1.9K
Bisnis yang paling sulit adalah bisnis yang tidak segera dimulai. ~Bob Sadino
diskusi finansial

Berbisnis dinilai sebagai sarana untuk mengembangkan diri dan modal yang dimiliki. Dan di jaman modern ini, kesempatan untuk mengembangkan diri terbuka luas bagi para perempuan. Banyak bisnis besar yang digawangi oleh perempuan sebagai pemimpinnya. Untuk itu, Pinjam.co.id, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Fintech Lending mengadakan diskusi yang menghadirkan Teguh B.Ariwibowo selaku CEO dan Co-Founder Pinjam.co.id, Angkie Yudistia, Founder dan CEO Thisable Enterprise, serta Rodiatun Mardiyah Gumay selaku owner dari @gomy_shop dan @minimelsid, yang membahas seputar pentingnya perempuan bisa mandiri, termasuk dalam hal finansial. Dan salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah menjadi seorang womenpreneur. Buat RulaWoman yang ingin berbisnis, berikut realita seputar bisnis yang perlu kamu ketahui.

1. Dibandingkan dengan laki-laki, jumlah perempuan yang berkecimpung di dunia bisnis masih sedikit

photo credit: Freepik

Berdasarkan data dari International Finance Corporation (IFC) World Bank pada Maret 2016, jumlah perempuan yang berkecimpung di dunia bisnis lebih sedikit dibandingkan dengan laki-laki. Dari data tersebut, disebutkan bahwa sebanyak 40% perempuan merasakan kerumitan dalam berhubungan dengan bank, sementara presentase pada laki-laki sebesar 28%. Padahal secara kemampuan, perempuan lebih mampu untuk multitasking dibandingkan laki-laki. Tapi kenyataannya banyak perempuan masih “membatasi” diri untuk berani berkecimpung di dunia entrepreneurship.

2. Orang bilang bisnis itu membuat orang cepat kaya, benarkah demikian?

Tak sedikit orang beranggapan jika bisnis adalah jalan pintas agar segera menjadi kaya. Padahal sebuah bisnis juga butuh proses untuk bisa stabil dan mendatangkan keuntungan bagi pemiliknya. Kebebasan waktu dan finansial memang bisa dicapai dengan berbisnis, tapi sebelumnya RulaWoman harus rela membayar “harganya”, seperti rela bekerja lebih dari 8 jam dalam sehari, bahkan bekerja di hari libur.

3. Tahap yang paling sulit adalah tahap merintis, ada di 1-3 tahun pertama

photo credit: Logoworks

Menurut Angkie Yudistia, Founder dan CEO Thisable Enterprise, tahap yang paling sulit dalam merintis sebuah bisnis ada di 1-3 tahun pertama. Di sinilah ketahanan mental seorang entrepreneur diuji. Karena pada 1-3 tahun pertama inilah, sistem yang kuat harus dibangun.

4. Saya ingin mulai, tapi modal minim, lantas bagaimana?

photo credit: StartUs Magazine

Mardiyah Gumay, owner dari @gomy_shop dan @minimelsid, mengungkapkan bahwa dalam membuka usaha, kebutuhan dana cepat, baik sebagai modal maupun tambahan modal seringkali menjadi halangan. Dan di sinilah Pinjam.co.id menjadi solusi dalam menyediakan akses mudah bagi masyarakat untuk mendapatkan dana tunai secara cepat dan mudah, melalui layanan gadai online dan juga layanan pinjaman usaha, talangan atau karyawan dengan jaminan yang dapat diberikan kepada kreditur dengan nilai maksimal pinjaman adalah 100 juta rupiah. Dalam kedua jenis layanan ini, Pinjam.co.id memberikan akses dan kemudahan di mana nasabah dapat terlayani dengan cepat.

Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Berbisnis? Sebelum Memulai, Berikut Realita Bisnis yang Perlu RulaWoman Ketahui". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar