214
Keram ketika menstruasi tentunya sangat mengganggu untuk keseharian kita. Yuk, cari tahu cara mencegah dan mengobatinya!

Selain menjadi moody dan kelelahan, menstruasi mendatangkan satu hal lagi yang membuat kamu tidak nyaman yaitu, keram perut atau Dysmenorrhea. Keram ini terasa sangat sakit dan mengganggu sehingga tidak jarang perempuan yang mengalaminya tidak bisa menjalani hari-harinya dengan baik.

Sebenarnya apa penyebab keram ketika menstruasi ini? Sakit ketika menstruasi terjadi ketika kontraksi hebat yang dilakukan uterus ketika meluruhkan dinding yang menebal. Ketika kontraksi ini terjadi, bisa terjadi penekanan terhadap pembuluh darah dan menghambat asupan oksigen untuk jaringan saraf di uterus. Ketika inilah rasa sakit itu terjadi. Lalu apa yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi rasa sakit ini?

Hindari Makanan-Makanan Ini!

credit: pexels

Dijamin, kalau kamu banyak mengonsumsi makanan-makanan ini, keram menstruasimu akan tambah parah! Hindari, ya!

  • Berlemak dan Berminyak
  • Daging
  • Terlalu Asin
  • Gula berlebih
  • Alkohol dan Kafein


Konsumsi Makanan-Makanan Ini!

credit: pexels

Sebaliknya, dengan mengonsumsi makanan-makanan ini, keram dan kembung akibat menstruasi akan berkurang.

  • Lemak nabati
  • Sayur-sayuran Hijau
  • Sayuran kuning yang kayak vitamin A
  • Makanan berempah
  • Kayu Manis
  • Jahe
  • Ayam dan Ikan
  • Walnut, almond, dan Pumpkin Seed
  • Nasi Merah


Olahraga

credit: pexels

Olahraga wajib hukumnya kamu lakukan dengan teratur! Tidak hanya membuat sehat, olahraga secara teratur akhirnya akan membantumu untuk mencegah dan meringankan nyeri akibat menstruasi. Sebaiknya kamu berolahraga 3-5 hari seminggu sebelum menstruasi untuk meningkatkan denyut jantung, memperlancar peredaran darah, dan meningkatkan hormon endorfin. Dengan olahraga maka peredaran darah ke sekitar uterus pun akan menjadi lancar sehingga mencegah sakit. Endorfin juga berfungsi sebagai painkiller natural dan meningkatkan moodmu, apalagi dekat-dekat menstruasi akan muncul PMS.

Ketika kamu sedang menstruasi, olahraga juga bisa mengurasi rasa sakit. Tapi perlu diingat, lebih baik melakukan olahraga-olahraga yang ringan saja. Kayaknya nggak mungkin deh, olahraga berat ketika tubuhmu rasanya sakit dan lemas. Beberapa pakar malah mengatakan kalau olahraga terlalu berat ketika menstruasi malah bisa menyebabkan keram tambah parah. Nah, mungkin kamu bisa mencoba olahraga ringan seperti yoga.


Panaskan!

credit: The Nature's Pharmacy

Ketika keram sudah menyerang, kamu bisa buat perut bagian bawahmu lebih hangat. Panas akan membuka pembuluh darah yang nantinya akan memperlancar peredaran darah, sehingga mengurangi rasa sakit. Kamu bisa membuat kompres panasmu sendiri dengan kain atau handuk. Di toko-toko juga sudah banyak di jual heat pack yang nantinya bisa kamu hangatkan sendiri. Pakai botol air yang isinya air panas juga bisa. Letakan kompres ini di bagian perut atau pinggang bawahmu.

Kamu juga bisa berendam air panas atau yang lebih bagus lagi menggunakan balsem super panas atau koyo. Intinya adalah buat bagian yang sakit terasa panas untuk memperlancar peredaran darahmu.

Obat-obatan dengan Ibuprofen atau Naproxen

credit: puppetwithapistol

Kalau sudah tidak tahan dan parah, boleh kok minum obat-obatan. Ibuprofen terbukti paling manjur untuk mengatasi sakit ketika menstruasi. Obat seperti aspirin juga bisa meredakan keram. Kalau kamu masih merasakan sakit, kamu bisa minum naproxen. Obat-obatan ini memang dijual dengan bebas, tetapi kamu tetap harus memperhatikan dosisnya dan hindari kalau kamu pernah mengalami alergi obat-obatan itu.

Untuk kamu yang ingin mencoba obat-obatan herbal. kamu bisa mengkonsumsi Evening Primrose Oil yang juga dijual bebas di apotik di mall. Nggak hanya membantu menghilangkan rasa sakit dan kram perut, Evening Primrose Oil ini juga akan memperlancar mentruasi kamu, sehingga kamu nggak akan berlama-lama terganggu karena haid.

Akupunktur

credit: Generative Medicine

Ternyata akupunktur juga bisa meredakan sakit! Beberapa titik akupunktur bisa memperlancar peredaran darah di perut bagian bawah serta mengendurkan sistem saraf yang nantinya bisa menenangkan kontraksi yang terjadi ketika peluruhan dinding rahim. Tidak hanya itu menyembuhkan rasa sakit, akupunktur terbukti bisa meningkatkan kesehatan pencernaan, kualitas tidur, dan mood.


Jika Sakit Berlanjut dan Parah, Hubungi Dokter

credit: Edocenter

Kalau kamu terus merasakan rasa sakit yang parah sekali hingga terjadi demam, keram yang berlanjut setelah menstruasi, pingsan karena rasa sakit yang tak tertahankah, dan gejala-gejala yang tidak biasa lainnya, lebih baik kamu periksakan diri ke dokter. Ada kemungkinan yang kamu rasakan bukan keram menstruasi biasa, tapi bisa saja merupakan akibat dari penyakit yang lebih serius seperti endometriosis atau fibroids (tumor di rahim). Kalau kamu merasakan sakit karena menstruasi secara ekstrem, langsung periksakan ke dokter.


Tentu saja, rasa sakit dan penanganan tiap orang berbeda. Lakukan hal-hal ini untuk meredakannya apabila kamu merasa rasa sakit ini terlalu mengganggu hari-harimu. Jika sakitnya parah dan terus berlanjut, periksakan ke dokter untuk memastikan ini bukanlah pertanda dari penyakit yang lebih serius. Atur pola makanmu dan tetaplah berolahraga untuk mencegah keram pada menstruasi. Stay healthy, RulaWoman!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jangan Biarkan Keram karena Menstruasi Mengganggu Hari-Harimu! Ini loh, Cara Mencegah dan Mengatasi Nyeri Akibat Datang Bulan.". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Khansa Nadhifa | @khansanadhifa

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar