1.9K
"Opportunities don't happen, you create them." Chris Grosser

Momen magang merupakan momen yang sangat penting bagi RulaWoman yang baru saja menyelesaikan dunia pendidikan atau kamu yang masih menjadi mahasiswa dan sedang menuju semester akhir. Magang kerja merupakan salah satu cara agar kamu bisa mendapatkan pengalaman dan mengenal dunia kerja. Kamu saling berlomba untuk mendapatkan tempat magang yang memiliki prospek besar untuk diangkat menjadi karyawan.

Kamu harus menyadari bahwa magang bukan hanya sekadar wadah untuk belajar, tetapi juga belajar bekerja. Maka dari itu harus pintar memanfaatkan waktu magang sebaik-baiknya. Kamu juga jangan menganggap mudah untuk merubah status magangmu menjadi karyawan. Banyak hal yang harus kamu lakukan untuk bisa merubah status tersebut. Nah buat kamu yang mau merubahnya ini ada 7 tips yang mesti kamu coba.

1. On Time

Kamu harus bisa mnejadi anak magang yang on time. Datanglah tepat waktu sebelum jam masuk. Dengan kamu datang on time, berarti kamu telah menunjukkan kepada seniormu kalau kamu bekerja dengan sungguh-sungguh. Kamu juga jadi mempunyai waktu luang untuk menyusun daftar pekerjaan yang harus dilakukan hari itu. Selain mendapatkan pujian mungkin kamu juga bisa mendapat penambahan nilai. Kesempatan yang baik, bukan?

2. Berpakaian yang Sesuai

Berpakaianlah sesuai dengan peraturan yang ada ditempat kerjamu. Ada beberapa perusahaan yang menetapkan seluruh karyawannya untuk berpakaian formal. Tapi ada juga perusahaan yang tidak dan kamu cukup berpakaian casual saja seperti di perusahaan-perusahaan start up. Namun ingat, meskipun casual tetap harus terlihat rapih ya RulaWoman.

3. Antusias dan Inisiatif Dalam Bekerja

RulaWoman, kamu harus menunjukkan sikap antusiasmu dalam pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Lakukan semuanya dengan senang hati dan kamu juga harus punya inisiatif dalam pekerjaan kamu. Jika pekerjaan kamu sudah selesai, cobalah datang dan meminta pekerjaan lain. Jangan mengeluh dengan pekerjaan lain yang diberikan ke kamu, toh kamu juga belajar anggap saja sebagai tambahan belajar dalam memahami pekerjaan.

4. Mengenali Lingkungan Kerja

Ini hal penting yang harus kamu lakukan. Sebelum memutuskan magang disana, kamu harus mencari tahu latar belakang dari tempat kerjamu. Bagaimana perusahaannya, karyawannya, lingkungannya, sistem kerjanya. Pokoknya semua budaya dan latar belakangnya mesti kamu tahu agar kamu punya gambaran tentang aktivitas dan sistem di tempat magangmu itu.

5. Aktif Bertanya

RulaWoman kamu harus jadi orang yang aktif untuk bertanya. Karena dengan cara itu kamu jadi tahu pekerjaan yang akan kamu kerjakan seperti apa. Manfaatkan waktu awal-awal kamu bekerja dengan pertanyaan yang sebaik mungkin. Jangan pura-pura mengerti hanya untuk membuat seniormu terkesan. Karena jika kamu tidak bertanya kamu justru bisa terjebak dalam masalah. Jangan sampai pekerjaanmu berantakan hanya karena sikapmu yang pura-pura mengerti.

6. Mampu Mengontrol Diri dan Bersikap Profesional

Ditempat kerja pasti akan selalu ada karyawan yang membicarakan karyawan lain entah itu kebaikan atau keburukan mereka. Nah, meskipun kamu bergaul dan berteman dengan mereka, kamu tetap harus bisa mengontrol diri kamu sendiri. Jangan sekali-kali kamu ikut membicarakan karyawan lain dengan karyawan yang sudah kamu kenal. Kamu harus ingat kalau tujuan kamu di sana itu untuk bekerja bukan untuk membicarakan orang lain. Jadi bersikaplah secara profesional ya RulaWoman.

7. Membangun Networking

Kamu harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan mereka yang bekerja disana, khususnya pada atasanmu dan pembimbingmu. Dengan menjalin hubungan yang baik ini, akan menjadi awal pembuka jalan buat kamu untuk bisa bekerja disana. Kalau kinerjamu dan hubunganmu baik, maka kemungkinan besar kamu bisa diterima disana. Tapi ingat ya RulaWoman jangan berlebihan sampai membuat mereka ilfeel sama kamu.

Nah RulaWoman, dengan melakukan tips diatas akan lebih mudah buat kamu yang masih magang untuk bisa diterima bekerja disana. Kamu juga harus bisa memberikan kinerja yang baik selama magang. Jangan patah semangat untuk mencobanya ya


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kamu Anak Magang? Ini 7 Tips Supaya Kamu Diangkat Jadi Karyawan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Arvika I Resvita ES | @arvikaresvita

Part time to music and writing. Singing cover. An amateur author of fiction stories IG: arvi.resvita

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar