1.5K
Depression is like a war. You either win or die trying – anonymous

Depresi merupakan gangguan yang cukup serius dan semakin hari semakin meningkat penderitanya, baik depresi ringan maupun yang berat hingga menyebabkan bunuh diri, RulaWoman. Pengertian depresi sendiri secara singkat adalah gangguan suasana hati yang menyebabkan keseharian seseorang terganggu karenanya. Di Indonesia tingkat depresi masyarakatnya cukup tinggi, bahkan kasus bunuh diri terus meningkat. Rentang tahun 2010 hingga 2012 yang lalu, kasus bunuh diri di Indonesia meningkat dua kali lipatnya. Menurut data WHO –World Health Organization, atau organisasi kesehatan dunia, kurang lebih 300 (atau lebih) juta penduduk di dunia pun mengalami depresi dan ini merupakan masalah yang butuh penanganan serius.

Tahukah kamu, RulaWoman, bahwa depresi adalah sebuah gangguan yang sebenarnya tak terlihat gejalanya. Berbeda dengan gangguan tubuh lainnya yang mungkin bisa memberikan tanda-tanda cukup jelas pada fisik seseorang, Setiap orang –bahkan termasuk kamu, berisiko untuk mengalami depresi dari yang ringan hingga yang berat, RulaWoman. Tenang, berikut adalah fakta penting yang harus kamu ketahui tentang depresi, agar tidak terlambat menyadarinya!

1. Penderita depresi mudah tersulut emosinya

Orang-orang yang menderita depresi biasanya lebih mudah marah dan terpancing emosi oleh hal-hal kecil. Mereka selalu merasa bahwa setiap hal adalah pengganggu suasana hatinya, dan hal ini terjadi kepada lebih dari separuh penderita depresi di dunia, menurut studi penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 lalu.

2. Jumlah perempuan penderita depresi lebih banyak ketimbang laki-laki

Penderita depresi perempuan lebih banyak daripada yang laki-laki, tapi ketika mengalami depresi karena masalah yang cukup serius, lelaki lebih mudah terpancing dan memiliki keinginan untuk bunuh diri.

3. Laki-laki lebih mampu menutupi depresi dalam dirinya

Selain itu, laki-laki lebih mampu mengalihkan rasa depresinya. Biasanya mereka mengalihkannya kepada banyak hal mulai dari yang paling bermanfaat seperti olahraga, menonton televisi, hingga yang cukup negatif dampaknya seperti membuat dirinya lebih sibuk bekerja, mengonsumsi alkohol serta minum-minum. Barang kali juga, lelaki terlalu gengsi menunjukkan rasa depresi dalam dirinya, RulaWoman!

4. Depresi dapat disebabkan banyak hal, mulai dari menahan rasa sakit yang parah hingga rasa sedih akibat kehilangan orang yang dicintai

Penyebab depresi ini sendiri sebenarnya bermacam-macam. Seseorang yang menderita sakit keras juga berpotensi merasakan depresi, karena setiap hari menahan rasa sakit yang parah. Selain dari gangguan fisik, depresi juga bisa disebabkan oleh hal-hal yang menyerang mental. Misalnya, rasa sedih akibat kehilangan atau kepergian orang yang dicintai, bisa menimbulkan depresi ringan hingga cukup berat.

5. Meski begitu, depresi adalah sebuah efek yang lebih parah dari rasa sedih

Tapi depresi merupakan hal yang jauh lebih parah ketimbang rasa sedih itu sendiri, RulaWoman. Sebab, depresi bisa menyebabkan seseorang kehilangan minat untuk melakukan banyak hal dan menghambat kesehariannya, misalnya malas berinteraksi dengan orang dan dunia luar, malas untuk beraktivitas sebagaimana mestinya, tidak berminat pada lawan jenis, dan masih banyak lagi.

6. Depresi bisa mengakibatkan sakit fisik pada seseorang

Seorang yang mengalami depresi bisa merasakan sakit fisik berkali-kali lipat dibandingkan mereka yang bukan penderita depresi, RulaWoman. Sebab segala kecemasan dan ketakutan dalam diri seseorang bisa juga mengakibatkan fisiknya ikut menderita, lho.

7. Depresi mampu mengubah seseorang menjadi anti sosial

Selain itu, depresi bisa mengubahmu menjadi orang yang anti pada kehidupan sekitar. Kamu menjadi lebih egois dan lebih memikirkan diri sendiri. Di kesempatan lain, mungkin saja kamu berpikir takkan bisa lagi menyelesaikan masalah dalam hidupmu dan hal ini cukup berbahaya jika dibiarkan begitu saja, RulaWoman.

Photo Credit: www.pexels.com

8. Mengonsumsi obat antidepresan tidak baik bagi kesehatan tubuh dan tidak menjamin menyembuhkan depresi sepenuhnya!

Sebagian orang menyangka bahwa depresi dapat disembuhkan sepenuhnya oleh obat-obat antidepresan. Padahal obat-obatan adalah produk kimia, yang bukan tak mungkin bisa menyebabkan gangguan tertentu pada tubuh kita. Terlalu banyak mengonsumsi obat antidepresan juga tidak akan berdampak baik, lho.

9. Beberapa seleb mancanegara juga ditemukan bunuh diri karena mengalami depresi!

Beberapa di antara nama-nama itu adalah Robin Williams yang ditemukan meninggal pada 2014 silam. Selain itu ada juga sederetan seleb lain seperti Heath Ledger, yang memerankan Joker di The Dark Knight pada tahun 2008, Bernie Mac, Lee Thompson Young, hingga Andrew Koenig yang pernah juga memerankan tokoh Joker di film Batman: Dead End (2003). Rata-rata para seleb ini bunuh diri karena depresi, padahal sisi luar kehidupannya tampak baik-baik saja bahkan sedang menuai sukses dan pujian dari banyak orang. Inilah salah satu hal yang membuktikan bahwa tidak semua orang yang tampak baik-baik saja, benar-benar baik dari sisi dalamnya, RulaWoman.


Salah satu hal yang bisa kamu lakukan ketika merasa bahwa dirimu mengalami depresi adalah berani untuk menyampaikannya pada orang-orang terdekat, atau bahkan mendatangi ahli medis yang berwenang seperti psikiater. Kamu pun sebenarnya tidak perlu takut atau cemas untuk berkonsultasi pada ahli medis, selama kamu merasa membutuhkannya, RulaWoman!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jangan Pernah Mengabaikan Depresi, Inilah 9 Fakta Penting yang Harus Kamu Tahu Tentang Depresi, Sebelum Terlambat". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar