578
Rata-rata orang dengan metabolisme tubuh cepat, berat badannya cenderung stabil, karena tubuh membakar kalori lebih cepat.
photo credit: Fitlife Blog

Metabolisme tubuh berkaitan erat dengan proses penurunan berat badan. Rata-rata orang dengan metabolisme tubuh cepat, berat badannya cenderung stabil, karena tubuh membakar kalori lebih cepat. Sebaliknya, orang dengan metabolisme tubuh lambat, asupan berlebih sekecil apapun akan cukup berpengaruh pada kenaikan berat badan. Buat RulaWoman yang sedang dalam proses penurunan berat badan, lakukan 7 hal berikut untuk mempercepat metabolisme tubuh.

1. Diet bukan hanya soal menjaga pola makan, olahraga juga tak kalah penting

Otot akan membantu membakar kalori lebih banyak.

Banyak orang melakukan diet tanpa diimbangi dengan olahraga. Akibatnya setelah, berat badan turun pada angka yang diharapkan, berat badan akan mudah naik kembali tanpa sebab yang jelas, terutama saat pola makan sudah kembali normal. Dengan diet yang diimbangi dengan olahraga, maka otot yang terbentuk akan membantu mempercepat metabolisme. Tiap 0,5 kg otot akan membakar 6 kalori per hari, sedangkan 0,5 kg lemak hanya mampu membakar 2 kg kalori.

2. Pastikan kamu dalam kondisi terhidrasi, dengan cukup konsumsi air putih

photo credit: Women's Health

Konsumsi cukup air putih, minimal 8 gelas per hari akan mempercepat proses metabolisme tubuh. Air akan membantu pembakaran kalori, serta memperlancar pencernaan.

3. Buat kamu penyuka pedas, kabar baik buatmu!

photo credit: New Health Advisor

Meski konsumsi makanan pedas dapat meningkatkan nafsu makan, makanan pedas juga bisa mempercepat metabolisme tubuh, RulaWoman. Cabai mengandung zat kimia yang disebut capcaisin, dimana zat tersebut selain berfungsi mempercepat pembakaran kalori, juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

4. Perbanyak protein tanpa lemak

Daging tanpa lemak mengandung kadar zat besi yang tinggi, dimana zat besi inilah yang digunakan dalam pembakaran kalori. Buat kamu yang sering mengalami mood swing, konsumsi makanan kaya protein tanpa lemak juga bisa membantu meredakan stres serta mengembalikan mood dalam kondisi baik.

5. Bukan hanya meningkatkan konsentrasi, konsumsi kopi juga punya pengaruh dalam metabolisme

photo credit: Mashable

Konsumsi kopi hitam sebelum melakukan aktifitas fisik dapat membantu proses pembakaran kalori lebih cepat. Selain itu, kafein yang terkandung dalam kopi juga akan meningkatkan konsentrasi dan ketahanan tubuh.

6. Fokus pada proses penurunan berat badan jangka panjang, bukan hanya sesaat

Proses penurunan berat badan dalam waktu singkat akan membahayakan tubuh kamu, RulaWoman. Saat kamu melakukan diet “kilat”, berat badan memang turun, tapi kamu juga akan kehilangan otot dan lemak. Dan ketika kamu berada pada siklus hidup normal, yang ada pada tubuh hanya lemak, yang membuat proses metabolisme menjadi lebih lambat.

7. Konsumsi teh hijau agar kalori terbakar lebih cepat

Teh hijau mengandung kafein dan kaktein, dimana kedua jenis zat tersebut berfungsi untuk membakar kalori lebih banyak. Itulah mengapa teh hijau sangat disarankan bagi mereka yang sedang menjalankan diet.

Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Kurus Lebih Cepat? Lakukan 7 Hal Ini Untuk Mempercepat Metabolisme Tubuh Kamu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar