210
Terkadang mengerjakan tugas di luar rumah bisa menjadi petaka ketika persiapan kamu tidak matang. Maunya untung malah buntung. Untuk menghindari hal tersebut, bekali persiapan kamu melalui tips yang ada di sini.

Banyak hal yang menjadi pertimbangan seseorang ketika dia memilih untuk tidak mengerjakan tugas di rumah. Dirumah, tentunya fasilitas kamu lebih memadai. Ketersediaan makanan, minuman, stop kontak atau yang biasa disebut dengan colokan, dan jaringan internet.

Lantas, mengapa dengan fasilitas seperti itu masih banyak yang memilih untuk mengerjakaan tugas di luar rumah? Sebenarnya kalau dikumpulkan, faktor pendukungnya ternyata cukup banyak. Bisa jadi karena kamu mengerjakan tugas kelompok, jaringan internet di rumah sedang buruk, atau karena kamu memang ingin mencoba suasana lain agar lebih semangat dalam mengerjakan tugas.

Tidak ada salahnya untuk mengerjakan tugas di luar rumah. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk mengerjakan tugas dengan baik di luar sana. Sekali persiapan kamu kurang, tugas yang kamu kerjakan pun menjadi tidak efektif. Apakah kamu sedang ingin mengerjakan tugas di luar rumah? Yuk sama-sama cross check dengan poin-poin di bawah ini.


Pastikan lokasi yang kamu pilih tidak hanya tersedia wifi tetapi juga memiliki kecepatan jaringan yang sesuai dengan kebutuhan kamu

Saat ini sudah banyak tempat yang menyediakan layanan wifi gratis. Eits, tetapi jangan gegabah dulu ketika memilih tempat, Rula Woman, sebab banyak juga tempat yang menyediakan wifi yang koneksinya lambat atau tiba-tiba terputus sendiri karena ada batasan waktu pemakaiannya. Untuk itu sebaiknya kamu cari info mengenai kecepatan wifi yang tersedia atau kamu juga bisa mampir tinjau lokasinya terlebih dahulu.


Perhatikan ketersediaan makanan atau minuman di tempat tersebut beserta harga menunya

Terkadang ada tempat umum yang menyediakan wifi tapi tidak tersedia makanan. Ada juga cafe yang menyediakan wifi tapi hanya menjual minuman dan roti. Apabila kamu membutuhkan waktu yang cukup lama mengerjakan tugas tersebut, carilah wifi di tempat yang juga menyediakan makanan berat. Kalau perkiraan waktu bekerja kamu tidak terlalu lama, kamu bisa memilih cafe atau tempat umum.


Kalau tempat tersebut wifi-nya memadai tetapi konsumsinya tidak sesuai? Bawalah bekal

Demi penghematan, tidak ada salahnya kamu membawa bekal berupa cemilan dan minuman botol. Biasanya tempat dengan jaringan wifi yang bagus memiliki harga menu yang lumayan mahal. Tetapi kalau kamu membawa bekal makanan berat, lihat kondisinya dulu apakah memungkinkan atau tidak. Semisal karena itu kamu ditegur, kamu juga jadi tidak bisa berlama-lama di lokasi tersebut.


Sediakan uang lebih untuk berjaga-jaga kalau kamu lapar atau haus sementara tugas belum selesai

Apabila kamu dalam kondisi butuh perpanjangan waktu mengerjakan tugas di tempat tersebut dengan membeli makanan atau minuman tambahan, maka kamu perlu mempersiapkan uang lebih agar tidak ribet ketika penggunaan kartu debit atau kredit memiliki persyaratan belanja di atas nominal tertentu.


Terkadang selain butuh nge-charge laptop, di saat yang sama pula handphone kamu bisa saja lowbat. Jadi, sebaiknya kamu membawa kabel rol atau stop kontak lebih

Sebenarnya, dengan membawa kabel rol, kamu juga meminimalisir risiko kalau charger laptop kamu kabelnya kependekan atau charger-nya berat sehingga akan jatuh ketika ditancapkan ke colokan vertikal (contoh: charger Mac tanpa kabel extension). Gangguan kecil semacam ini juga akan mempengaruhi kualitas pengerjaan tugas kamu.


Jangan lupa charger laptop dan handphone juga dibawa

Kalau kabel rol atau stop kontak sudah siap, tetapi kamu lupa membawa charger dari laptop dan handphone kamu sendiri, kamu dipastikan tidak bisa mengerjakan tugas dalam waktu yang lama karena waktu kamu sebatas baterai laptop. Begitu pula kalau kamu membawa charger laptop tetapi tidak membawa charger handphone, kamu kemungkinan besar tidak akan tenang untuk berlama-lama mengerjakan tugas tanpa melihat handphone.


Bawa jaket atau syal kalau tempat tersebut dingin dan pakailah baju yang nyaman kalau tempatnya tidak dingin

Poin terakhir ini juga sering disepelekan. Perlu kamu tahu bahwa banyak tempat yang ber-wifi bagus memiliki AC yang dingin. Saking dinginnya kamu akan sering terpancing untuk bolak-balik toilet. Kalau kamu sendirian, tentunya akan sangat repot untuk membereskan barang-barang dulu baru ke toilet lalu habis itu harus beli minuman lagi untuk bisa duduk di tempat itu. Jadi, untuk kenyamanan kamu, gunakan pakaian yang sesuai dengan temperatur di tempat yang kamu pilih ya, Rula Woman.

Nah RulaWoman, semoga bermanfaat ya. Atau barangkali kamu punya tips lain yang bisa bermanfaat? Yuk dishare di sini.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Mengerjakan Tugas di Luar Rumah? Pastikan Persiapan Kamu Sudah Matang Dalam 7 Hal Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Jane Melissa | @janemelissa

Architects (B.Arch) - Blogger - Freelancer - Content Writer - Contributor of RULA.co.id

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar