1.2K
This month's diet is next month's body – anonymous

Semua orang pasti ingin memiliki tubuh yang ideal dan sebisa mungkin menerapkan pola makan yang bagus bagi kesehatan tubuhnya, RulaWoman. Dan tidak jarang juga kaum perempuan melakukan diet atau penurunan berat badan demi mendapatkan tubuh ideal sesuai impian mereka. Tapi diet pun ternyata tidak boleh dilakukan sembarangan, lho. Ada beberapa hal dan makanan yang harus kamu hindari ketika sedang diet agar tidak semakin menimbun lemak dalam tubuh dan sebaliknya, menambah asupan nutrisi.

Jadi, selain olahraga dan menjaga pola makan, pastikan kamu menghindari konsumsi jenis-jenis makanan di bawah ini!


Smoothies

Termasuk salah satu jenis minuman yang terdiri dari bahan-bahan lezat dan bervitamin tinggi. Biasanya, smoothies dibuat dari campuran buah-buahan segar dan kamu mungkin mengira mengonsumsi smoothies adalah cara lain dari makan buah. Tapi siapa sangka bahwa kadar gula dalam smoothies termasuk tinggi, sehingga membuatnya termasuk ke dalam salah satu yang wajib dihindari ketika sedang diet atau olahraga, RulaWoman. Alternatif lain, kamu bisa mengganti smoothies dengan buah segar biasa.

Kafein

Kafein memiliki dua sisi bagi tubuh manusia, dan pengaruhnya bisa berbeda untuk setiap orang. Pada suatu kasus, bisa saja kafein berfungsi sebagai penambah tenaga dan memberikan energi lebih. Tapi bukan tidak mungkin, pada kasus lainnya kafein malah memberikan dampak yang buruk seperti sakit kepala dan kurangnya cairan tubuh. Tapi sebaiknya jangan mengonsumsi kafein terlalu banyak saat olahraga, diet, atau perut terasa kosong.

Daging Merah

Salah satu alasan mengapa daging merah dilarang adalah karena daging ini termasuk makanan yang sulit dicerna tubuh. Alih-alih menjadi sumber tenaga, daging merah biasanya lebih banyak menjadi sumber lemak. Jika kamu mengonsumsinya setelah olahraga, maka itu artinya sama saja dengan kembali memakan lemak setelah membakarnya di sesi olahragamu. Jika kamu merasa lapar setelah berolahraga, kamu bisa mengalihkan menu makananmu ke daging ikan atau daging ayam.

Ayam Goreng

Jika ingin mengonsumsi ayam pada saat diet, kamu bisa mengolahnya dengan cara dipanggang. Sebab jika kamu menggoreng ayam, secara tidak langsung kamu akan meningkatkan porsi lemaknya dan itu berarti diet atau program olahragamu akan sia-sia saja, RulaWoman.

Cokelat batangan

Berbeda dengan cokelat bubuk atau minuman cokelat yang memiliki kalori rendah, cokelat batang justru memiliki kalori tinggi dan sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setelah olahraga atau saat sedang menjalani program diet. Cokelat batang memang memiliki rasa manis yang enak dan konon punya banyak manfaat, tapi tidak ketika kamu sedang diet, RulaWoman.

Minuman soda

Secara umum, sebenarnya minuman soda tidak dianjurkan untuk dikonsumsi terus-menerus karena memang kurang baik bagi kesehatan. Tapi dalam hal ini, minuman soda bisa menghambat metabolisme sehingga pembakaran lemak tubuh juga otomatis terhambat. Sebabnya, minuman soda memiliki kadar kalori yang cukup tinggi. Rasa haus setelah berolahraga sebaiknya kamu atasi dengan banyak minum air putih. Atau jika kamu ingin minuman yang lebih bervariasi, konsumsi teh tanpa gula juga tidak ada salahnya, kok.

Makanan cepat saji atau junk food

Wah apalagi yang ini, RulaWoman! Junkfood is a big no dalam diet, karena selain mengandung lemak tinggi, makanan-makanan semacam ini bisa menyebabkan kolesterol. Diet dan olahragamu akan sangat sia-sia jika kamu memakan makanan cepat saji.

Nasi

Ketika sedang diet, nasi adalah salah satu hal yang biasanya dihindari. Tapi, bukan berarti kamu tidak boleh makan nasi sama sekali, RulaWoman. Sebaiknya, hindari konsumsi nasi di malam hari karena nasi merupakan sumber karbohidrat. Ganti makan malammu dengan buah atau sayur-sayuran.

Gorengan

Sama prinsipnya dengan ayam goreng, jenis gorengan yang lainnya juga merupakan makanan-makanan yang harus kamu hindari saat diet atau setelah olahraga, RulaWoman. Sebaiknya, makanan yang kamu konsumsi adalah makanan yang dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang.

Makanan manis

Seluruh makanan manis dan kaya kandungan gula sebisa mungkin juga dihindari ketika olahraga, karena sebenarnya makanan-makanan ini bisa membuat perut menjadi kembung, bahkan menyebabkan gangguan pada pencernaan.

Selain menghindari makanan-makanan tersebut, ketika berdiet sebaiknya jangan terlalu menahan diri ya, RulaWoman. sebab diet yang terlalu ketat malah akan berdampak buruk bagi tubuhmu sendiri. Beberapa keadaan yang bisa disebabkan oleh diet ketat adalah malnutrisi, mudah lelah, kelaparan, depresi, bahkan bisa juga menyebabkan kematian. Segala sesuatu yang berlebihan memang akan berakibat kurang baik. Jadi pastikan dietmu tetap aman, ya, RulaWoman.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inilah 9 Jenis Makanan dan Minuman yang Bisa Membuat Diet dan Olahraga Kamu Sia-sia!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar