5.4K
Rasa sedih yang timbul setelah putus bisa jadi bukan karena mantan, tapi karena rasa kesal dan sesal setelah menyadari kenapa kamu telah bersikap bodoh dan kamu tanpa sadar mulai menyalahkan diri kamu sendiri. Apa sih yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa mema'afkan diri kamu sendiri dahulu?

Fase move on yang sebenarnya bukanlah tentang kamu sudah melupakan dan mema'afkan mantan. Kalau kamu nggak belajar dari hubungan kamu yang sebelumnya, maka kamu nggak akan bahagia, dan bukan mustahil masalah yang timbul akan berulang lagi dengan pasangan kamu yang baru.

Sedikit banyak hubungan dengan seseorang yang kini telah menjadi mantan pastinya meninggalkan luka. Dan kamu harus sembuh terlebih dahulu dari luka ini sebelum kamu bisa move on dan bertemu dengan seseorang yang baru. Karena kalau tidak, kamu akan melakukan kesalahan yang sama, seolah ada pembelajaran yang belum selesai yang harus kamu lalui.

Nah agar kamu bisa mema'afkan diri sendiri dan bisa move on, inilah 7 hal yang bisa kamu lakukan, RulaWoman.

1. Tulis surat kepada mantan

Bukan untuk kamu kasih ya, RulaWoman. Jangan sekali-kali menulis surat pada mantan. Kamu sudah putus, dan nggak mau memperpanjang masalah. Menulis surat kepada mantan yang di maksud di sini adalah kamu berkesempatan untuk mencurahkan segala kata yang tidak sempat terucap, semua marah dan kesal yang masih tertinggal.

Gunanya adalah untuk mengeluarkan sampah hati yang tersisa, karena menulis adalah therapi juga. Ulanglah tulisan tersebut keesokan harinya sampai marahmu hilang dan tidak ada lagi kata-kata amarah atau negatif dalam tulisan kamu. Tapi, jangan menulis di gadget atau alat elektronik ya. Tulis tangan, RulaWoman. Karena apa yang kamu tulis dengan tanganmu pasti dari hati.

photo credit: deserthistory.com

2. Berdoa

Mengadu pada yang kuasa adalah cara yang paling murah dan mudah untuk kamu lakukan. Segala hal perih yang masih tersisa akan mereda dan kamu akan segera merasa semua baik-baik saja. Percayalah kalau semua ada waktunya, dan rencanaNyalah yang terindah.

Percaya saja kalau kamu baru saja dibebaskan olehNya dari hubungan yang nggak tepat dan seseorang yang lebih layak untukmu sedang menunggumu untuk menjadi jodohmu yang terakhir.

3. Menangislah

Kadang ada satu fase di mana kamu akan merasa kesulitan untuk menangis. Pancinglah dengan film drama yang kamu tahu ceritanya akan membuat kamu banjir air mata. Namun cari juga film drama yang akan membuat kamu percaya kembali akan cinta dan cinta itu ada untuk kamu. Bukan sebaliknya.

4. Potong rambut

Istilahnya, buang sial dengan memotong rambut. Antara mitos atau bukan, kamu akan merasa lebih baik, RulaWoman. Memotong rambut akan membuat kamu merasa lebih baik. Orang-orang disekelilingmu akan memuji kamu oleh karena penampilanmu yang baru. Dan kamu akan langsung merasa lebih baik, karena memang kamu terlihat lebih cantik.

Dengan kamu merasa lebih baik, otomatis ini adalah fase penyembuhan juga agar kamu percaya kalau kamu berharga. Nikmatilah masa-masa cantikmu dahulu dan nikmati segala pujian itu. Kamu nggak perlu melakukan ini untuk balas dendam agar mantan menyesal, tapi katakan pada diri kamu sendiri kalau kamu melakukan hal ini karena kamu menghargai diri kamu sendiri.

5. Lakukanlah metode-metode self healing

Kalau kamu percaya penyembuhan holistik, nggak ada salahnya untuk melakukan penyembuhan diri sendiri atau self-healing. Kamu bisa mengikuti kelas-kelas self-healing-nya Reza Gunawan, kelas meditasi Adjie Silarus, atau kelas-kelas lain yang sesuai dengan kamu dan kamu suka. Sesederhana mengikuti kelas yogapun adalah juga bentuk self healing yang baik, RulaWoman.

Kamu nggak pernah tahu ada luka batin apa yang ternyata ada dalam diri kamu, sampai kamu mencari pertolongan karena kamu tahu ada yang nggak nyaman di hati kamu. Kalau kamu merasa butuh pertolongan, pertolongan itu akan datang padamu.

photo credit: miraclesworldwide.com

6. Bersedekahlah

Sedekah ini nggak selalunya tentang uang, RulaWoman. Kamu bisa menyumbangkan waktu kamu ke acara-acara amal, atau kamu bisa mendonorkan darah kamu. Kalau kamu nggak punya uang, sumbangkanlah waktu, tenaga dan darah kamu. Dengan begini, kamu akan merasa lebih baik karena kamu berarti dan berharga untuk orang lain.

Ini akan membuat kamu lebih menghargai hidup kamu dan diri sendiri. Ada yang membutuhkan kamu, RulaWoman. Dan mendadak persoalan kamu dengan mantan kamu menjadi sangat kecil.

7. Bacalah buku-buku motivasi atau novel cinta

Dengan membaca buku, kamu akan menjadi semakin terinspirasi. Baik untuk pengetahuan umum, atau untuk cinta itu sendiri. Kamu jadi tahu apa yang kamu inginkan dari sebuah hubungan, apa yang tidak kamu inginkan dari sebuah hubungan, dan bagaimana kamu akan menyikapi diri kamu sendiri dalam situasi seperti ini.

Selain membaca buku, kamu juga boleh menggantinya dengan menonton film yang jelas akan menginspirasi kamu tentang hidup dan cinta, Apapun itu, lakukanlah RulaWoman. Karena kamu tahu, kamu berharga.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kadang Mantan Tidak Bisa Dimaafkan, Tapi Kamu Bisa Mema'afkan Diri Kamu Sendiri Dengan 7 Cara Ini, RulaWoman". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Maharani Adinata | @RaniAdinata

A genuine Scorpio with the love of music, books, chocolate cake and a cup of tea.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar