1.5K
Drama Korea selalu mampu menyita hati. Bahkan untuk mereka yang katanya benci dan nggak terbiasa akhirnya malah addict dan mampu marathon sendiri. Apa sih rahasia di balik drama Korea ini yang mampu membuat kamu gagal move on?

Mulai dari Descendant of the Sun sampai Goblin, Scarlet Heart Ryeo sampai Strong Woman Do Bong Soon, bahkan kamu sampai bela-belain nyari Coffee Prince lagi demi kembali bisa melihat Gong Yoo di layar kacamu, kamu lakukan semua. Bahkan kamu dengan senang hari menghabiskan weekend kamu untuk marathon drama Korea, dan sama sekali nggak ngegubris ajakan nonton sahabat-sahabatmu atau traktiran akhie pekan yang biasanya menjadi rutinitasmu.

Apa sih sebenarnya yang membuat kamu gagal move on dari drama-drama Korea ini? Inilah 9 sebabnya, RulaWoman.

1. Tokoh utamanya adalah laki-laki yang tipe kamu banget.

Atau tokoh perempuannya membuat kamu berharap kamu adalah dia. Mulai dari figur sang Kapten Yoo yang cool dan siap melindungi kamu walau sedang mengemban tugas negara, sampai sikap misterius Goblin yang sering terlihat tanpa ekspresi namun ternyata penuh cinta, hati kamu mudah sekali meleleh dengan sifat-sifat karakter yang disodorkan.

Ganteng, tajir melintir, berwibawa, dan memiliki kemampuan berantem tingkat tinggi, serta kemampuan tingkat dewa yang hanya digunakannya untuk melindungi kamu, kamu pasti langsung terpesona meleleh, RulaWoman.

2. Alur ceritanya membuat kamu ikut terbawa perasaan dan mulai mengkhayal.

Awal ide ceritanya pasti sederhana. Namun penulis cerita dengan manis mampu membawa kamu untuk terlibat langsung dalam alur cerita. Emosi kamu ikut dipermainkan di sini tanpa sadar, dan tiba-tiba, episodenya berakhir, dramanya harus bersambung ke hari berikutnya atau minggu berikutnya.

Kamu ditinggal sendirian dengan rasa penasaran. Disini kesabaran kamu diuji, dan tanpa sadar kamu kangen dengan drama itu. Daya imajinasimupun mulai terpancing, dan selama menunggu, kamu malah jadi kreatif dan produktif berkat drama Korea itu. Hal ini membuat kamu ingin menyelesaikan semua tugasmu agar pada saat drama Korea itu berlanjut, kamu nggak terganggu oleh gangguan tugas dari kantor.

3. Tokok antagonis yang ada dalam drama ini tidak tertebak

Tentunya akan ada tokoh-tokoh penjahat atau antagonis untuk membuat drama Korea ini lebih hidup. Namun tidak seperti kebanyakan sinetron, tokok antagonis yang diperankan sering tidak terduga dan sering membuatmu terpancing oleh kejutan-kejutan cerita. Hal ini menunjukkan kepiawaian penulis cerita yang mampu memberikan elemen surprise sehingga memberikan adiksi padamu.

Kamu menjadi nggak bosan, dan hanya menunjukkan kalau penulis ceritanya mahir banget menceritakan isi kepala dan hatinya.

4. Ceritanya tidak bertele-tele, berbelit dan cengeng.

Walau berseri, namun adegan demi adegan yang ditunjukkan tidak membuat kamu kesal dan berpendapat aduh kok bertele-tele amat ya. Dialog tidak sengaja dipanjang-panjangkan atau satu frame juga nggak dengan sengaja diperlama. Adegan sedih yang adapun tidak membuat kamu berpikir kalau drama Korea ini cengeng. Malah sebaliknya, kamu juga ikut merasa sedih terbawa suasana.

5. Kamu bisa tertawa dan menangis dalam satu episode

Drama Korea nggak akan membuat kamu sedih berlama-lama, karena pasti ada saja adegan lucunya yang membuat kamu mampu tertawa terpingkal-pingkal, tersenyum, terharu bahkan menjadi sedih karena alur ceritanya yang dikemas manis dan mampu menggugah kamu begitu saja.

Seolah penulis membaca isi hatimu dan apa yang kamu inginkan langsung terlihat dari adegan film yang ditayangkan dihadapanmu. Dan tanpa sadarpun kamu jatuh cinta pada drama Korea dan tokoh-tokohnya.

6. Suguhan tempat-tempat baru yang panoramic dan indah.

Pengambilan gambar dari drama Korea juga bukan sekedarnya dan sembarangan. Selain pemandangan panoramic yang luar biasa indah, kamu jadi tahu adanya tempat-tempat indah yang tidak kamu bayangkan sebelumnya. Mendadak kamu ingin mengunjungi Fontaine de Tourny di Quebec, Canada yang menjadi tempat lokasi shooting Goblin, atau kamu ingin ke Zakynthos, Yunani yang menjadi tempat lokasi shootingnya Descendant of the Sun.

7. Pemilihan soundtrack lagunya pas dan sesuai

Nggak hanya masalah timingnya, namun penulis mampu memadukan cerita dengan lagu yang menjadi soundtracknya sehingga kamupun menjadi terbawa. Selain menyentuh dengan kata-kata cintanya yang romantis, lagu-lagu soundtracknya dibuat sedemikian rupa sehingga justru lagunya yang memang bercerita tentang drama yang tengah terjadi.

Sehingga, walau kamu tidak mengerti bahasanya, kamu ingat lagunya dan bisa banget membuat kamu menangis tanpa sebab, hanya karena kamu teringat akan adegan itu.

8. Kamu merasa terhubung dan ada pembelajaran yang baik tentang cinta yang kamu dapatkan dari sana

Setelah seluruh episode kamu selesai tonton, entah kenapa hati kamu merasa lega. Kamu menjadi bisa tersenyum dan kembali percaya, bahwa cinta itu ada untuk kamu dan cinta itu layak untuk ditunggu. Dalam hati kamupun mulai membatin, "One day I will meet my own Goblin, my own Captain."

Kamu menjadi lupa akan patah hatimu, dan kamupun kembali menyongsong hari dengan percaya kembali akan cinta.

9. Untuk sejenak, kamu mampu melupakan realita kehidupan kamu

RulaWoman, mungkin saat ini kamu tengah dihimpit kesulitan yang hanya kamu yang paham. Menonton drama Korea membuat kamu mampu untuk pause sejenak dari kehidupanmu, beristirahat, untuk kemudian kembali dengan energi baru. Entah kenapa kamu memiliki kekuatan extra, betapapun letihnya kamu kemarin. Dan kamupun mulai dan semakin percaya, bahwa semua akan baik-baik saja,

Nah RulaWoman, apa kamu punya pendapat tersendiri kenapa drama Korea selalu membuat kamu gagal move on? Yuk dishare.



photo credit: dramafever.com

video: youtube




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jangan Nonton Drama Korea. Inilah 9 Alasan Kenapa Kamu Akan Selalu Gagal Move On Dari Drama Korea". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fioney Sofyan | @fioneysofyan

I'm the Managing Editor at Rula.co.id., a marathoner in training, forex and IDX stock market trader, a writer, a dreamer and a mother of 2 Angels.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar