244
Dalam seminggu berapa banyak barang baru yang kamu punya? Dan berapa banyak barang yang paling kamu butuhkan? Coba hitung dan pikirkan jangan-jangan selama ini kamu terlalu konsumtif tuh, RulaWoman!

Perilaku konsumtif atau suka memakai dan membeli suatu barang baru namun cenderung bukan karena kebutuhan tapi adanya hasrat keinginan memang sering diidentikan dengan perempuan yang doyan belanja-belanja. Perilaku ingin memiliki sesuatu yang belum dimiliki dan harus membelinya itu sudah menandakan bahwa kamu memiliki sifat konsumtif dalam diri kamu, RulaWoman. Apalagi jika dalam seminggu atau sebulan kamu dengan sangat mudah menghabiskan uangmu untuk membeli barang-barang yang baru padahal pada dasarnya kamu tidak terlalu membutuhkannya. Waduh, bahaya tuh, RulaWoman! Nanti di saat kamu sedang terdesak harus membeli barang yang benar-benar kamu butuhkan malah gak ada uangnya karena habis dipakai membeli barang yang sebenarnya lagi gak perlu-perlu banget. Yuk stop dari sekarang!

Jika kamu sudah terjangkit gejala-gejala memiliki sifat konsumtif coba deh simak kebiasaan-kebiasaan di bawah ini yang ternyata bisa menjadi salah satu penyebab kamu terus memiliki hasrat yang tinggi ingin memiliki suatu barang yang baru.

1. Selalu cari tahu informasi produk terbaru

Photo Credit: Pinterest

Sebenernya gak salah sih, RulaWoman jika kamu memang memiliki ketertarikan terhadap sesuatu hal misalnya make-up atau tas branded atau gadget sekalipun maka kamu akan suka untuk mencari tahu informasi tentang itu. Kamu juga mungkin akan memiliki kebiasaan untuk mencari tahu hal-hal baru tentang itu agar tidak ketinggalan informasi. Tapi tak dapat dipungkiri juga bahwa kebiasaan ini memang bisa membuatmu memiliki sifat konsumtif dikarenakan bermula dari mencari tahu informasi yang pada dasarnya kamu tertarik untuk mengetahuinya, lantas berkemungkinan kamu ingin memiliki produk tersebut untuk kamu miliki dan coba secara personal.

2. Nonton ulasan produk

Photo Credit: youtube.com/user/journeywithmolly

Hayo, RulaWoman, siapa yang merasa suka menonton ulasan orang lain mengenai produk-produk baru yang mereka beli? Lantas apa yang terjadi setelah kamu menonton ulasan suatu produk dari mereka? Ada dua pilihannya yakni kamu tidak akan membelinya atau langsung segera tertarik membelinya. Kemungkinan kamu menjadi konsumtif dengan melakukan kebiasaan ini juga lumayan loh. Dikarenakan jika orang yang mengulas produk tersebut sangat mahir membuat citra yang baik dari suatu produk maka kamu akan tertarik untuk mencoba dan membeli. Apalagi kalau ditambah embel-embel honest review, wah tambah lagi deh kamu makin percaya!

3. Jalan-jalan ke mall

Photo Credit: Visakorea

Seperti yang kamu tahu bahwa mall merupakan tempat dimana semua jenis produk ada. Apapun yang kamu cari mungkin bisa kamu temukan di mall. Nah, itu masalahnya. Sering jalan-jalan ke mall dan selalu tengok sana-sini akhirnya membuat kamu mengetahui banyak produk baru, melihat barang yang selama ini belum kamu pernah temukan lantas penasaran dan kepikiran. Akhirnya jadi punya hasrat ingin membeli deh.

4. Berpikir promo dan diskon tidak akan pernah ada lagi

Photo Credit: Google

Kamu gampang banget tuh di iming-imingi sebuah promo atau diskon dari suatu produk. Setiap mendengar atau melihat informasi adanya promo atau diskon kamu suka berpikir tak akan ada lagi kesempatan seperti itu datang. Sehingga kamu mulai deh beraksi untuk tidak harus melewatkan promo dan diskon yang lagi ada. Lantas akhirnya tanpa berpikir panjang apa kamu membutuhkan barang tersebut atau tidak, kamu hanya langsung membelinya.

5. Suka menyesuaikan dengan situasi dan kondisi

Photo Credit: Pinterest

Kamu orangnya harus banget berpenampilan sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi. Sedang musim hujan, harus banget pakai sweater oversize biar kekinian padahal kamu gak punya. Terus akhirnya beli. Lagi musim bawa tumblr ke tempat kerja biar go green, karena gak punya, lantas beli. Teman-teman pada pakai lipstick yang matte, biar gak keliatan gak up to date, akhirnya beli. Lagi musim pergi ke pantai pakai baju putih, lantas beli. Duh, cape deh!

6. Ikut tantangan di medsos

Photo Credit: Instagram

Sepele sih, cuman kalau kamu memang terbiasa selalu ingin ikut tantangan di medsos seperti ikutan post foto di medsos khususnya di Instagram dengan hastag yang trending, akhirnya kamu jadi membeli produk-produk yang belum kamu punya untuk mendukung properti foto kamu agar terlihat sesuai dengan tema. Padahal produk-produk tersebut mungkin belum tentu akan kamu butuhkan lagi di kehidupan kamu sehari-hari.

BACA JUGA


Hindari Boros, Inilah 5 Tips Gaya Hidup Minimalis yang Bisa Jadi Penyelamatmu, RulaWoman!

Hindari Boros, Inilah 5 Tips Gaya Hidup Minimalis yang Bisa Jadi Penyelamatmu, RulaWoman!

Merasa uangmu cepat habis di awal bulan? Tips gaya hidup minimalis ini bisa jadi penyelamat keuanganmu agar tidak 'tumbang

Read more..

Dari 6 kebiasaan di atas kira-kira ada gak yang sering kamu lakukan? Jika iya, coba pikirkan apa yang kamu lakukan setelah melakukan hal tersebut? Jadi ingin memiliki dan membeli barang baru? Nah, kalau gitu mulai sekarang kamu bisa mulai tahan diri kamu dan berpikir sebelum membeli apa manfaat dari memiliki barang tersebut? Apakah merupakan kebutuhan atau hanya sekadar rasa penasaran.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hati-hati, 6 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Memiliki Sifat Konsumtif!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fila Giani | @filagiani

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar