370
Kutu baru adalah salah satu busana khas jawa yang sangat sederhana namun elegan, tergantung cara memakainya.

RulaWoman pasti tahu dong kalau beberapa hari yang lalu keluarga Bapak Presiden sedang ada hajatan besar. Yup benar sekali, kalau kata orang Jawa, ngunduh mantu atau acara pernikahan. Kalau RulaWoman mengikuti beritanya, pasti tahu dong seragam kutu baru yang dipakai oleh anggota keluarga. Kutu baru berbeda dengan kebaya brokat yang selama ini dikenal, bahan kutu baru adalah kain polos atau bermotif dengan hiasan minimalis dan potongan baju hampir mirip baju kurung. Biasanya sih sering dipakai oleh ibu-ibu. Eh tapi kutu baru bisa loh kalian pakai juga dan tetap jadi trendy. Gimana ya caranya? Yuk cek di bawah ini.

1. Kain Lilit

photo credit: pinterest

RulaWoman pasti tahu dong atau pernah dengar kan tentang kain lilit? Yup model lilit adalah salah satu cara untuk memakai kain bawahan dengan cara melilitkan hingga membentuk layer. Model lilit cocok dipadukan dengan atasan kutu baru dan akan memberikan kesan modern namun tetap menjaga kesederhanaan kutu baru. Kain yang digunakan bisa batik atau songket, tergantung selera kamu.

2. Batik Wiru

photo credit: pinterest

Nah kalau model wiru ini mungkin RulaWoman jarang menjumpai karena merupakan model bawahan klasik orang Jawa. Model wiru memiliki ciri khas terdapat tumpukan kain pada bagian depan bawahan sehingga ketika melangkah, tumpukan kain tersebut akan mekar. Sangat elegan. Umumnya model wiru dipadukan dengan kain batik.

3. Bros

photo credit: pinterest

Nah untuk menambah kesan mewah dan menghindari tampilan yang boring, kamu bisa menyematkan bros pada bagian tengah dada kutu baru. Bros yang digunakan salah satunya bros tumpuk 3 seperti yang biasa kamu temui dalam busana pernikahan mempelai perempuan adat Jawa. Atau bila kamu tidak mau terlalu meriah, bisa juga dengan bros tunggal yang kamu sematkan di tempat yang sama.

4. Selendang

photo credit: pinterest

Penambahan selendang cocok juga untuk kutu baru, terutama kutu baru yang bermotif. Penggunaan selendang cukup disematkan saja seperti memakai selendang pada umumnya. Untuk model kutu baru, selendang akan tampak elegan bila disematkan pada bagian kiri atau kanan dada dan menyilang pada bagian pinggul. Hal tersebut membuat tampilan kamu elegan.

BACA JUGA


Para Selebriti yang Hadir di Pernikahan Kahiyang dan Bobby. Gaya Fashion Siapa yang Paling Kamu Suka, RulaWoman?

Para Selebriti yang Hadir di Pernikahan Kahiyang dan Bobby. Gaya Fashion Siapa yang Paling Kamu Suka, RulaWoman?

Selain busana Kahiyang Ayu, sang mempelai perempuan, yang mempesona, tampilan selebriti yang kondangan ke pernikahannya juga menarik untuk ...

Read more..

Nah itu dia beberapa padu padan kutu baru agar tampilan kondangan kamu sederhana tapi tidak boring. Selamat mencoba.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "#JokowiMantu: Busana Kutu Baru Jadi Pilihan Seragam Keluarga, Ini Loh Padu Padan Kutu Baru yang Bisa Kamu Gunakan Juga!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


qurrotu ainiputri | @ainiputri

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar