100.9K
Di masa jaya-jayanya social media, orang makin terobsesi dengan outer look demi mendapat perhatian dan pengakuan dari sekitar. Apakah inner beauty sudah nggak penting untuk diperhatikan?

Seorang pemimpin beauty pageant Miss Venezuela, Osmel Sousa, sempat mengundang banyak kritik karena mengatakan statement yang kontroversial saat di wawancara oleh New York Times. Sousa mengatakan, "Inner beauty doesn't exist. It is something that unpretty women invented to justify themselves."

Berbeda dengan Sousa, Aria Rajasa, owner tees.co.id, membagi pandangannya tentang wanita di acara bertajuk Smart is The New Sexy yang digelar oleh CeweQuat di fX Sudirman Februari lalu. Menurut Aria, memang nggak bisa dipungkiri kalau penampilan menjadi hal yang pertama dilihat dalam perempuan. Tapi seiring waktu, kecantikan fisik bisa memudar, sedangkan inner beauty-lah yang tersisa di hari tua nanti.

"We always want more than just face. Memang kita nggak bisa memungkiri, kalau penampilan itu jadi hal yang pertama kita lihat di perempuan. Tapi seiringnya waktu, kecantikan bisa pudar karena keriput, dan yang tersisa otomatis tinggal attitude dan kepintarannya dia yang bikin kita mau stay sama dia." -Aria Rajasa

Betul, RulaWoman, kecantikan di luar dapat berubah dari waktu ke waktu. Orang nggak selamanya muda, dan bakal selalu ada orang yang lebih cantik, manis, seksi dari kita. Namun, kecantikan sejati dari dalam tidak akan luntur sepanjang masa dan akan selalu terpancar keluar. Kecantikan dari dalam dirimu lah yang bikin banyak orang betah berada di sekeliling kamu, excited ketemu kamu, dan sahabat-sahabat kamu nyaman temenan sama kamu bertahun-tahun.

Plus, definisi "cantik" itu selalu relatif, RulaWoman. Nggak ada aturan baku tentang fisik yang cantik, hence, everyone is beautiful in their own way. Kamu nggak perlu 'menuhin standar umum' yang semakin lama semakin blur, dengan menghabiskan berjuta-juta rupiah untuk operasi plastik atau sekedar face lifting, lip or nose filler- nggak perlu! Kamu nggak perlu ngerasa insecure atau feeling unpretty karena yang ada di diri kamu adalah yang membuat kamu terlihat spesial dari yang lain.

Kalau dulu (atau sampai sekarang) kita adalah orang yang punya banyak haters, kita perlu melakukan intropeksi diri, sebelum yakin kalau haters kita itu cuma orang yang dengki sama kita, karena bisa saja orang nggak suka sama kita karena sifat-sifat di bawah ini:

1. Jealousy

Photo Credt: Psychology Today

Selalu gampang ngebanding-bandingin diri sendiri dan ngejatuhin mereka yang dirasa lebih baik, karena adanya perasaan "terancam" kalau ada orang yang lebih baik. Jangan jalani kehidupanmu seperti cagub-cawagub yang lagi debat sehingga penting untuk berkomentar untuk menjatuhkan lawannya. Boro-boro bikin gebetan suka, sahabat kamu sendiri juga pasti ilfeel ngedengerin kamu ngejatuhin orang lain. Take it easy, sometimes someone is better than us, some maybe worse than us, but life is not a competition. Kamu cukup lakukan yang terbaik, dan biarkan orang menilai sendiri.

2. Negativity

Sudah tinggal puluhan tahun di Jakarta tapi tiap pagi siang sore masih ngeluh Jakarta macet? Cape deh...... Nggak usah dijelasin panjang lebar, kamu tinggal nanya ke orang terdekat kamu apakah kamu sering ngeluh, karena kamu pasti nggak sadar kalau lagi ngeluh, RulaWoman. If they said yes, kamu perlu banyak piknik nih supaya nggak ngeluh terus! Or at least, kamu bisa mulai lebih aware dengan hal-hal baik yang ada di sekitar kamu. Kamu juga bisa download aplikasi Bliss, yang bisa melatih kamu mengurangi negativitas dalam diri kamu, dan bikin kamu jadi orang yang lebih bersyukur.

3. Insecurity

Photo Credit: blog.psychcentral.com

Kalau kamu nonton film Nerve yang diperankan oleh Emma Roberts, kamu bisa lihat bagaimana insecurity itu berbahaya untuk kehidupan kamu. Insecurity bikin kamu berani ngelakuin apapun demi diterima ngelakukan apapun supaya dapet pengakuan dan diterima oleh orang lain, which will do no good for you.

4. Ignorant

Photo Credit: Mean Girls

Ignorant adalah ketidakpedulian atau ketidaktahuan orang terhadap hal-hal yang terjadi di sekitar. Ignorant-ness bisa bikin kamu memilih keputusan buruk dalam hidup kamu, atau simply bikin kamu ngetwit sesuatu yang mestinya nggak kamu ungkapkan karena merugikan banyak pihak -di jaman serba viral seperti sekarang, you better choose your words wisely.

5. Foul mouth

Photo Credit: New York Daily News

Masih ingat dengan Younglex -rapper yang terkenal lewat social media, memaki-maki dan melontarkan kata-kata kasar saat sedang menggelar konser? Gara-gara kejadian itu, makin banyak pihak yang makin nggak respect sama dia, meski mungkin sebenarnya dia pihak yang baik dan menguntungkan kalau diajak kerja sama. Hal yang sama akan terjadi jika kamu sering berkata kasar, apalagi sampai menyakiti hati orang lain.

6. Yes Girl

Nggak berani ngomong "nggak", cuma bikin kamu rugi lho RulaWoman. Kamu jadi sulit untuk konsisten, stick to values you believe in, karena dengan persisten serta konsisten, waktu kamu nggak terbuang percuma untuk aktivitas-aktivitas yang nggak perlu kamu lakukan jika kamu berani menolaknya.

7. Cocky

Photo Credit: The Devil Wears Prada

Sombong dan menggemborkan sesuatu, serta menganggap diri kamu lebih hebat, won't take you anywhere. Yang ada, orang malah males bekerja sama dengan kamu.

BACA JUGA


Kamu Berhak Untuk Bahagia, RulaWoman! Berikut 5 Langkah Sederhana Untuk Move Up

Kamu Berhak Untuk Bahagia, RulaWoman! Berikut 5 Langkah Sederhana Untuk Move Up

Bukan kamu yang dikendalikan oleh perasaanmu. Tapi kamu yang harus bisa mengendalikan apa yang kamu rasakan agar tak berdampak negatif di ...

Read more..

Kalau kamu ngerasa kamu punya salah satu perilaku di atas, kamu bisa belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik kok, RulaWoman. Meski sulit untuk bisa menjadi orang yang lebih baik hanya dalam satu malam, kamu bisa lebih fokus untuk menunjukkan potensi positif yang ada di dalam diri kamu, dan pastinya membuat inner beauty dalam diri kamu lebih terpancar.

"Once beautiful, always beautiful. And once you have inner beauty, that is one thing that will never change. Instead of worrying about the wrinkles on your face or the cellulite on our thighs, think about how you can be kinder and gentler. Think about how you can leave your mark on this world in a positive way. Because that’s what REALLY matters." -Carol Morgan




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inner Beauty: Fakta Atau Mitos? Berikut Adalah 7 Kebiasaan yang Bisa Bikin Inner Beauty Kamu Gagal Terpancar, RulaWoman!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ina Massijaya | @inamassijaya

Currently pursuing a master degree in Economics and a career as a writer in any time soon.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar