam suara

Mungkin tidak semua orang senang mencatat atau menuliskan hal-hal yang sebenarnya ingin sekali mereka ingat. Bagi kamu yang kurang senang bermain dengan pena dan kertas, kamu bisa mencoba cara ini. Merekam suara bisa dilakukan langsung dari ponsel, atau membeli alat rekam suara sendiri –jika kamu ingin menjadikan ini sebagai kebiasaan baru. Biasanya, semua ponsel memang sudah dilengkapi dengan fasilitas rekam suara, sehingga kamu hanya perlu merekam apa saja yang ingin kamu lakukan hari ini atau to do list dalam seminggu ke depan barangkali, kemudian menyimpannya dalam satu folder tertentu.

5. Membuat daftar atau poin sendiri

Atau kamu memang senang mencatat, hanya saja tidak tahu bagaimana caranya? Mungkin kamu merasa catatanmu terlalu berantakan ketika dibaca lagi, sehingga membuat kepala menjadi pusing? Tenang, RulaWoman, cobalah gunakan sistem poin atau daftar. Urutkan hal-hal yang ingin kamu ingat, mulai dari yang terpenting di nomor urut 1, hingga yang paling optional. Tidak masalah jika kamu tak pandai mencatat dalam narasi, sebab sistem poin akan lebih memudahkanmu. Catatanmu juga akan terbaca lebih jelas, mana rencana yang harus dilakukan terlebih dulu dan mana yang bisa ditunda hingga beberapa hari kemudian.

6. Sketch it!

Jika kamu jago gambar, mengapa tidak menggunakan kemampuanmu untuk membuat catatan to do list? Mungkin tidak banyak yang terpikir untuk melakukan ini, sebab dalam bayangan orang banyak, catatan hanya rangkaian kalimat yang panjang, untuk kemudian dibaca ulang. Tapi jika kamu ingin sebuah catatan yang lebih fun dan segar, kamu bisa mencoba menggambari jurnalmu sendiri, lho. Tidak harus berwarna juga, sekadarnya saja sesuai dengan kemampuanmu. Voila, dengan cara ini, mungkin kamu tidak akan malas lagi memeriksa catatan rencanamu hari ini!

Photo creditL mind tools

7. Mindmap

Atau kamu itu orangnya perfeksionis banget? Kamu butuh catatan yang sangat rinci dan jelas, agar kamu tidak kebingungan? Gunakan mindmap! Pada dasarnya, mindmap ini biasa digunakan untuk mencatat sebuah ide lengkap dengan cabang-cabangnya, sehingga tidak ada bagian yang terlupakan sama sekali. Cabang dari sebuah ide atau gagasan bisa sangat banyak, dan biasanya mindmap merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengingatkan seseorang akan hal-hal tersebut.


Itulah beberapa hal yang bisa kamu coba agar kamu tetap bisa mengingat sesuatu dengan baik, RulaWoman. Selalu ada cara, kok, asal kamu tekun melakukannya! Sering lupa kini tidak akan menjadi hambatan lagi, gunakan catatan, gambar, atau rekaman suara untuk menyempurnakan rencana-rencana harianmu!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Gampang Lupa? 7 Cara ini Bisa Kamu Lakukan Agar Ide atau Hal-hal Penting Tidak Lagi Terlupakan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar