3.2K
Wah, seru banget ya kayaknya, ke mana-mana berdua! Mereka so sweet banget, deh!

Ketika kamu menjalin sebuah hubungan cinta dengan seseorang, maka si dia akan menjadi yang utama buatmu selain orangtua dan teman-teman. Sebisa mungkin, kamu tidak ingin mengecewakan pasanganmu, dan ingin selalu ada atau berusaha membantu kapan mereka membutuhkannya. Bagi banyak orang, mungkin beberapa pasangan yang selalu tampak melakukan banyak hal berdua, saling membantu satu sama lain, atau tak pernah lepas memperhatikan pasangannya, merupakan pemandangan yang manis dan menggemaskan. Tapi, awas, bisa jadi itu pertanda bahwa kamu terlalu bergantung pada pasanganmu!

Photo credit: www.playbuzz.com
Mengapa tidak boleh bergantung pada pasangan?

1. Sebab membuat hubunganmu menjadi kurang sehat

Terlalu bergantung kepada pasangan bisa membuat hubunganmu menjadi kurang sehat. Sebab jika kamu merasa harus melakukan segalanya bersama si dia, kamu akan takut kehilangan pasanganmu. Ini berisiko kamu akan terus bertahan meski ke depannya hubungan kalian sudah tidak sehat lagi. Kamu terus menghadapi pertengkaran-pertengkaran karena terlalu takut si dia pergi.

2. Membuatmu menjadi lebih manja

Jika dalam segala hal diselesaikan oleh pasanganmu, kamu tidak akan mandiri dengan kehidupanmu sendiri. Malah sebaliknya, bisa jadi hal ini akan menyebabkanmu menjadi perempuan manja yang selalu bergantung pada si dia.

3. Bersiap untuk kemungkinan yang tak diharapkan

Ini salah satu penyebab utama mengapa kamu sebaiknya tidak terlalu bergantung kepada pasanganmu, RulaWoman. Sebab kita takkan tahu apa yang bisa terjadi di kemudian hari. Jika terjadi hal-hal yang tak diharapkan dan kalian terpaksa berpisah, maka bukan tak mungkin kamu akan mengalami keterpurukan yang dalam sebab selama ini sudah terbiasa berada di samping pasangan.

Photo credit: www.prevention.com

4. Tetap sadar bahwa kalian punya kehidupan masing-masing

Tetap sadar bahwa kalian punya kehidupan, keluarga, serta sahabat masing-masing. Jangan sampai keseharianmu bersama pasangan mengurangi waktu berharga bersama keluarga atau teman-teman. Bagaimana pun, keseimbangan sangat penting dalam kehidupan, RulaWoman.

5. Membuatmu menjadi takut sendirian

Ketika si dia pergi, kamu akan parno dan takut dengan kesendirian. Padahal, mungkin tanpa kamu sadari, di sekelilingmu banyak orang-orang yang begitu peduli pada hidupmu. Nah, jangan sampai ini terjadi, ya, RulaWoman!

Tapi bagaimana jika kamu sudah terlalu bergantung pada si dia? Kamu merasa tidak bisa hidup tanpa pasangan, karena merasa takkan ada yang bisa membantumu mengerjakan banyak hal, meraih banyak impian, jika tidak bersama pasanganmu. Tenang, RulaWoman, berikut cara mengatasinya!

1. Tetapkan goal dalam hidupmu dan fokus untuk mencapainya

Tentukan apa yang ingin kamu capai dalam hidupmu, dan tetap fokus ke depan. Jangan biarkan masalah hati membuyarkan semua hal yang sudah kamu cita-citakan sejak lama. Masa depan tetaplah masa depan, yang harus berusaha kamu raih dengan kekuatanmu sendiri, bukan dengan bantuan orang lain!

2. Ciptakan pola pikir yang lebih baik dari sebelumnya

Ubah pola pikirmu sendiri. Jika selama ini kamu merasa bahwa banyak hal bisa kamu selesaikan berkat campur tangan pasanganmu, berarti sekarang kamu harus bisa menantang dirimu untuk menyelesaikan semuanya sendiri. Kamu pasti mampu jika kamu benar-benar ingin dan bersungguh-sungguh untuk melakukannya.

Photo credit: www.tumblr.com

3. Jangan gampang menyerah

Jangan gampang menyerah, RulaWoman, karena tidak ada hal yang instan di dunia ini. Semua orang akan melewati kegagalan demi kegagalan sebelum akhirnya berhasil mencapai apa yang mereka tuju.

4. Percaya pada dirimu sendiri

Nah, kemudian, kamu harus percaya pada kemampuan dirimu. Orang pertama yang bisa mendukungmu untuk terus maju adalah dirimu sendiri. Orang lain mungkin takkan selalu ada, tapi dirimu sendiri pasti bisa selalu men-support apa pun yang kamu cita-citakan.

Photo credit: 7-storms.tumblr.com

5. Perbanyak teman dan kenalan

Perbanyak teman dan kenalan-kenalan baru, sehingga kelamaan kamu akan sadar bahwa kamu sebenarnya tak pernah sendirian. Dan dengan bantuan teman-teman, kamu juga bisa melakukan banyak kegiatan positif yang berguna bagi perkembangan dirimu!


Perhatian dan sayang pada pasangan itu hal yang wajar, selama tidak berlebihan dan membuat kamu jadi sangat bergantung padanya. So, kamu tidak perlu takut bila suatu hari pasanganmu tidak lagi bersama kamu, RulaWoman. Sebab kamu bisa menjadi perempuan mandiri serta bisa hidup dan berdiri di atas kakimu sendiri!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inilah Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Terlalu Bergantung pada Pasangan dan Cara Ampuh Menghindarinya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar