1.7K
Ketika kita melihat seorang model, mungkin yang ada di benak kita adalah, 'life is so good for her'. Tapi sebenarnya, menjadi model hampir sama dengan pekerjaan lainnya. Kamu harus tetap bekerja keras untuk menapaki tangga kesuksesan. Kalau kamu ingin menjadi supermodel, ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Asia’s Next Top Model (AsNTM) sudah memasuki musim keempat. Dari ke-14 finalis tahun ini, siapa jagoanmu, RulaWoman? Saya nge-fans dengan Aldilla (Indonesia) dan Angie (Singapore), but everyone is so stunning! Saya juga sedih melihat Tugs (Mongolia) dieliminasi minggu lalu, tapi namanya juga kompetisi kan. Ada yang menang, ada juga yang kalah.

Di kehidupan nyata, persaingan di dunia modeling jauh lebih keras daripada yang terjadi di kompetisi AsNTM. Menjadi pemenang dari kompetisi serupa barangkali bisa jadi golden ticket untuk mendapatkan posisi prioritas di agensi impianmu; tapi masih banyak hal lain yang harus kamu miliki untuk bisa menjadi model kelas dunia. Apa saja itu? Ini beberapa tips yang harus kamu perhatikan:

1. Bugar

Pic by McCullough

Pada episode ke-3, Sang In (Korea) harus masuk rumah sakit dan diinfus agar bisa melanjutkan kompetisi. Meski demikian, dia tetap menunjukkan komitmennya dan segera kembali untuk bisa melakukan photo shoot. Kekuatan Sang In memang patut diacungi jempol, tapi alangkah lebih baiknya jika kamu memang sudah biasa menjaga kesehatan. Jadwal Fashion Week bisa sangat padat lho, dan model yang sakit-sakitan jelas tidak akan menjadi pilihan utama bagi agensi. Kapan pun, kamu harus selalu ingat untuk makan makanan bernutrisi tinggi, minum suplemen, dan berolahraga secara teratur.

2. Menunjukkan Penampilan Terbaik dengan Style Apapun

Pic by Twitter Asia Next Top Model

Masih di episode ke-3, semua finalis mendapatkan make over dari tim stylist, and yes they got haircut! Beberapa orang bahkan mendapatkan style yang sangat ekstrim, seperti Angie (Singapore) dengan skinhead; dan Aldilla (Indonesia) yang harus merelakan rambut panjangnya dibabat habis. Tantangan pada photo shoot adalah, mereka harus membuktikan kalau mereka menikmati dan menyukai potongan rambut baru tersebut. Sayangnya, Mai Ngo (Vietnam) terlihat sangat kecewa dengan rambut barunya, hingga ia harus dieliminasi karena hasil photo shoot yang buruk. Siapkah kamu dengan hal-hal seperti ini, RulaWoman? Mungkin terdengar remeh bagimu, tapi kamu tidak pernah menduga pakaian seperti apa yang akan kamu kenakan pada show berikutnya. So, kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

3. Kreatif

Pic by IBTimes

Di musim ke-4 ini, ada satu finalis yang gayanya sangat edgy, dia bahkan menuai kontroversi sebagai warga negara Malaysia ber-ras Melayu yang berkompetisi di AsNTM. Yes, we are talking about Nuraini Noor (Tuti). Tapi kebayang tidak, kalau dia terus-terusan menonjolkan her edginess? Bisa-bisa penonton bosan kan. Padahal, tidak semua photo shoot menyediakan pengarah gaya. Meski kamu punya ciri khas, kamu juga harus tetap kreatif dan mencari gaya-gaya baru untuk kamu tampilkan.

4. Fokus pada Diri Sendiri

Pic by Twitter Asia Next Top Model

Pada episode ke-2, kaki Jessica terkilir saat harus melakukan tantangan, sehingga ia tidak bisa melakukan photo shoot dengan maksimal. Mengetahui hal ini, beberapa finalis lainnya tidak bisa menutupi rasa iri mereka, dengan menuduh Jessica yang bukan-bukan. But Jessica stay strong, dia bahkan menyatakan bahwa dia tidak memedulikan anggapan teman-temannya itu, dan fokus kepada dirinya sendiri. Akhirnya, dia tidak dieliminasi karena dia tetap mengerahkan segenap kemampuannya untuk menghasilkan foto yang cukup baik. Di dunia modeling, wajar kalau persaingannya sangat ketat. Tetap lakukan yang terbaik dan fokus saja pada tujuanmu.

5. Fokus pada Apa yang Ada di Depanmu


Menjadi model, dengan tuntutan pekerjaan yang mengharuskanmu traveling dan berjauhan dari orang-orang tersayang, pasti sangat sulit. Tapi, kamu harus membuat setiap detik berharga, dan memastikan bahwa mereka akan bangga kepadamu. Kalau kamu terus kepikiran dengan anakmu, atau orangtuamu di rumah, hingga mengganggu konsentrasimu saat bekerja, mungkin kamu harus mempertimbangkan ulang untuk menjadi supermodel kelas dunia.

6. Attitude

Ceria, ramah, tulus, tapi tidak menjilat. Nah lho, gimana tuh? Tapi kalau kamu mencintai pekerjaanmu, akan mudah bagimu untuk menempatkan diri. Mereka yang menunjukkan bahwa setiap tantangan adalah motivasi – bukan beban, adalah yang disukai oleh para juri. Kamu tidak akan memikirkan haters atau kompetitor, dan kamu akan tetap memperlakukan mereka dengan baik. Menjalin hubungan baik dengan para rekan kerja juga sangat penting; asal kamu tahu batas antara waktu-waktu yang mengharuskanmu untuk profesional, dan waktu-waktu yang lebih bebas.

7. Pede

Klise? Bisa jadi. Tapi, kalau kamu tinggimu sedikit dibawah standar (syarat AsNTM adalah 170cm), mungkin kamu akan merasa bahwa kamu tidak memiliki tempat di dunia modeling. Ayu Gani, dengan tinggi 173cm saja, sempat dianggap kurang tinggi untuk bisa masuk ke dunia fashion tingkat internasional. Tapi, dia tetap menang AsNTM musim ke-3 karena memiliki kualitas seorang supermodel: pekerja keras, punya ciri khas, kreatif, and everyone loves to work with her. So, jangan minder; kamu harus bisa menonjolkan kelebihanmu, dan tidak menggunakan kekuranganmu sebagai excuse.



Tentu masih banyak kriteria yang harus dimiliki oleh seorang supermodel, tapi paling tidak 7 hal diatas akan membantumu menapaki karier yang bisa mengantarkanmu ke gerbang impian. Kalau menurutmu, apa lagi kriteria yang harus dimiliki seorang supermodel?

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Jadi Supermodel? Ini 7 Tips dari Asia’s Next Top Model yang Akan Membantumu Memenangkan Persaingan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Primadita Rahma | @primaditarahma

Currently juggling between writing thesis and posting my thoughts on http://theprimadita.blogspot.co.id. Lately enjoying zumba and cold-pressed juice. Obsessed with the Crown Prince of Dubai.

Bagaimana menurutmu?