1.3K
Semakin hari, kasus pelecehan seksual semakin marak. Sebenarnya, apa aja sih yang termasuk kategori pelecehan itu?

Mungkin berita pelecehan seksual di TransJakarta dan di angkot, atau bahkan di tempat-tempat umum seperti terminal, bukan lagi tergolong berita baru di negara kita, RulaWoman. Selain pelecehan terhadap perempuan, kasus pelecehan terhadap anak pun tak kalah banyaknya. Menurut Komisi Nasional Perlindungan Anak, setiap harinya kurang lebih 60% laporan yang masuk ke tangan mereka adalah kasus pelecehan terhadap anak. Sebenarnya, kita sebagai orang dewasalah yang harus terlebih dahulu memahami apa itu pelecehan dan apa saja hal-hal yang tergolong ke dalam kategori pelecehan, serta upaya apa saja yang bisa dilakukan untuk menghindarinya, untuk kemudian bisa melindungi anak-anak dan adik-adik kita dari kejahatan ini.

Pelecehan terhadap perempuan sendiri merupakan masalah serius. Data Komnas Perempuan menunjukkan, pada tahun 2016 setidaknya pecelehan seksual mencapai 160-an kasus, belum termasuk jika terjadi kekerasan, pencabulan, dan hal lainnya. Setiap orang pun berisiko untuk menjadi korban pelecehan seksual, RulaWoman. Hal-hal kecil yang tak pernah kamu sangka-sangka pun bisa jadi merupakan sebuah pelecehan. Sebab, mungkin saja pelecehan terjadi di mana pun –tak terkecuali di lingkungan tempat kamu beraktivitas sehari-hari.

Apa itu pelecehan seksual?

Pelecehan seksual secara umum bisa diartikan sebagai sebuah pendekatan terkait seks, namun tidak diinginkan. Termasuk di dalamnya adalah perilaku secara fisik dan verbal yang merujuk kepada seks. Apa kamu sering mendengar atau mendapatkan kata-kata yang kamu rasa kurang pantas serta tak enak didengar jika berada di jalan atau di suatu tempat? Nah, kasus pelecehan seksual ini termasuk kata-kata yang melecehkan seseorang!

Sebab terjadinya pelecehan seksual

Dari sekian banyak hal yang diduga bisa menjadi sebab pelecehan seksual, rata-rata mengatakan bahwa cara berpakaian adalah hal utama yang bisa mengundang laki-laki melakukan pelecehan. Padahal, tak kalah banyak kasus pelecehan terhadap perempuan yang sama sekali tidak berpakaian terbuka atau berpenampilan menggoda. Bahkan juga ada pelecehan terhadap pihak yang lanjut usia, sehingga hal ini tidaklah benar.

Pelecehan seksual bisa terjadi kepada siapa saja –baik mereka yang berpakaian terbuka, mereka yang berpakaian tertutup, anak kecil, lanjut usia, dan sebagainya. Barangkali msyarakat masih menganggap bahwa perempuan adalah pihak yang sangat lemah dan posisinya pasti di bawah laki-laki, padahal sebenarnya tidak selalu seperti itu.

Photo Credit: staticflickr

Hal apa saja yang termasuk ke dalam kategori pelecehan seksual itu?

1. Menyentuh dengan tujuan yang mengarah kepada hal-hal berbau seksual
2. Melontarkan kalimat-kalimat kurang pantas dan terkesan menggoda
3. Memancing dengan kalimat-kalimat berbau seks baik secara langsung maupun tidak langsung
4. Mengirimkan gambar-gambar yang tidak pantas
5. Berdiri di dekat/berusaha mendekatnya diri kepada seseorang sehingga terjadi kontak fisik


Photo Credit: The Pool

Bagaimana cara menghindarinya?

Mungkin kita takkan bisa langsung menyelesaikan seluruh kasus yang telah terjadi sebelum hari ini, tapi ada, lho, beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari kemungkinan terjadinya pelecehan seksual! Yuk, simak di bawah ini!

1. Jangan terlalu gampang percaya kepada orang yang baru dikenal

Walau tidak bermaksud suudzon atau berburuk sangka pada orang baru, tapi sebaiknya kamu menghindari untuk terlalu gampang menaruh kepercayaan pada mereka yang baru kamu kenal, RulaWoman. Hal ini kadang cukup ampuh menghindarkanmu dari hal-hal yang tak diinginkan.

2. Jangan terjebak pada rayuan atau kalimat-kalimat indah seseorang

Jangan gampang merasa senang pada rayuan atau kalimat yang menyenangkan dari seseorang, RulaWoman. Sebab siapa saja bisa melontarkan rayuan-rayuan untuk kemudian membuka jebakan pada korbannya. Lalu bagaimana jika kamu berada dalam situasi serupa ini? Tanggapilah hal tersebut seadanya, dan tidak dengan kalimat yang berlebihan pula.

3. Hindari berada di suatu tempat berdua saja dengan lawan jenis –terlebih orang yang tidak kamu kenal dekat

Ini termasuk salah satu hal penting yang bisa kamu perhatikan untuk dapat terhindar dari pelecehan, RulaWoman. Bagaimana pun, hindari berada di sebuah tempat hanya berdua saja dengan lawan jenis, terlebih mereka yang tidak kamu kenal dengan baik atau dekat, sebelumnya. Mintalah beberapa temanmu untuk menemani jika kamu memang merasa harus mendatangi sebuah tempat asing, atau bertemu orang baru.

Photo Credit: Women Pain

4. Tegas dan berani untuk katakan tidak!

Tegaslah untuk menolak –serta berkata tidak, terhadap ajakan-ajakan dari teman, pacar, atau lelaki mana pun, jika memang ada indikasi yang mengarah kepada perilaku seksual yang tak kamu inginkan, RulaWoman

5. Belajar beladiri

Beberapa perempuan mungkin sudah mencoba melakukan poin ini. Belajar beladiri tak harus sampai ke level yang sangat tinggi, kok, RulaWoman. Setidaknya, kamu mempelajari teknik-teknik yang dapat melindungi dirimu sendiri dari niat jahat seseorang.

6. Membawa benda-benda kecil yang bisa membantumu jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan selama di jalan

Jika kamu merasa belum terlalu mampu untuk mempelajari beladiri, tak ada salahnya mencoba poin ini! Bawalah benda-benda kecil di dalam tas yang sekiranya bisa menyelamatkanmu dalam situasi genting. Benda-benda tersebut saja berupa bubuk cabai, atau benda sejenis yang bisa melumpuhkan orang jahat dalam waktu singkat, sehingga kamu punya waktu lebih panjang untuk melakukan perlawanan, RulaWoman!

Photo Credit: Salon

7. Selalu berhati-hati saat bepergian sendirian

Hindari lokasi yang mungkin rawan; misalnya terminal pada malam hari, angkot yang sepi penumpang, dan sebagainya. Jika hendak pulang, usahakan untuk selalu melewati jalan yang masih ramai dan menumpang angkutan umum bersama para penumpang lainnya, sehingga kamu tidak sendirian.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu pahami mengenai pelecehan seksual. Bagaimana pun, kita memang harus selalu waspada, sebab kejahatan bisa terjadi di mana saja, dilakukan oleh siapa saja, bahkan dengan motif atau sebab yang tak dapat kita duga sebelumnya. So, tetap berhati-hati, ya, RulaWoman!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inilah yang Wajib Kamu Pahami dari Pelecehan Seksual; Sebab Terjadinya, hingga Tips Menghindarkan Diri dari Pelecehan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar