261
Ketika merasa kesepian, kamu terkadang merasa tidak berguna. Inilah beberapa hal yang bisa kamu coba lakukan, RulaWoman!

Sebahagia apapun seseorang, pada dasarnya dia pasti akan pernah merasakan kesepian. Kesepian itu sendiri bisa berasal dari apa saja. Alasan di baliknya pun banyak. Bisa karena sedang depresi, maupun memang merasa kehilangan. Lalu, apakah kemudian rasa kesepian membuat kamu wajar untuk terus terpuruk, RulaWoman? Tentu, tidak. Berikut merupakan beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika kamu merasa kesepian. Pada dasarnya, kamu hanya butuh bahagia.

1. Jangan pernah menyalahkan dirimu sendiri

image credit: flickr

Ketika kamu merasa kesepian, kamu pun berpikir bahwa ada yang salah pada dirimu. Sehinggga, tidak ada orang di sampingmu yang bisa kamu andalkan. Satu hal, RulaWoman, jangan pernah merasa demikian. Tidak seharusnya kamu menyalahkan diri sendiri karena pada akhirnya akan menciptakan luka pada dirimu. Bukankah hal tersebut akan membuat kamu lebih terpuruk dari sebelumnya?

2. Carilah ketenangan dari hal-hal yang ada di sekitarmu

image credit: pinterest

Tentunya, banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan ketenangan. Lakukankah hal-hal yang kamu suka sehingga kamu tidak merasa benar-benar sendirian. Kamu bisa membaca buku, menonton film, mendengarkan musik, berkebun, dan lainnya. Cobalah cari ketenangan maupun kebahagian dari hal-hal yang kamu lakukan.

3. Hubungi teman yang bisa kamu jangkau

image credit: starloop

Setiap orang pasti memiliki orang yang akan mendukung setiap keputusan yang diambil oleh mereka. Begitu juga denganmu, RulaWoman. Pikirkanlah seseorang yang dapat selalu memberikan dukungan padamu atau sesederhana dapat membuatmu tertawa. Hubungi mereka melalui telepon ataupun chat. Memang pada awalnya kamu akan merasa malas untuk melakukan hal ini, akan tetapi, bukan berarti tidak mungkin kamu lakukan.

4. Lakukan hal-hal kreatif, sesederhana apapun itu

image credit: sheknows

Nyatanya, RulaWoman, melakukan hal-hal kreatif dapat membunuh rasa kesepianmu. Sesederhana mewarnai buku bergambar pun dapat membantu kamu. Kalau kamu ke toko buku, kamu pasti menemukan banyak coloring book for adult. Nah, manfaatkan saja. Sesederhana apapun itu, dengan melakukan hal-hal kreatif, kamu akan sedikit melupakan kenyataan bahwa kamu sedang merasa sendirian.

5. Berikan bantuan kepada orang yang membutuhkan

image credit: onedollarbusiness

RulaWoman, salah satu hal yang dapat membantu kamu melupakan kesepian kamu adalah dengan membantu orang lain. Mengapa demikian? Karena, dengan membantu orang lain, kamu menjadi tidak terlalu berfokus pada dirimu sendiri. Kamu akan berfokus pada kebutuhan orang lain. Kemudian, dnegan membantu orang lain, kamu akan menyadari bahwa masih banyak orang yang membutuhkan kehadiran kamu.

6. Bayangkan tempat yang kamu senangi

image credit: womanpla

Mengimajinasikan tempat maupun kenangan yang kamu senangi juga bisa menjadi salah satu cara bagi kamu untuk mengurangi kesepian yang kamu alami. Dengan membayangkan kebahagiaan tersebut, kamu pasti sedikit bisa melupakan kesepian yang kamu alami. Memang terkesan sangat sementara, tapi bukankah hal-hal sederhana ini yang kamu butuhkan, RulaWoman?

7. Kamu harus ingat bahwa hidup tidak akan selalu menyenangkan

image credit: netdoctor

RulaWoman, kamu pasti memahami bahwa roda kehidupan itu berputar. Kadang kala kamu berada di atas, kadang di bawah. Kadang kamu merasa bahagia, kadang tidak. Yang harus selalu kamu ingat adalah, hidup itu tidak akan selalu menyenangkan. Pasti ada masa-masa yang membuat kamu terpuruk. Tidak tahu harus berbuat apa dan bahkan membuatmu sedih tak terhingga. Ketika kamu merasa kesepian pun demikian. Kamu sedang tidak baik-baik saja dan itu bukanlah satu hal yang aneh.

Selain ketujuh hal di atas, ada satu lagi hal yang dapat kamu lakukan ketika kamu merasa kesepian. Kamu bisa bernyanyi sepuas hatimu untuk bisa menstabilkan emosi kamu. Dengan bernyanyi, kamu bisa menyalurkan emosi kamu dengan baik. Lagipula, menyanyi juga merupakan proses kreatif yang dapat kamu lakukan tanpa perlu mengeluarkan biaya lebih.

Nah, demikianlah beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat merasa kesepian. Merasa kesepian dan sendirian pasti pernah dialami oleh semua orang, RulaWoman. Akan tetapi, bukan berati kamu harus merasa terpuruk dan merasa tidak begruna. Cheer up, RulaWoman!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inilah 7 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Kesepian! Apakah Ada yang Pernah Kamu Lakukan, RulaWoman?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Puji P. Rahayu | @PujiPRahayu

The Sun and the Red Glow of the Dawn. Passionate on reading and writing. Grateful for everything that happened in my life.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar