3.8K
Ada kalanya hal-hal yang terjadi padamu membuat kamu sedih, putus asa dan merasa kalau duniamu sedang terbalik. Ternyata ada hal-hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk membantumu kembali bersemangat dan menjadi diri kamu sendiri lagi.

Kamu nggak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dengan kamu esok, namun mungkin hari ini kamu sedang merasa 'down; atau apa yang disebut dengan 'dunia sedang terbalik.' Terlalu banyak hal yang negatif yang datang padamu belakangan ini, mulai dari kesibukan kantor atau kuliah, politik dan issue-issue sekitar yang sedikit banyak mempengaruhi orang rumah sehingga kamu terkena imbasnya, dan masalah lain apakah itu dengan pasangan atau teman.

Apapun itu, kamu merasa lelah. Tidak secara fisik, namun lebih kepada mental.

Apakah yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi situasi kamu yang tidak menyenangkan seperti ini RulaWoman?

Inilah 9 hal yang bisa kamu lakukan agar kamu bersemangat kembali dalam hidupnya.

1. Matikan handphone dan semua akses sosial media

Mood kamu belakangan ini akan sangat dipengaruhi oleh sosial media. Baik dari facebook, tweeter atau bahkan group whatsapp kantor, teman kuliah dan lain-lain.

Mood kamu yang tadinya biasa-biasa saja mulai terusik dan empati akibat berita yang kamu baca. Stop dulu ya RulaWoman, ijinkan diri kamu untuk beristirahat.

photo credit coffeemeetbagels.com

2. Hindari teman atau siapapun yang ingin curhat padamu

Mungkin terdengar egois, tapi percaya atau tidak kamu akan terbawa oleh energi curhatan teman kamu. Sementara kondisi kamu saat ini sedang tidak fit secara mental, yang terjadi adalah hanya akan memperburuk dan menumpuk kondisimu sehingga kamu tidak bisa berinstirahat yang cukup.

Lagipula dengan kondiri mental kamu yang sedang lelah, kemungkinan besar nasihat yang kamu bisa berikan malah tidak kondusif.

3. Kalau kamu introvert, kurunglah diri kamu dalam kamar, kalau kami extrovert, keluarlah bersama teman-temanmu

Introvert dan ekstrovert memiliki kepribadian dan daya juang yang berbeda. Seorang introvert akan mendapatkan energinya kembali pada saat ia sendirian. Jadi kamu bisa pergi ke spa, berendam dalam air hangat yang lama, mendengarkan musik sambil membaca buku, dan lain-lain.

Sementara seorang ekstrovert akan mendapatkan energinya kembali pada saat ia berada di keramaian atau bersama dengan teman-teman. Jadi hadirilah acara seminar atau hang outlah bersama teman-teman kamu yang kamu percaya, yang kamu tahu kamu bisa bergembira dengannya.

photo crdit:

4. Nonton

Baik nonton bioskop atau drama Korea, menontonlah RulaWoman. Pilih film yang super sedih atau yang bisa membangkitkan tangismu. Karena dengan demikian, rasa sedihmu dan beban pikiran serta mentalmu yang tertahan akan terbantu dikeluarkan oleh rasa sedih yang sebenarnya karena film yang kamu tonton.

Film sedih yang kamu tonton berperan sebagai katalisator atau jembatan penghubung antara emosi dan keletihanmu yang tertahan akibat stress mental. Jadi, jangan ragu untuk menangis karena film ya RulaWoman. Karena sesudahnya pasti kamu akan merasa lega.

5. Pergilah ke spa

Pijat seluruh badan dengan aromatherapi dari tempat-tempat relaksasi akan membantu kamu merasa dimanjakan, RulaWoman. Dan kamu malah bisa merasa surprise dan baru sadar kalau badan kamu ternyata sangat lelah dan punggung kamu tegang.

Relaksasi otot akan membuat pikiran kamu juga kembali menjadi relaks. Dan semoga saja sehabis ini kamu malah bisa tidur dengan nyenyak dan berpikir lebih jernih.

6. Makanlah coklat atau es krim

Es krim dan coklat mengandung zat yang bisa memicu hormon endorphin untuk keluar. Hormon endorphin adalah hormon yang bertanggungjawab atas rasa bahagia kamu, semata karena ada memory yang tertanam di benakmu mengenak coklat dan es krim.

Jadi agar perasaan hatimu membaik, makan coklat atau es krim ya RulaWoman.

photo credit: businessinsider

7. Olahraga

Olahraga adaah salah satu cara yang baik untuk mengeluarkan emosi kamu yang terpendam, RulaWoman. Hampir sama dengan coklat dan es krim, olahraga juga membantu kamu mengeluarkan hormon endorphin, dan tambahan hormon adrenalin yang memacu kerja jantungmu. mengeluarkan keringat, dan lain-lain.

Apalagi kalau kamu melakukan olahraga high impact seperti Muathai yang jelas bisa mencurahkan segala macam bentuk kekesalan dan emosi negatif kamu untuk keluar di ruang latihan sehingga kamu bisa kembali ke rumah dengan lebih bahagia.

8. Berdoa

Jangan berdoa di rumah. Pergilah ke tempat ibadah di mana kamu bisa duduk berjam-jam tanpa ada yang mengganggu. Kamu bisa pergi ke mesjid atau gereja, atau pura dan wihara, apapun sesuai dengan ajaran agama kamu. Nikmati suasana di sekitar tempat ibadahmu, dan perhatikan setiap detail kecil yang ada di sekitarnya.

Yang jelas kamu butuh waktu untuk bercakap-cakap baik dengan Tuhan maupun dengan diri sendiri kamu. Ungkapkan semua keluh kesahmu sampai hatimu lega, tanpa gangguan. Lagupula, pada saat kakimu sudah tidak sanggup untuk berdiri, maka kamu sedang dalam posisi yang sempurna untuk bersimpuh (berdoa).

Nah RulaWoman, semoga bermanfaat ya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kalau Kamu Merasa Hidup Kamu Sedang 'Terbalik' , Lakukan 8 Hal Ini RulaWoman, Agar Kamu Kembali Semangat Lagi". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fioney Sofyan | @fioneysofyan

I'm the Managing Editor at Rula.co.id., a marathoner in training, forex and IDX stock market trader, a writer, a dreamer and a mother of 2 Angels.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar