734
Produk mi instan asal Korea Selatan memang banyak beredar di Indonesia. Rasanya yang nikmat dan pedas membuat siapapun rela merogoh kocek lebih mahal dari mie instan biasa.

Kabar santer terdengar dan sangat mengejutkan bagi pecinta mi instan asal Korea Selatan. Pasalnya, empat produk mi instan asal negeri ginseng terbukti mengandung babi yang kini ditarik oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Tak hanya mengandung babi, ternyata pihak pengimpor melakukan kebohongan saat registrasi bahwa produk mereka tidak mengandung babi. Keempat produk yang diimpor oleh PT Koin Bumi tersebut kini telah melalui uji laboratorim dan dinyatakan tidak halal melalui surat BPOM bernomor IN.08.04.532.06.17.2432 tertanggal 15 Juni 2017. Memang, di Indonesia tidak ada larangan menjual babi ataupun turunannya, namun ada ketentuan khusus yang mengharuskan pihak produsen atau pengedar melaporkan kandungan makanan agar bisa diterbitkan label khusus supaya konsumen Muslim tidak tertipu. Dengan kejadian tersebut, maka BPOM resmi mencabut izin edar empat produk mi instan asal Korea Selatan sebagai berikut:

1. Mi Instan Samyang Rasa U-Dong

Photo Credit: Pinterest

Menurut penggemarnya, mi samyang rasa u-dong ini sangat kaya rasa pada kaldunya. Gurih dan bikin nagih. Siapa sangka jika produk favorit ini ternyata mengandung babi?

2. Mi Instan Samyang Rasa Kimchi

Photo Credit: Instagram @warung_desma

Pecinta makanan Korea pasti tidak asing dengan kimchi, atau mi instan samyang dengan varian rasa ini. Lagi-lagi, konsumen harus lebih berhati-hati sebab nyatanya ia mengandung babi.

3. Mi Instan Nongshim Varian Shin Ramyun Black

Photo Credit: Instagram @arash_13

Produk premium yang masuk dalam daftar 10 ramen terlezat di dunia ini memang sangat lezat dengan kaldu sapi gurih, pedas, dan nendang. Dibuat dari bahan-bahan pilihan namun sayang mengandung babi lho, RulaWoman!

4. Mi Instan Ottogi Varian Yeul Ramen

Photo Credit: Jual Ramen

Terakhir, yang dicabut izin edarnya adalah mi instan ottogi varian yeul ramen yang sangat populer di kalangan pecinta K-Drama. Rasanya yang sedap dan 'menggelegar' ternyata juga mengandung babi yang tidak dilaporkan oleh importirnya.

BACA JUGA


7 Makanan Ini Bisa Kamu Makan Sepuasnya Tanpa Takut Berat Badan Naik

7 Makanan Ini Bisa Kamu Makan Sepuasnya Tanpa Takut Berat Badan Naik

Makanan-makanan ini berasal dari kategori buah dan sayur yang dikenal sebagai makanan kaya air, rendah kalori, dan banyak serat

Read more..

Bagaimana, RulaWoman? Apakah terdapat salah satu atau bahkan semua produk mi instan kegemaranmu? Mulai sekarang, berhati-hatilah memilih produk di pasaran. Jangan mengkonsumsi sesuatu yang masih menimbulkan kekhawatiran dan ketidakjelasan. Bukankah Indonesia memiliki produk mi instan yang terbukti halal dan terkenal kelezatannya seantero dunia? Cintai produk-produk dalam negeri mulai dari sekarang, yuk!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Heboh! Beginilah Penampakan 4 Mi Instan Asal Korea yang Dicabut Izin Edar Karena Mengandung Babi". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Puput Palipuring Tyas | @poetsoenarjo

Editor at Zetta Media. Nomadic storyteller based in Bali and East Java. Travel for local food, culture, people, arts, and traditional market.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar