2.4K
Ada masanya kita merasa tidak percaya diri dengan beberapa hal yang ingin kita lakukan, tapi tahu nggak RulaWoman, inilah beberapa sebab mengapa kamu harus tetap pede !

Kamu pernah merasa kurang percaya diri, RulaWoman ? Yap, semua orang pasti pernah merasakan hal yang satu ini, baik ketika dalam pergaulan dengan orang lain, maupun ketika hendak melakukan sesuatu –interview kerja, misalnya, dan masih banyak lagi situasi lain yang bisa menempatkanmu ke dalam sikap kurang percaya diri. Percaya diri merupakan salah satu bukti bahwa kita yakin pada diri kita sendiri, dan memudarnya rasa percaya diri bukan tidak mungkin, bisa membuat rencana-rencana yang akan kita jalankan malah jadi berantakan, lho, RulaWoman !

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga sikap percaya dirimu, salah satunya adalah dengan tidak terlalu baper atau memikirkan pendapat-pendapat negatif orang lain. Tapi sebenarnya, apa sih alasan kita harus percaya pada diri kita sendiri?

Ini dia sebabnya!

Photo CreditL Tumblr

1. Sebab hidupmu adalah milikmu sendiri

Yap, ini adalah poin pertama dan utama. Karena hidupmu adalah milikmu sendiri, seharusnya tidak ada orang yang bisa mengatur bahkan menghakimi bahwa kamu tidak mampu melakukan sesuatu yang kamu inginkan. This is your own life, dan selama kamu ingin serta percaya bisa melakukannya, kamu tidak salah kok mencoba hal-hal baru!

2. Ketika tidak ada lagi orang yang bisa membantumu, maka kamulah yang bisa membantu dirimu sendiri

Mungkin kamu selama ini merasa bahwa biasanya selalu banyak teman atau kenalan yang bisa membantumu melakukan hal ini dan itu, tapi percaya deh, RulaWoman, ada kalanya tak ada lagi orang yang bisa membantu dan kamulah yang bisa berjuang membantu dirimu sendiri. Jika kamu tidak percaya pada dirimu sendiri, bagaimana mungkin kamu bisa melakukan hal-hal besar?

Photo Credit: Citizenrelations

3. Dengan percaya diri, kamu akan mampu meminimalisir ketakutan yang ada

Masih berhubungan dengan poin di atas, dengan percaya diri yang cukup, kamu akan mengurangi ketakutan-ketakutan pribadi yang muncul. Sebenarnya, rasa takut itu wajar dan manusiawi. Tidak ada manusia yang tak pernah merasa takut, apalagi ketika ingin melakukan sesuatu yang belum pernah ia lakukan sebelumnya. Tapi jangan sampai kebablasan dan malah dikendalikan oleh rasa takutmu sendiri, ya!

4. Bukti bahwa kamu mampu membangun relasi yang baik dengan orang lain

Bayangkan jika kamu terus-menerus merasa kurang percaya diri. Sekali waktu, mungkin teman-teman akan memberikan semangat. Tapi jika itu terjadi berulang-ulang, bukan tidak mungkin malah merusak relasimu dengan orang lain, RulaWoman ! Bagaimana pun, rasa percaya diri termasuk salah satu bukti bahwa kamu mampu membangun relasi yang baik dengan orang lain. Sebab ketika kamu sudah memiliki rasa percaya diri yang bagus, kamu tidak akan gugup ketika berhadapan dengan orang banyak, merasa lebih ringan dan bisa membaur dengan sekitar.

Photo Credit: findmotivationtoday

5. Sekaligus bukti bahwa kamu mencintai dirimu sendiri

Jika kamu mencintai dirimu sendiri, kamu seharusnya juga percaya pada kemampuan yang ada dalam dirimu. Orang lain boleh berburuk sangkat bahkan menganggap kamu tidak bisa melakukan apa-apa, tapi yang tahu batas kemampuanmu adalah dirimu sendiri, RulaWoman. Ketika kamu merasa bisa dan sanggup melakukan sesuatu, berarti kamu akan (bisa) melakukannya!

6. Dengan percaya diri, berarti kamu percaya pada kemampuan yang sudah diberikan Sang Pencipta

Segala yang ada pada diri kita adalah hadiah dari Sang Pencipta, jadi jika kamu percaya pada kemampuan yang ada dalam dirimu, berarti kamu juga sudah membangun relasi yang baik dengan Sang Pencipta, lho! Kamu percaya bahwa Sang Pencipta sudah memberikan yang terbaik, dan kamu takkan menyia-nyiakannya hanya karena merasa takut atau memikirkan dugaan-dugaan jelek orang lain.

Photo Credit: rich20something

7. Kamu tidak perlu buang tenaga untuk memikirkan hal-hal yang tak seharusnya kamu pikirkan

Tahu nggak, sih, ketika kamu sibuk memikirkan hal-hal yang belum tentu kejadian, atau merasa takut atas hal-hal yang kurang beralasan, berarti kamu sudah membuang-buang energimu sendiri, RulaWoman. Dengan energi yang sama, mungkin kamu bisa melakukan lebih banyak hal positif lain yang bisa mendukung perkembangan dirimu, ketimbang memikirkan hal yang tak seharusnya dipikirkan.


Jadi sekarang kamu nggak perlu lagi merasa takut menghadapi suatu hal atau merasa tidak mampu melakukannya, RulaWoman! Hal yang paling penting adalah berusaha menyelesaikan sesuatu dengan sebaik-baiknya, mengerahkan kemampuan, tetap konsentrasi, serta menghindari bisikan-bisikan negatif di sekitar! Ketakutan sejatinya bisa diredam, kok. Kamu hanya perlu percaya, dan voila, ketika kamu sudah berhasil melakukan sesuatu yang menjadi goal-mu, berarti kamu telah berhasil melewati segala proses yang ada, dengan sebaik-baiknya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inilah 7 Sebab Mengapa Kamu Harus Percaya Pada Dirimu Sendiri, RulaWoman !". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?