151
Bosan dengan olahraga yang itu-itu aja? Yuk ganti olahragamu dengan tarian ini!

Penggemar acara televisi Amerika pasti sudah nggak asing dengan “Dancing with the Stars.” Yup, acara yang pertama kali ditayangkan di stasiun TV ABC pada 1 Juni 2005 ini merupakan ajang kompetensi menari bagi para selebriti yang dipasangkan dengan para penari profesional. Hingga kini, “Dancing with the Stars” sudah mencapai musim yang ke-25 dan baru berakhir pada 21 November 2017 yang lalu dengan Jordan Fisher dan Lindsay Arnold sebagai pemenangnya. Jenis tarian yang dimainkan oleh para peserta juga bermacam-macam. Beberapa jenis tarian itu ternyata juga ampuh untuk membakar kalori loh, RulaWoman? Ingin tahu tarian apa saja yang bisa membakar kalori banyak? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Salsa

photo source: wagjagcom

Tarian jenis ini dilakukan dengan cara berpasang-pasangan. Berasal dari Kuba, tari salsa ini termasuk dalam jenis olahraga kardio karena gerakannya yang begitu cepat. Pola tarian salsa biasanya menggunakan tiga langkah pada setiap empat ketikan. Satu ketukan yang dilewati ditandai dengan sentakan kaki atau tendangan. Tarian ini diiringi oleh irama perkusi yang rumit dan cepat, yakni sekitar 180 ketukan per menit. Karena gerakannya yang cepat, tari salsa ini dapat membuang 10 kalori per menit. Semkain cepat gerakanmu, tentu saja semakin banyak kalori dan lemak yang kamu bakar lewat tarian ini. Selain itu, pinggangmu akan lebih mengecil dan betismu lebih kencang berkat pola gerakannya yang terpusat pada pinggang dan kaki.

2. Jazz

photo source: verendawandak.blogspot.com

Tidak hanya lagu, tarian pun juga ada yang menggunakan aliran jazz. Seperti aliran music jazz, tariannya pun juga lebih lambat jika dibandingkan dengan tari salsa. Walaupun gerakannya lebih lambat, tapi jangan meremehkan tarian jazz loh RulaWoman! Karena tarian ini mampu membakar kalori hingga 355 per jam. Gerakan-gerakan dasarnya seperti melompat, memutar, dan menendang tersebut dapat memperkuat otot kaki dan memperindah bentuk tubuh bagian atasmu seperti perut, payudara, dan tangan. Tubuhmu juga bisa lebih luntur dengan berlatih tarian jazz.

3. Zumba

photo source: besmart.kz

Jenis tarian ini yang paling populer di kalangan perempuan Indonesia nih. Sebab, tari zumba ini sangat sederhana serta bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bisa dilakukan bersama saat mengikuti kelas khusus zumba atau di tempat fitness, bisa juga dilakukan sendiri dengan bermodalkan laptop serta speaker. Pertama kali diperkenalkan di Amerika, tari zumba ini memadukan aerobik, samba, salsa, mambo, dan hip-hop. Kamu bisa membakar 400-800 kalori dalam satu jam dengan tarian zumba ini. Selain itu, dengan tari zumba kamu juga dapat membentuk tubuh yang ideal karena gerakannya yang terpusat pada pinggul, bokong, dan kaki. Semakin kamu mahir, kamu bisa membakar hingga 1000 kalori per jam!

4. Belly dance

photo source: eventifinda.co.nz

Sesuai dengan namanya, belly dance ini memusatkan gerakan pada perut. Tujuan belly dance ini adalah untuk meningkatkan kekuatan, terutama pada otot-otot paha, pinggul, dada, dan perut. Kamu dapat membakar 250-300 kalori jika menarikan tarian ini selama setengah sampai satu jam setiap harinya. Hasil yang bisa kamu dapatkan dengan rutin melakukan belly dance ini adalah perut yang rata dan postur tubuh yang lebih seksi. Perut buncit? Bakal hilang deh! Kamu bisa lebih pede untuk pakai baju crop tee deh.

5. Jive dance

photo source: jusjaredjr.com

Tarian ini merupakan satu dari lima tarian latin. Dalam sebuah kompetisi, tarian jive biasa dimainkan dalam kecepatan 176 ketukan per menit. Sama seperti salsa, tari jive ini juga merupakan tarian yang harus dilakukan secara berpasangan. Bedanya, tarian jive lebih sederhana dan tidak terdapat gerakan kaki, sehingga dalam waktu setengah jam kamu akan melakukan gerakan berbalik dan berputar dengan banyak pasangan yang berbeda. Jenis tarian ini bisa membakar 300-350 kalorimu jika dilakukan secara tepat dan intensif.

6. Hip-hop

photo source: dancewithme.in

Tarian hip-hop yang dikembangkan oleh masyarakat Afro Amerika memiliki gerakan yang dinamis dan enerjik. Termasuk dalam jenis street dance, tari hip-hop memiliki gerakan-gerakan yang melibatkan seluruh tubuh. Oleh karena itu, kamu dapat membakar kalori cukup banyak dengan tarian ini. Dalam satu jam, kamu dapat menguras antara 370 hingga 610 kalori dengan tari hip-hop. Selain dapat menurunkan berat badan dengan cepat, tari hip-hop juga dapat membentuk dan mengencangkan bokong, paha, dan kaki.

BACA JUGA


Senang Berolahraga? Kamu Bisa Ambil Inspirasi Outfit Olahraga dari Selena Gomez yang Bersepeda Bareng Justin Bieber Ini!

Senang Berolahraga? Kamu Bisa Ambil Inspirasi Outfit Olahraga dari Selena Gomez yang Bersepeda Bareng Justin Bieber Ini!

Mari lupakan dulu drama putus nyambung pasangan Selena Gomez dan Justin Bieber. Outfit olahraga Selena boleh juga, loh, kamu adaptasi buat ...

Read more..

Sekarang, kamu bisa membakar kalori lebih banyak dengan cara yang menyenangkan deh. Ajak teman-temanmu juga untuk berlatih keenam tarian tersebut, RulaWoman.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jordan Fisher dan Lindsay Arnold Memenangkan 'Dance with the Stars' Season 25. Latih 6 Jenis Tarian Ini untuk Bakar Kalori dan Mendapatkan Tubuh Ideal". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Veronica Gabriella | @veronicagabriella

I was born to be a writer. - Writing is my soul. - I hope you enjoy my writes!

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar