2.4K
When it comes to mascara, kamu mungkin cuma fokus soal formula, formula, dan formula. Gampang smudge atau nggak, waterproof atau nggak, bikin iritasi atau nggak. Tahukah kamu, bahwa nggak hanya formulanya saja, tapi brush yang di bawa masing-masing mascara punya fungsi dan finishing yang berbeda lho!

Dari sederetan produk mascara di beauty store. Sudahkah bentuk mascara brush jadi pertimbangan kamu dalam memilih suatu mascara? Jangan hanya karena review beauty blogger kesayanganmu, kamu jadi ikut-ikutan membeli mascara baru kamu langsung penasaran tanpa mempertimbangkan kebutuhan bulu matamu.

Setiap mascara mempunyai bentuk yang berbeda-beda, dan memberi finishing yang berbeda-beda. Dan pastinya, brush yang beda-beda akan memberi efek yang berbeda sesuai dengan bulu mata yang kamu punya. Scroll down to find a perfect match for your lashes, RulaWoman!


1. Supaya bulu mata terlihat lebih lebat, go for this classic fiber wand!

Source: today.com

Kalau bulu matamu panjang namun terlihat tipis dan agak jarang, classic fiber wand suits you best. Bulunya menggapai semua bulu matamu dan mengaplikasikan formula mascaranya tepat ke bulu mata, dari pangkal hingga ujung bulu mata dan membuatnya terlihat lebih lebat, and gives you rockstar vibes!

2. Bulu mata kamu pendek? Grab this plastic or rubber wand mascara!

Source: instyle.com

Kamu sudah rajin mengoleskan segala macam cream DIY ala tutorial youtube yang bikin bulu mata panjang tapi bulu matamu tetap pendek dan tipis? Worry not, RulaWoman! Kamu tinggal mengaplikasikan mascara dengan brush berbahan plastic atau rubber/karet karena dengan brush bahan ini, bisa precisely separating your lashes, dan melapisi bulu mata kamu dengan formula mascara secara sempurna sehingga bulu matamu terlihat lebih lebat dan panjang.

3. Kamu memakai kacamata? S-Shaped wand is what made for you.

Source: today.com

S-Shaped brush memberi intensitas lebih ke bulu mata, sehingga bulu matamu terlihat extra volumized. Buat kamu yang penggemar doll eyes atau bulu mata badai ala Syahrini, mascara dengan bentuk brush seperti ini wajib ada di kotak makeup kamu. Bentuk mascara wand seperti ini juga adalah bentuk mascara brush terbaik untuk kamu yang memakai kacamata, sehingga kecantikan matamu nggak "tertutup" kacamatamu. Nggak hanya itu saja, dengan bentuk S ini, mascara ini juga clumpy-free, alias bulu mata kamu nggak akan terlihat seperti jaring laba-laba meski kamu mengulasnya berkali-kali.

4. Ingin bulu mata lebih lentik tapi eyelashes curler nggak cukup? Try curved wand!

Jika Bambi-eye look adalah favorit kamu, bentuk mascara wand seperti ini adalah yang kamu butuhkan. Dengan bentuk yang agak bengkok di ujungnya ini mengaplikasikan lebih banyak mascara tepat pada bulu mata yang berada di bagian tengah mata, sehingga membentuk bulu matamu terlhat lebih lentik, yang jadi main feature makeup ala tahun 60an.

5. Punya bentuk mata yang mirip Taylor Swift atau deep set like Miranda Kerr? Conical wand is what you want.

Sebenarnya, bentuk mascara wand ini cocok untuk semua bentuk mata dan bulu mata, karena bentuk mascara wand ini mengulas bulu mata dengan cantik dari bagian inner hingga outer corner mata, serta bottom lashes. Namun, mascara wand seperti ini paling dibutuhkan untuk kamu yang bermata kecil, atau deep set eyes ala Miranda Kerr sehingga matamu terlihat lebih popped out dan flattering.

6. Buat kamu yang punya bulu mata super lebat? Try spiky ball-tipped or micro wand.

Kalau kamu punya bulu mata yang super lebat dan setiap mengulaskan mascara kamu selalu berhasil bikin beberapa bulu mata "nyatu" alias clumpy, maka bentuk mascara wand inilah yang kamu perlukan, RulaWoman. Coba spiky ball yang ahli bikin bulu mata kamu "terpisah-pisah" dan bold, sedangkan micro wand tepat untuk kamu yang berbulu mata lebat dan ingin tampilan mata minimalis.

7. Goes with everything wand: Triangular wand

Source: today.com

Ujungnya yang super kecil dan tipis memungkinkan untuk mengulas mascara ke bulu mata yang berada di inner corner matamu yang biasanya sulit untuk diraih oleh mascara wand yang lain. Sedangkan bagian yang berbentuk mirip kipas mengulas mascara dengan cantik dan makin tebal ke arah outer corner, perfect for cat eyes looks!


Nah, sekarang kamu sudah tahu persis kan mascara apa yang tepat buatmu? Happy mascara hunting, RulaWoman!

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jangan Salah Pilih! Pilih Brush Maskara Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Bulu Matamu Demi Bulu Mata Cantik Nan Lentik". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ina Massijaya | @inamassijaya

Currently pursuing a master degree in Economics and a career as a writer in any time soon.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar