1.2K
Ayo mulai bersihkan hidupmu dari hal-hal yang tidak perlu!

Kadang kita pasti merasa hidup terlalu berlebihan dan membuatmu kewalahan juga jenuh. Kamu pasti bingung sebenarnya apa yang salah? Nah, untuk lebih menyederhanakan hidupmu ada baiknya kamu melakukan hal-hal ini.

1. Bersihkan Barang-barang di Rumahmu

Photo credit: Mostly Mindful

Daripada berdebu dan nganggur begitu saja di lemarimu, mendingan kamu donasikan barang-barang yang bisa didonasikan seperti buku, pakaian, dan lainnya. Mungkin kamu mikirnya sayang kalau dilepaskan, tapi lebih buruk lagi kalau kamu tetap menyimpan barang-barang tersebut. Dengan menyingkirkan barang-barang yang nggak diperlukan, kamu akan memberikan ruang di rumahmu sehingga tidak tampak sesak dan berantakan. Ini adalah langkah awal untuk menyederhanakan hidupmu.

Tidak jarang juga beberapa barang kita simpan cuma karena untuk jaga-jaga atau menyimpan kenangan. Seperti misalnya kerang-kerang yang kamu kumpulkan waktu liburan SMA, foto-foto mantan pertama, atau hal-hal lain yang sebenarnya sudah tidak relevan di hidupmu. Singkirkanlah barang-barang tersebut karena hanya akan memenuhi rumahmu.

Jangan lupa juga bersihkan isi dompet dan tasmu, ya!

2. Bersihkan Inbox E-mail, SMS, dan Chat

Photo credit: Demac Media

Bersihkan inbox dan chat history-mu yang notifikasinya sudah mencapai 999+ itu! Terkadang suka ada chat broadcast dari akun-akun non teman (seperti akun official di Line), chat grup, atau sms dari operator dan nomor-nomor tidak penting lainnya yang tidak kamu buka. Mulai hapus pesan-pesan tersebut di inboxmu agar terlihat lebih teratur dan tidak ruwet jika ada pesan lain masuk.

3. Unfollow dan Unfriend Orang-orang yang Tidak Diperlukan

Photo cedit: John Pavlovitz

Mulai unfollow akun-akun dan orang-orang yang sebenarnya tidak terlalu penting di hidupmu. Misalnya akun-akun jualan, akun-akun fanbase yang sudah tidak kamu geluti, atau orang-orang yang kamu add hanya untuk menambah jumlah teman. Singkirkan akun-akun seperti itu karena sebenarnya kamu tidak membutuhkan mereka dan hanya akan membuat timeline-mu penuh. Jangan lupa juga unsubscribe email-email yang tidak kamu perlukan. Hal ini juga berlaku di dunia nyata. Hindari hubungan-hubungan beracun yang tidak menguntungkanmu.

Banyak orang-orang di dunia ini yang sebenarnya malah akan menghambatmu atau malah membuat hidupmu tambah ruwet dengan drama mereka. Tidak ada salahnya menjaga jarak dari orang-orang seperti ini. Orang-orang yang membuatmu sering merasa sedih, marah, dan mengisi hidupmu dengan drama mereka. Orang-orang seperti ini besar kemungkinannya akan menghambat hidupmu. Kamu tidak butuh orang-orang yang hanya akan menyusahkanmu. Jadi, pilihlah orang-orang yang memang pantas untuk berada di hidupmu.

4. Lebih Sering Offline Seharian

Photo credit: UIC News Center

Coba deh sekali-kali kamu tidak menyentuh internet untuk seharian. Tidak ada chat, browsing di Instagram, Tumblr, Twitter, maupun menonton di YouTube. Manfaatkan satu hari untuk bersantai tanpa terhubung ke jaringan. Telepon teman-teman lama, bermainlah dengan peliharaan dan keluarga, baca buku, atau bahkan hanya merenung dan menulis! Hidupmu akan terasa lebih tidak ruwet ketika kamu tidak mencoba untuk selalu update dengan internet. Tapi kamu harus pintar memilih waktunya ya, jangan sampai bos atau temanmu marah karena kamu tidak bisa dihubungi di saat penting.

5. Latihan Single Tasking

Photo credit: Viviane Valenta

Ada yang bilang kalau kita sebagai cewek itu paling jago yang namanya multitasking. Tapi ternyata itu akan membuat hidupmu over-complicated, loh. Coba setiap harinya lakukan pekerjaan sedikit lebih sedikit. Kurang-kurangi multitasking, karena sebenarnya hal ini membuat pikiranmu bercabang dan hidupmu jadi semakin ruwet. Nah, mending kamu take one step at a time supaya kamu lebih bisa fokus dan punya ruang untuk bernafas. Kerjakan pekerjaanmu dengan baik dan efektif, jangan sekaligus. Jangan ragu untuk bilang ‘tidak’ kepada hal-hal yang tidak ingin kamu lakukan atau tidak bisa kamu penuhi. Serius deh, mengatakan ‘tidak’ pada beberapa hal akan membuatmu di masa depan berterima kasih karena membuat hidupnya jadi lebih sederhana.

6. Tentukan Prioritas

Photo credit: Keith Craft

Ini saatnya kamu tentukan prioritas jangka dekatmu. Jauhkan hal-hal yang bukan merupakan prioritas, dahulukan hal-hal yang penting. Dengan begini kamu bisa tahu apa yang harus dilakukan pertama dalam jangka dekat. Selain itu kamu juga harus tentukan goals yang ingin kamu capai tahun ini. Tidak ada salahnya juga membuang mimpi-mimpi yang tidak mungkin, karena itu malah hanya akan menghalangimu dari mimpi yang mungkin kamu capai.

Selain itu, agar hidupmu teratur dan tidak bikin kelabakan, mulailah buat rutinitas pagi dan malam yang harus kamu tepati. Dengan pagi dan malam yang teratur, kamu akan merasa lebih memegang kendali terhadap harimu.

7. Buat Waktu untuk Sendirian dan Nikmati

Photo credit: Simplemost

Satu yang kebanyakan orang mungkin belum bisa adalah menikmati kesendirian. Sekali-kali, cobalah untuk melakukan segala hal sendirian sepanjang hari. Kamu bisa berkeliling mall kesukaanmu, makan di restoran, ataupun hanya melakukan kegiatan di rumah tapi tentu saja harus sendirian. Belajarlah untuk menikmati dan menghargai kesendirian itu. Kita sebagai mahkluk sosial kadang lupa untuk memberikan ruang pribadi, memberikan me time untuk ruang bernafas dan memikirkan hal-hal tentang diri sendiri.

8. Belajar Skill Baru

Photo credit: DIY Everywhere

Mulai bangun keberanianmu untuk mencoba sebuah kemampuan baru. Entah itu memasak, menjahit, atau mungkin programming. Kembangkan dirimu. Mungkin selama ini kamu memiliki bakat terpendam yang tidak kamu ketahui.

9. Identifikasi Hal-hal yang Membuatmu Stress

Photo credit: Glamour

Ini penting sekali loh, RulaWoman. Coba ingat-ingat apa saja yang sering membuatmu stress. Jadi kamu bisa menghindarinya. Misalnya hal tersebut tidak bisa dihindari, mungkin kamu bisa mencari tahu apa yang harus kamu lakukan untuk meminimalisir stress yang didapat.

10. Buat Daftar Hal-hal yang Kamu Syukuri

Photo credit: Doctor Murray

Luangkan waktu sedikit untuk mengingat nikmat yang kamu dapatkan dari Tuhan. Kalau perlu tuliskan hal-hal yang bisa kamu syukuri ini. Dengan begini, kamu akan merasa lebih tenang dan bersyukur. Berikan waktu untuk dirimu menyadari akan hal-hal penting di sekitarmu.

BACA JUGA


Ingat, kamu harus memberikan ruang bernafas di hidupmu. Berhentilah sejenak dari segala kesibukanmu. Buang hal-hal yang tidak perlu dan hargai serta jaga hal-hal yang penting. Lakukan segala hal selangkah demi selangkah, pelan-pelan dan take your time! Pikirkanlah kesehatan fisik dan mentalmu, jangan sampai kehidupanmu yang ruwet menjadi penghalang mencapai mimpi-mimpimu. Tidak usah berlebihan, hiduplah sesederhana mungkin. Less is more!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hidup Terasa Jenuh dan Membuatmu Kewalahan? Lakukan Hal-hal Ini untuk Meminimalisirnya, RulaWoman!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Khansa Nadhifa | @khansanadhifa

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar