1.4K
Jika kamu ingin diterima dengan baik, jadikan dirimu yang terbaik dan perlakukan mereka dengan baik.

Apa yang ada di benakmu ketika pertama kali mendengar kata calon mertua? Yups, calon mertua adalah sesuatu yang menyeramkan dan bisa saja menerkammu setiap saat. Tapi sayangnya, kamu harus siap dengan segala yang terjadi atas sikap dari calon mertua. Banyaknya omongan negatif dari teman-temanmu terkadang membuat kamu semakin cemas dan takut untuk bertemu dengan calon mertua.

Jangan panik dulu, RulaWoman. Coba tips berikut ini agar kamu bisa menjadi calon menantu idaman.

1. Tenangkan diri dan jangan gugup

Sebelum bertemu dengan calon mertua, coba lakukan hal yang menyenangkan. Meditasi atau apa pun yang membuat auramu menjadi positif. Hal positif yang tampak dari dirimu akan berdampak baik saat bertemu dengan calon mertua yang akan membuatmu tenang selama mengobrol dengan calon mertua dan keluarganya.

2. Jaga penampilan

Bukan berarti kamu harus terlihat glamour atau cantik bak model, cukup jaga kebersihan dan menggunakan pakaian rapi dan pantas ketika bertemu dengan calon mertua. Ingat, penampilan itu seperti cover buku, akan terlihat bagus dan buruk isinya dari penampilan luarnya.

3. Perkenalan yang baik

Jangan salah loh, perkenalan adalah awal hubunganmu dan calon mertua menjadi baik atau tidak. Buatlah calon mertuamu mengingat hal baik dalam dirimu hingga tidak sabar untuk bertemu kembali denganmu.

4. Attitude

Sikapmu terlihat dari cara berbicara, makan, menjawab pertanyaan dan bagaimana cara kamu menghormati mereka. Ini adalah poin plus dari mereka, apalagi mereka yang masih memegang teguh "bebet bobot" dari seorang calon menantu.

5. Bawakan camilan

Nah, saat ingin bertemu calon mertua, usahakan untuk tidak datang bertamu dengan tangan kosong. Bukan harus memberi barang wah dan makanan mahal, cukup dengan masakan atau kue buatanmu sendiri saja bisa membuat calon mertuamu merasa dihormati. Bukan karena ingin menyogok agar calon mertua luluh, tapi pada dasarnya orang tua akan merasa sangat diperhatikan.

6. Tunjukkan inner beauty-mu

Jangan minder, RulaWoman. Kalau kamu merasa fisikmu kurang oke, ketika kamu memiliki kekurangan pasti Tuhan menunjukkan sisi kelebihan lain darimu. Tunjukan sesuatu yang kamu punya, apa pun itu. Apakah kamu menyukai bisnis? Apakah kamu pintar memasak? Sebagus apa profesimu? Apa pun itu tunjukkan kemampuanmu dengan obrolan yang ringan dan tidak berkesan pamer di depan mereka. Jadikan ini pemacu mereka untuk lebih banyak mengetahui siapa dirimu yang sebenarnya.

7. Jaga komunikasi

Biasanya ini yang suka terlupakan. Ketika sudah bertemu calon mertua, tetaplah jaga komunikasimu dengan calon mertua tanpa pasanganmu. Mintalah nomor telepon calon mertuamu agar kamu mudah berbicara kapan saja dengan calon mertuamu.

8. Curhat

Walau kesannya aneh tapi ini penting. Jadikan calon mertuamu tempat menampung inspirasi. Banyak hal yang kamu belum tahu tentang kekasihmu, dengan banyak bercerita dengan ibu mertua apalagi tentang masalah kekasihmu dan meminta solusi padanya, akan membuat calon mertuamu nyaman denganmu dan percaya jika ketika kamu bersanding dengan anaknya. Calon mertuamu masih bisa mengetahui problematika apa yang terjadi dengan anaknya. Ingat, RulaWoman, kesan pertama curhat jangan terlalu lebay dan terkesan mengadu, tapi dengan cerita ringan dan memasukkan kata-kata yang jadi permasalahan kekasihmu.

9. Dekati keluarganya

Bukan cuma calon mertuamu yang wajib kamu dekati, tetapi anggota keluarganya juga perlu. Mereka akan menjadi team hore ketika calon mertuamu mengambil keputusan. Jadilah wanita yang penyayang dan mudah bergaul di antara anggota keluarganya. Jangan pernah mengajak salah satunya bermusuhan denganmu karena akan jadi jurang perpisahan untukmu.

10. Be your self

Apa pun yang kamu lakukan, jadilah dirimu sendiri. Jangan mengada-ada atau jangan manis di mulut, tapi di hati lain. Semua itu tidak akan berakhir baik. Lakukan dengan sepenuh hati hingga kamu benar-benar menjadi nyaman dengan keluarga kekasihmu.


Menjadi menantu idaman sebenarnya adalah hal yang mudah. Fokuskan pikiranmu bahwa calon mertuamu adalah orang tuamu juga dan keluarganya adalah keluargamu juga. Jadi kamu akan mudah untuk beradaptasi dan menerima semua kekurangan mereka. Pada dasarnya jangan takut, RulaWoman. Mereka tidak seburuk yang dibayangkan kok.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Jadi Menantu Idaman? Begini 10 Cara Mudahnya, RulaWoman!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Letta | @Vinaleta

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar