1.2K
Datanglah ke Jakarta jika memang kuat ditempa, kalau mau ditempa, jika memang punya keinginan kuat untuk mengubah diri, dari sebatang besi mentah menjadi keris berharga -- Pandji Pragiwaksono

Ngapain harus ke Jakarta? Tua di Jalan. Buang-buang waktu. Sementara di daerah kamu bisa melakukan banyak hal daripada hanya menghabiskan waktu di Jalanan. Belum lagi polusinya yang engga banget deh, setiap tahun langganan banjir. Iya sih, gaji bisa besar, tapi tidak sebanding deh dengan pengorbanannya. Bukannya lebih enak dik ota kecil tapi kamu bisa menikmati banyak waktu? Begitu kurang lebih pendapat orang terhadap Ibu kota. Padahal, banyak sekali kesempatan tersedia yang bisa menunjang kemampuan kamu. Berikut 10 tips untuk bisa survive di Ibukota, RulaWoman!


Jakarta memang panas, bukan berarti tidak ada gedung yang ber-AC

Jakarta Memang Panas, Bukan Berarti Tidak Ada Gedung Yang Ber-AC - Source: www.wikimedia.com
Source: www.wikimedia.com

"Jakarta Panas" itulah alasan pertama saya menolak bekerja di Ibukota. "Mau sukses kok takut panas" respon teman saya yang mengajak saya untuk tinggal di Jakarta. Benar, Jakarta memang panas, tapi banyak sekali gedung tinggi menjulang yang full AC sehingga tidak kepanasan. Bahkan banyak public transportation di Jakarta yang sudah dilengkapi dengan pendingin. Panas, seharusnya bukan alasan.


Menjadi langganan banjir? Tenang, tidak semua daerah di Jakarta yang tergenang

Menjadi Langganan Banjir? Tenang, Tidak Semua Daerah Di Jakarta Yang Tergenang - Source: republika.co.id
Source: republika.co.id

Jakarta jika sudah banjir, seantero media massa pasti akan memberi informasi. Enggak jarang, orang tua dan teman yang berada di kota lain tertular ikutan panik. Padahal, RulaWoman harus tahu, tidak semua kawasan di Jakarta terkena banjir, lho.


Mencari kerja harus punya koneksi? Yang kamu butuhkan hanya persiapan diri!

Mencari Kerja Harus Punya Koneksi? Yang Kamu Butuhkan Hanya Persiapan Diri!  - Source: http://blog.studentjob.co.id
Source: http://blog.studentjob.co.id

Cari kerja di Ibukota tidak selalu harus punya kenalan, kok, RulaWoman! Kamu ingat fenomena pendaftaran gojek yang ribuan itu? Kebanyakan pelamarnya adalah lulusan S1. Karena jika mau, Jakarta akan membuka kesempatan untuk kamu. Semangat!


Macet? Kamu akan kreatif untuk melakukan banyak hal sepanjang perjalanan

Macet? Kamu Akan Kreatif Untuk Melakukan Banyak Hal Sepanjang Perjalanan - Source: https://transvectio.files.wordpress.com
Source: https://transvectio.files.wordpress.com

Macet sudah menjadi ciri khas dari Ibukota, jangan khawatir RulaWoman, banyak hal yang kamu bisa lakukan selama terjebak kemacetan. Bisa dengan membaca buku, menonton film, mendengar radio dan mengamati sekitar. Atau bahkan ada banyak orang yang bisa menghasilkan presentasi di tengah kemacetan! Wow.


Jangan terlalu ramah, seringkali kamu akan balik kena ceramah

Jangan Terlalu Ramah, Seringkali Kamu Akan Balik Kena Ceramah - Source: kompasiana.com
Source: kompasiana.com

Kamu pengendara motor? Jangan kaget jika tiba tiba seseorang berteriak padamu, "WOI" padahal kamu merasa tidak bersalah. Di Jakarta, disenggol dan kesenggol antar motor itu sangat lumrah terjadi. Tipsnya tetaplah rendah hati dan mengaku salah jika kamu memang salah, dan tak perlu ramah karena keramahanmu mungkin saja dibalas dengan ceramah :D


Sebenarnya, biaya hidup di Jakarta Murah, Gaya hidup yang membuat kamu merasa tak pernah cukup

Sebenarnya, Biaya Hidup Di Jakarta Murah, Gaya Hidup Yang Membuat Kamu Merasa Tak Pernah Cukup - Source: iyaa.com
Source: iyaa.com

Di Jakarta, masih banyak warteg/pedagang makanan pinggir jalan yang enak dan terjangkau. Tempat pemutaran film juga masih tersedia beberapa tempat yang harga tiket masuknya terjangkau. Urusan mencari buku? Ada Blok M dan Kwitang yang memberikan harga jauh daripada toko buku besar. Gaya hidup ke Mall besar-lah yang membuat seakan semuanya serba mahal.


Tidak perlu gengsi, jadilah diri sendiri

Tidak Perlu Gengsi, Jadilah Diri Sendiri - Source: http://www.provoke-online.com
Source: http://www.provoke-online.com

Mungkin kamu akan menemukan teman kerja yang memakai barang branded dari ujung kepala sampai ujung kaki. Jangan berusaha untuk bisa seperti dia, jadilah diri sendiri. Dengan begitu, yakinlah RulaWoman tidak pernah merasa kurang.


Di Jakarta, kamu tidak akan merasa ketinggalan zaman

Di Jakarta, Kamu Tidak Akan Merasa Ketinggalan Zaman - Source: http://www.dicandiafashion.com
Source: http://www.dicandiafashion.com

Apa pun itu, fashion, film dan buku Jakarta akan menjadi kota pertama yang nge-hits. Jadi dengan tinggal disini, kamu bisa tahu duluan apa saja yang menjadi trend masa kini.


Tidak hanya tentang Fashion, Buku & Film, Di Jakarta juga banyak sekali event keren

Tidak Hanya Tentang Fashion, Buku & Film, Di Jakarta Juga Banyak Sekali Event Keren - Source: Rula.co.id
Source: Rula.co.id

Di Jakarta, banyak sekali event keren yang sesuai dengan passion kamu. Seperti lari marathon, Festival Film, Walk tour Museum. Ada yang berbayar dan banyak sekali yang diberikan gratis. Setidaknya, kamu punya banyak peluang untuk mengenal dan dekat dengan orang orang keren.


Nah, jika kamu berhasil menaklukan ibukota, kamu akan gampang untuk hidup di kota mana saja.

Nah, Jika Kamu Berhasil Menaklukan Ibukota, Kamu Akan Gampang Untuk Hidup Di Kota Mana Saja.  - www.nadiguru.web.id
www.nadiguru.web.id

Setelah kamu hidup dan tinggal di Jakarta, menikmati macetnya, menikmati daya saingnya, menikmati kala banjir dan panasnya. Yakin deh, ketika pindah ke kota lain, kamu akan merasa kota itu tidak ada apa-apanya di banding Jakarta. Dan tentu, kamu bakal kangen banget sama Jakarta!

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ibukota Lebih Kejam Daripada Ibu Tiri, Berikut 10 Tips untuk Rulawoman Agar Bisa Survive di Jakarta". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Isnia Nuruldita | @alaniadita

Human Capital Enthusiast | Compensation & Benefit I Volounteer Of #OneDayFunDoingFun | Writing on www.alaniadita.com |

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar