1.2K
Biasakan melakukan hal-hal ini sebelum tidur untuk wajah cantik di pagi hari!

Keseharian yang padat di kantor, di jalan, ataupun ketika hang out dengan teman-teman di rumah bisa merusak kulitmu yang cantik, loh! Tidak hanya debu dan asap polusi saja, AC dan sinar matahari juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulitmu. Setelah sepanjang hari yang lelah, ini saatnya memanjakan kecantikanmu sebelum tidur. Dengan begitu ketika kamu bangun nantinya, kulitmu akan terasa lebih cantik dan segar!

Photo credit: Gomer Blog

Kenapa harus sebelum tidur? Ketika kita tidur, sel-sel dalam tubuh kita bekerja untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh lingkungan. Memang sih, mau kita merawat tubuh atau pun tidak, sel-sel kita akan tetap melakukan ini. Tapi bukankah ini kesempatan yang bagus? Bantulah sel-selmu untuk memaksimalkan kerja mereka dengan memberikan hal yang mereka butuhkan. Dengan begitu, perbaikan kecantikanmu akan lebih maksimal! Nah RulaWoman, lakukanlah 10 kebiasaan ini sebelum kamu tidur akan kulitmu bisa memperbaiki diri.

1. NO MAKEUP!

Photo credit: Loxa Beauty

Sudah pasti kan, setelah seharian rasanya gatal dengan makeup tebal kamu pasti ingin langsung memberseihkannya sesampai di rumah? Nah, membersihkan makeup sebelum tidur adalah wajib hukumnya! Kalau kamu tidak membersihkan makeup-mu sebelum tidur, sel-sel tubuh yang bertugas mempercantikmu akan kerepotan nantinya. Bisa-bisa makeup-mu akan menyumbat pori-porimu yang terbuka karena perbaikan oleh selmu. Penyumbatan ini akan berakibat pada bintik hitam, jerawat, dan bahkan warna kulit yang tidak rata! Untuk hasil yang maksimal, lebih baik kamu mencuci mukamu dari makeup dua kali.

Gunakan metode yang disebut double cleansing yang populer di Korea. Pertama bersihkan wajah penuh makeup-mu dengan cleanser yang berbahan dasar minyak yang mempermudah pelarutan make-up. Kemudian cuci lagi wajahmu dengan sabun muka. Dengan pembersihan ganda ini dijamin makeup-mu akan bersih dengan sempurna!

2. Berolahraga

Photo credit: Yoga.com

Berolahraga ternyata juga penting untuk kecantikan dan kesehatan kulitmu. Beberapa jam sebelum tidur, lakukanlah olahraga-olahraga kecil atau pemanasan ringan. Jangan berolahraga berat sebelum tidur karena malah bisa mengganggu siklus tidurmu. Tapi kamu bisa melakukan beberapa pose yoga sebelum tidur. Selain bisa membuatmu rileks kamu juga bisa menambah kualitas tidurmu.

3. Obat-obatan Wajah

Photo credit: Sparkzon

Jika menurutmu perlu, kamu bisa memakai krim malam, krim anti-aging, toner, dan ‘makanan’ untuk kulitmu sesuai dengan produk pilihanmu. Memakai krim-krim ini di malam hari tentu saja akan membantu mempercepat perbaikan kulitmu.

4. Melembapkan Kulit

Photo credit: Sparkzon
ion>

Gunakan hand cream atau body cream ke daerah-daerah kulitmu yang cepat kering seperti tangan dan kaki. Apalagi untuk kamu yang tidur dengan AC, kulit akan mudah sekali kering. Usahakan memakan humidifier dibandingkan ac, karena akan menjaga kulitmu senantiasa lembap. Kelembapan bisa memaksimalkan regenerasi kulit yang dilakukan oleh sel tubuhmu. Menggunakan hand cream ketika malam juga bisa mempercantik kukumu, loh! Gunakan juga petroleum jelly untuk telapak kakimu, agar tidak pecah-pecah dan mencegah penebalan.

5. Menyikat Gigi

Photo credit: Orthodontics Limited

Ini mah ga usah ditanya. Dari kecil memang kita sudah dibiasakan untuk menyikat gigi sebelum tidur, kan? Ketika kamu makan bakteri yang ada di dalam mulutmu itu memakan makanan yang kamu makan dan meninggalkan sisa-sisanya. Sisa-sisa sampah ini sangat beracun dan bisa mengikis email gigi, menyebabkan gigi berlubang dan pembusukan akar gigi. Tentu saja kamu tidak mau gigimu yang putih dan cantik menjadi berlubang, kan? Selain itu menyikat gigi sebelum tidur mencegah bau mulut di pagi hari.

6. Ikat Rambut

Photo credit: Frame Pool

Buat kamu yang memiliki rambut panjang ada baiknya jika mengikat rambutmu dengan longgar sebelum tidur. Hal ini menguntungkan untuk rambut dan kulitmu. Rambut, walaupun sudah dicuci, tetap saja mengeluarkan minyak yang jika terkena wajahmu bisa menyebabkan jerawat. Apalagi jika rambutmu dalam keadaan kotor! Dobel-dobel deh, minyak dan kotorannya. Mengikat rambut dengan benar juga bisa membuat wajah lebih rileks. Tapi ingat, kamu harus mengikat rambutmu dengan benar agar tidak kusut dan jangan ikat terlalu kencang sehingga membuat kepalamu sakit.

7. Tidur Telentang

Photo credit: The Brunette Diaries

Kalau kamu tidur tengkurap atau menyamping, seprai yang lecek akan menimbulkan bekas tidak cantik di wajahmu. Lebih parahnya, ternyata tidur dengan posisi seperti itu bisa menimbulkan kerutan di wajah! Nah, lebih baik kamu tidur telentang saja. Selain itu kamu bisa menggunakan seprai dengan bahan sutra atau satin akan lebih baik lagi, karena halus dan tidak menyakiti kulit.

8. Tinggikan Kepala

Photo credit: Peace Pillow

Gunakan bantal yang tinggi untuk mencegah pembengkakan pada wajah, terutama pada bagian mata. Tidur dengan keadaan kepala lebih tinggi akan memperlancar peredaran darah, sehingga tidak menumpuk di wajahmu. Gaya gravitasilah yang membantumu dalam hal ini! Tidur dengan kepala yang lebih rendah dari leher tentu saja juga bisa membuatmu tidak nyaman dan pegal-pegal, bukan?

9. Minum Air Putih

Photo credit: Readable

Air putih tentu saja baik untuk kesehatan kulitmu. Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa menyebabkan kulitmu kering dan mengkerut. Dengan meminum air putih sebelum tidur kulitmu akan tetap terhidrasi sehingga wajahmu akan terhindar dari kerutan dan tampak bersinar. Air putih juga memberikan Vitamin E yang dibutuhkan tubuhmu untuk perawatan dari dalam.

BACA JUGA


RulaWoman Memiliki Masalah Mata Minus atau Rabun Jauh? Ini 5 Makanan yang Perlu Dikonsumsi untuk Mengurangi Masalah Tersebut

RulaWoman Memiliki Masalah Mata Minus atau Rabun Jauh? Ini 5 Makanan yang Perlu Dikonsumsi untuk Mengurangi Masalah Tersebut

Mata minus bisa bertambah tingkatnya bila tidak diperhatikan kesehatannya. Sangat tidak mengenakkan bila kita harus menggunakan kacamata ...

Read more..

Perlu diingat, tips-tips ini tidak akan berlaku apabila kamu gemar begadang dan tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup! Bagaimana bisa sel-selmu melakukan regenerasi kalau kamunya saja tidak mau tidur tepat waktu? Jadi penting sekali untuk tidur cukup, sekitar 7-8 jam setiap malam. Tidur malam yang berkualitas akan meningkatkan melatonin yang bekerja sebagai antioksidan yang melawan keriput dan noda hitam. Dengan kata lain, apapun usahamu, kalau kamu tidak tidur dengan cukup dijamin kulitmu tidak akan terawat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Tidur Cantik Seperti Sleeping Beauty? Lakukan 9 Kebiasaan Ini Sebelum Kamu Tidur di Malam Hari!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Khansa Nadhifa | @khansanadhifa

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar