1.5K
Berapa kali idealnya seharusnya kamu makan dalam sehari? Makan besar 2x, sisanya ngemil. Stok pisang, yoghurt, energy bar, buah beku selalu menemani kamu di sela-sela makanan utama.
photo credit:Merdeka
Faktanya, rata-rata orang ngemil 15 kali dalam waktu 15 jam.
Sedikit dan perlahan, tapi pasti.

Ya, kebiasaan ngemil pasti akan menyebabkan kenaikan berat badan. Buat kamu yang ingin menurunkan berat badan tapi mudah lapar, siasati dengan langkah mudah berikut ini.

1. Dengarkan perut kamu

Jika perut tidak memberikan “sinyal” untuk makan, lebih baik tahan keinginanmu untuk mengunyah. Karena menurut penelitian terbaru, 62% orang ngemil karena lapar, 16% karena bosan, dan sisanya karena stres.

2. Rehat tak harus ngemil

Sebagian besar orang beranggapan kalau waktu bersantai adalah waktu untuk ngemil. Untuk menyiasatinya, kamu bisa melakukan aktivitas lain, seperti membaca, browsing, atau main game, sehingga perhatian kamu pada makanan akan teralihkan secara otomatis.

3. Tak perlu darurat lapar

photo credit:tlvz.com
Jauh dari penglihatan berarti jauh dari mulut.

Ketika terjebak macet dan ada banyak makanan di sampingmu, maka secara otomatsi kamu akan makan, meskipun sebenarnya kamu tidak lapar. Karena secara psikologis, kamu akan makan begitu melihat makanan dan kondisi medukung, seperti terjebak macet atau sedang stres.

4. Rencanakan

photo credit:tlvz.com

Rasa lapar tentu berpengaruh pada mood kamu. Untuk itu, antisipasi yang bisa kamu lakukan adalah membawa camilan sehat dari rumah. Tentu camilan sehat ya, RulaWoman, seperti buah segar.

5. Kenali ritme tubuh kamu

Jam 11.30 hingga 13.00 adalah waktu serangan camilan asin
Jika kamu sudah ngemil, pastikan kamu mengkonsumsi makan siang dengan menu sehat dan porsi yang lebih sedikit.
Jam 18.00 hingga 20.00 adalah waktu serangan camilan manis

Kemungkinan besar kamu tidak lapar, hanya butuh gula. Untuk itu, ganti es krim atau minuman manis dengan buah segar.

BACA JUGA


Ngemil Sehat? Kenapa Tidak! Inilah 7 Menu Ngemil Sehat Yang Berbonus Kurus Untuk Kamu

Ngemil Sehat? Kenapa Tidak! Inilah 7 Menu Ngemil Sehat Yang Berbonus Kurus Untuk Kamu

Ngemil nggak selamanya buat gemuk, jika kamu tahu cemilan yang memang bergizi dan nggak menyebabkan kamu gemuk. Apa aja sih cemilan tersebut ...

Read more..

Bagaimana RulaWoman? Selamat mencoba.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Kurus tapi Doyan Ngemil? Siasati dengan Langkah Mudah Berikut Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar