727
Berubah atau punah. Perubahan teknologi yang sangat cepat dewasa ini, mau tidak mau menuntut kamu untuk bersedia beradaptasi mengikuti perubahan yang terjadi.
photo credit: dok.pribadi

Tidak ada yang menyangka 10 tahun lalu, kalau di tahun 2017 akan ada perusahaan ojek online, seperti Gojek, Grab, atau Uber yang akan menguasai pasar. Inovasi adalah hal utama yang harus dilakukan untuk kesuksesan sebuah bisnis. Dalam acara Indonesia Knowledge Forum VI, yang diadakan di Ritz Carlton Pacific Place pada tanggal 3-4 Oktober 2017 lalu, Italo Gani, CEO Adskom, menjabarkan pentingnya data digital sebagai penunjang kesuksesan sebuah bisnis di jaman sekarang ini. Berikut ulasannya khusus untukmu, RulaWoman.

Marketing adalah ujung tombak dari sebuah bisnis

Sebaik atau secanggih apapun produk yang dihasilkan tentu tidak akan sia-sia jika pemasaran alias fungsi marketingnya tidak berjalan sebagaimana mestinya. Dan ditengah persaingan yang kian ketat dan dinamis, diperlukan adanya data untuk memenangkan pasar.

Data yang berguna di masa sekarang

photo credit: IT Business Canada

Jika dulu semua diukur berdasarkan data demografik, lain halnya masa kini. Data yang diperlukan di jaman sekarang ini adalah data digital, mengingat saat ini hampir setiap orang bisa mengakses internet dimanapun dan kapanpun.

Marketing di masa depan

Produk tidak diterima oleh pasar disebabkan beberapa hal, salah strategi, kualitas produk, atau target pasar yang kurang tepat.

Jika di masa lalu, fokus marketing fokus pada target marketing secara massal, lain halnya di masa depan. Italo Gani mengungkapkan jika dimasa depan target marketing akan lebih tersegmen, seperti yang tergambar dalam ilustrasi berikut ini. Selain hemat waku dan biaya, sistem one on one communication juga akan membantu mencapai sasaran yang tepat.

photo credit: indonesia knowledge forum

Permasalahan di negara berkembang...

photo credit: indonesia knowledge forum

Data yang ada sudah seharusnya bisa memberikan business impact. Akan tetapi masalah yang terjadi di negara berkembang adalah kurangnya data digital, karena umumnya data di negara berkembang adalah data demografik. Dimana saat data demografik tidak mengikuti perubahan minat konsumen di pasaran.

Arah pergerakan konsumen masa kini...

photo credit: indonesia knowledge forum

Dengan adanya initial awareness, maka akan muncul pemahaman dalam benak konsumen tentang suatu produk dan alasan pentingnya membeli produk tersebut. Pemahaman yang muncul secara “sadar” ini, akan menimbulkan opinion dan juga advocacy, yang kemudian mengubah "minat" konsumen, sehingga mereka bisa bersikap loyal.


Bagaimana RulaWoman? Persaingan kian ketat dan dinamis. Dan agar bisa bertahan serta tak tergerus oleh jaman, kamu dituntut untuk selalu upgrade.

Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "[IKF 2017] Italo Gani, CEO Adskom: Menguasai Pasar Dengan Meramalkan Minat Konsumen". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar