2.5K
‘Aku baik-baik saja’ adalah kalimat bohong yang paling sering diucapkan perempuan. Yay or nay, RulaWoman?

Sudah jadi rahasia umum bahwa perempuan seringkali memilih menutupi apa yang mereka rasakan. Ada berbagai alasan yang bisa menjadi motif para perempuan melakukan hal ini, salah satunya karena menginginkan agar pasangannya menjadi pribadi yang lebih peka dan bisa mengerti mereka. Tapi selain kata ‘terserah’ sebenarnya ada lho kalimat bohong yang tak kalah sering diucapkan perempuan dalam keseharian mereka.

Aku baik-baik saja, kok!

Yap! ‘Aku baik-baik saja’ termasuk kalimat bohong yang cukup sering diucapkan perempuan selain ‘terserah’ ketika akan diajak makan/jalan ke mana. Kalau menurutmu, apa sebenarnya alasan perempuan menjawab dengan kalimat bohong ketika ditanyai sesuatu, RulaWoman?

Mengapa berbohong?

Meski dengan alasan apa pun, berbohong tidak dapat dibenarkan serratus persen, tapi rata-rata perempuan pasti pernah melakukannya. Hayo, kamu juga demikian, RulaWoman? Hihi. Secara umum, inilah alasan-alasan mengapa perempuan berlindung di balik kalimat ‘aku baik-baik saja’!

1. Karena kalimat tersebut adalah cerminan dari apa yang mereka inginkan

Terkadang, perempuan mengucapkan sesuatu karena berharap itulah cerminan dari hal yang akan terjadi di antara kalian. Ia menginginkan semuanya jadi baik-baik saja, dan tentu tidak ingin ada masalah di antara kalian berdua. Kata lainnya, untuk menghindari konflik, RulaWoman!

2. Malas bertengkar atau memperdebatkan hal yang menurut mereka tidak terlalu penting

Selain itu, perempuan kadang malas untuk menjawab sesuatu lebih jauh karena tidak ingin jawaban mereka memicu pertengkaran di antara dia dan pasangannya. Mungkin saja menurut perempuan, hal yang sedang ditanyakan si dia bukan hal yang terlalu urgent untuk diceritakan, jadi mereka memilih berlindung di balik ‘aku baik-baik saja’ untuk sementara, sehingga nggak perlu menjawab lebih banyak. Sama-sama adem, deh!

Photo Credit: Her

3. Ingin terlihat mandiri di hadapan pasangan

Meski begitu, ada juga perempuan yang sebenarnya tidak siap menghadapi masalahnya sendirian, lho. Terus mengapa ketika ditanyai si dia, mereka malah menjawab bahwa mereka baik-baik saja ? Nah, salah satunya adalah untuk terlihat mandiri di hadapan pasangannya, RulaWoman. Bukankah menurut sebagian lelaki, perempuan pintar dan mandiri itu akan terlihat lebih seksi daripada perempuan-perempuan pada umumnya? :)

4. Tidak ingin merepotkan pasangan dengan masalah mereka

Dan, ada kalanya perempuan tidak ingin merepotkan pihak lelaki dengan masalah-masalah mereka. Tipikal perempuan seperti ini sadar bahwa semua orang sudah memiliki porsi masalah masing-masing. Jadi mereka berpikir, mungkin lebih baik menyelesaikan masalahnya sendiri selama masih

5. Drama dan mencari perhatian!

Tapi tidak menutup kemungkinan juga, bahwa kadang berbohong adalah cikal bakal drama dalam sebuah hubungan, RulaWoman! Kadang, ada juga perempuan yang tidak puas jika ditanyai satu dua kalimat, dan mungkin dengan sengaja berbohong agar si dia tidak yakin dan kembali menanyai mereka lebih lanjut. Secara tidak langsung, pada poin ini, tujuan perempuan berbohong adalah sekaligus untuk mencuri perhatian lelaki.

Photo Credit: Boldsky

Dampak negatif dari berbohong

Seperti yang sudah kita ketahui dari penjabaran di atas, RulaWoman, bahwa dengan alasan apa pun, bohong memang tidak bisa dibenarkan sepenuhnya. Nah, tahu nggak, sih, inilah beberapa dampak negatif yang bisa kamu dapatkan ketika berbohong –termasuk ketika mengaku bahwa kamu sedang baik-baik saja, meski kenyataannya tidak!

1. Si dia akan menganggapmu benar-benar sedang baik-baik saja

Jika pasanganmu adalah orang yang realistis, ia akan menganggap seluruh jawaban yang kamu berikan adalah hal yang sebenarnya, RulaWoman. Dengan begitu, poin untuk mencuri perhatiannya takkan berhasil dengan cara berbohong! Hihi.

2. Masalahnya tidak akan cepat selesai

Dengan menceritakan apa yang kamu rasakan, atau apa masalah yang sedang kamu hadapi, mungkin bisa lebih memudahkan kamu untuk menyelesaikannya, lho, RulaWoman. Sebaliknya, jika kamu terus berlindung di balik kalimat bohong ‘aku baik-baik saja’ kemungkinan untuk penyelesaian masalahnya bisa jadi lebih lama. Hayo, pilih yang mana?

Photo Credit: Pexels

3. Bisa memperburuk komunikasi dan membuat hubungan jadi tidak sehat

Jika kamu berbohong, apalagi mengucapkannya dengan nada ketus karena kesal bahwa si dia tidak peka untuk memahami kegalauanmu, bisa jadi ini akan lebih memperburuk suasana. Bagaimana tidak, kamu memiliki kesempatan untuk berkata jujur mengenai segalanya, tapi kamu memilih berbohong, kemudian menganggap si dia akan peka sejauh itu? Hmm, big no, RulaWoman.

4. Memicu perdebatan yang lebih besar

Dan bayangkan jika si dia tahu kamu berbohong! Pastinya tidak ada orang yang senang dibohongi, kan, RulaWoman? Nah, dampak terburuknya adalah satu dua kebohongan bisa memicu terjadinya perdebatan yang lebih panjang dan tak berkesudahan. Kamu nggak mau, dong, hubungan kalian jadi kacau hanya karena kamu tidak jujur pada si dia?

5. Si dia bisa merasa tidak dianggap

Sebagian pasangan bahkan mungkin akan merasa kecil hati dan tidak dianggap, lho, jika kamu keberatan menceritakan keluh kesahmu pada mereka. Bagaimana pun, pasangan adalah partner yang seharusnya menjadi tempat berbagi –baik kebahagiaan maupun kesulitan yang kamu hadapi. So, tidak ada salahnya untuk belajar membagikan apa pun yang kamu rasakan instead of terus berlindung di balik ‘aku baik-baik saja’ kan, RulaWoman?


Jadi, seberapa sering kamu mengucapkan kata-kata bohong ini dalam keseharianmu, RulaWoman? Mungkin kamu merasa hal ini bisa menekan konflik atau masalah baru. Tapi, jangan terlalu dibiasakan, ya! Lagipula, kamu tidak ingin pasangan kamu merasa kamu tidak menghargainya, bukan?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kalimat Bohong Itu Adalah "Aku Baik-Baik Saja" RulaWoman, Inilah Alasannya Kenapa Kamu Sebaiknya Tidak Mengatakan Ini Lagi". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar