19.2K
Cinta bertahan lama, kagum hanya sesaat.
photo credit:SheKnows

Perasaan itu beragam, demikian juga dengan perasaan suka, kadar dan tingkatannya beragam. Mulai dari tertarik, suka, kagum, hingga cinta. Meski semua berorientasi positif, salah mengartikannya bisa jadi masalah tersendiri di kemudian hari loh, RulaWoman.

Berikut 5 perbedaan antara jatuh cinta dan kagum yang perlu kamu ketahui.

1. Menerima kelebihan itu perkara mudah, tapi bagaimana kamu dengan kekurangan pasangan?

Kekaguman berarti kamu hanya melihat kelebihan yang dimiliki dan akan memudar dengan sendirinya ketika kamu tahu apa yang kamu kagumi ternyata punya sisi “lain” alias kekurangan.

Tak ada manusia yang sempurna.

Jika kamu benar-benar jatuh cinta, kamu akan bersedia menerima kekurangan pasangan karena kamu sadar tak ada manusia yang sempurna. Kamu pun akan “membiasakan” diri dengan kebiasaan buruk pasanganmu, serta berusaha mentolerir tabiatnya yang sebenarnya tak kamu suka.

2. Cinta berarti memberi, bukan hanya berpikir tentang untung rugi

photo credit:I love relationship
Kalau kamu mulai berpikir tentang untung rugi, berarti ada yang perlu dikoreksi.

Saat kamu mencintai pasanganmu, maka kamu akan bersedia memberi, bukan hanya meminta, apalagi menghitung untung rugi. Ketika dia terpuruk, kamu akan bersedia membantunya dan jadi motivator terbaiknya, tanpa berpikir apakah yang kamu lakukan menguntungkan buatmu atau sebaliknya.

3. Rasa kagum akan membuat kamu terobsesi

photo credit:Relationships

Kata orang cinta tak harus memiliki, karena kebahagiannya adalah hal penting buatmu.

Kekaguman akan membuat RulaWoman terobsesi menjadi dirinya atau menjadikan dia milik mau. Kamu akan mencari tahu apa yang menjadi kesukaannya, hobi, dan segala sesuatu yang berhubungan tentangnya. Bagimu kebahagiaan pribadi adalah yang terpenting.

4. Kekaguman akan membuat kamu ingin menjadi sepertinya, sedangkan cinta memampukan kamu menerimanya apa adanya

Karena kelebihan yang dia miliki, membuat kamu ingin menjadikannya role model. Tak heran kamu pun ingin menjadi sepertinya. Meniru dan melakukan duplikasi pada apa yang dia miliki, berbeda dengan cinta yang bisa menerima bahwa kamu dan dia adalah pribadi yang berbeda. Kamu tak harus menjadi dia dan sebaliknya.

5. Rasa kagum itu sementara, sedangkan cinta akan bertahan lama

photo credit:getamanattractedtoyou

Kekaguman bersifat sementara dan akan mudah luntur ketika kamu menemui ada hal yang tak kamu suka pada dirinya. Berbeda dengan cinta yang akan membuat kamu mampu menerima dia apa adanya, sepaket dengan kekurangan yang dia miliki.

Pada dasarnya kekaguman adalah awal dari proses jatuh cinta. Rasa kagum yang dipupuk dan dipelihara dapat berubah menjadi cinta, yang membuat kamu mampu menerima dan “memaklumi” apa yang ada pada diri pasanganmu.

Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat ya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jatuh Cinta atau Sekedar Kagum? Kenali Perasaan Kamu Lewat 5 Tanda Berikut Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar