908
Kendalikan emosi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kamu ingini.

Gunung berapi yang berada di Bali akhirnya meletus dengan mengeluarkan asap tebal dan abu vulkanik setelah berbulan-bulan dalam status siaga. Kondisi Gunung Agung saat ini mirip dengan keadaan orang yang sedang marah. Saat masih siaga, ia tengah memendam amarah. Lama-lama, saat sudah mencapai batasnya, emosi pun meletus tak terduga. Nah, untuk mencegah agar emosimu tidak meletus seperti Gunung Agung, coba lakukan 6 cara sederhana ini deh.

1. Tarik napas dalam-dalam

photo source: kampungbaca.com

Saat emosimu sudah sampai di ubun-ubun dan hendak menyeruak ke luar, ada baiknya kamu menarik napas dalam-dalam. Fokuskan pikiranmu pada menarik napas melalui lubang hidung dan membuangnya melalui mulut. Lakukan cara ini berulang kali hingga amarahmu meredam. Jika perlu, kamu bisa sambil memejamkan matamu agar perasaan jadi lebih tenang.

2. Pejamkan mata dan dendangkan lagu kesukaanmu

photo source: soloradio.fm

Setelah menarik napas dalam-dalam dan memejamkan matamu, cara terbaik lainnya untuk menghilangkan emosimu adalah melantunkan lagu kesukaanmu. Memikirkan lagu kesukaanmu dan menyanyikannya akan menenangkan hati yang sedang emosi. Kamu juga bisa menggunakan earphone dan mendengarkan lagu dari smartphonemu agar suara-suara bising di sekitarmu tidak mengganggu konsentrasimu saat meredakan amarah.

3. Berteriaklah di bawah bantal atau di ruang bebas lainnya

photo source: david-pranata.com

Kadang dengan berteriak beban dalam hati seseorang bisa luluh. Tapi, jangan berteriak di depan orang ya, apalagi orang yang kamu sebel. Masalah akan tambah gawat jika kamu berteriak di depan orang itu. Lebih baik, kamu pergi ke kamar dan berteriak di bawah bantal. Jika kamu sedang berada di kantor atau kampus, kamu bisa pergi ke ruang terbuka yang jarang dilalui orang dan berteriaklah sekencang mungkin.

4. Minum segelas air mineral

photo source: hellosehat.com

Bagi beberapa orang, minum segelas air mineral bisa menenagkan jiwa yang sedang bergejolak karena emosi. Minum sambil mengatur napas akan membantumu juga dalam mengontrol emosi.

5. Makan coklat

photo source: kanalsatu.com

Cara ini sering dilakukan, terutama saat mood sedang sangat buruk. Kandungan dopamine yang terdapat di dalam coklat dapat membantu memperbaiki mood saat sedang bete atau emosi. Rasa manis dari sebatang coklat juga dapat memperbaiki moodmu yang kacau.

6. Berolahraga

photo source: sproutliving.com

Cara lain agar emosimu tidak meletus dan membuat sakit hati orang lain, kamu bisa mengalihkannya dengan berolahraga. Saat berolahraga, fokuskan pikiranmu dan atur napasmu ya, RulaWoman. Selain bisa membuatmu melupakan amarah, kamu jadi lebih sehat deh.

BACA JUGA


Marah sama Orang Ketiga? Nggak Perlu! Ini yang Sebaiknya Kamu Lakukan, RulaWoman

Marah sama Orang Ketiga? Nggak Perlu! Ini yang Sebaiknya Kamu Lakukan, RulaWoman

Tidak selamanya kesalahan itu bersumber dari pihak luar. Coba pandang ke dalam, dan pahami filosofi menunjuk orang lain. Satu telunjuk ...

Read more..

Semoga bermanfaat untukmu meredakan amarah, RulaWoman!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jangan Sampai Emosi Mudah Meletus, RulaWoman! Lakukan 6 Cara Sederhana Ini untuk Meredakan Amarahmu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Veronica Gabriella | @veronicagabriella

I was born to be a writer. - Writing is my soul. - I hope you enjoy my writes!

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar