1.1K
Apa bedanya Sekretaris baik-baik dengan Sekretaris yang tidak baik? Sekretaris yang baik berkata, "Selamat pagi, Pak!" Sekretaris yang tidak baik, "Sudah pagi, Pak!" -Super Sales hlm 131-

Namanya saja sekretaris, berasal dari kata secret yang berarti rahasia. Menurut beberapa definisi, posisi sekretaris artinya posisi di mana seseorang yang menjabatnya harus pandai menjaga rahasia. Kamu orang yang bisa jaga rahasia? Yuk, simak gimana caranya menjadi seorang sekretaris!

1. Kenali Bidang Perusahaan

Sekretaris tidak hanya berada di perusahaan besar. Perusahaan sederhana sekalipun memiliki sekretaris untuk mengurus administrasinya. Sebelum kamu mempelajari apa saja yang bakal kamu kerjakan sebagai sekretaris di suatu perusahaan, kamu harus memeriksa bidang perusahaan tersebut. Beberapa perusahaan tersebut diantaranya bergerak di bidang; akademik, rumah sakit, kantor notaris, konsultan bisnis, bisnis properti, penjualan berbagai macam produk dan jasa, wisata, dan pemerintahan. Temukan salah satu bidang ini yang mungkin cocok dengan bakat dan latar belakang pendidikanmu!

2. Pelajari Keahliannya!

Setelah kamu tahu, kamu bakal melamar ke perusahaan dengan spesifikasi bidang tertentu maka tahap selanjutnya kamu harus mempelajari keahlian yang dibutuhkan dari seorang sekretaris. Keahlian yang harus dimiliki seorang sekretaris mencakup:

a. Kecakapan dalam menulis dan berkomunikasi

b. Kemampuan dalam mempresentasikan tugas atau suatu pekerjaan

c. Kemampuan berbahasa asing (bahasa asing selain Inggris menjadi nilai tambah)

d. Kemampuan bekerja sama di dalam tim

e. Berwawasan luas/umum dan juga tentang kesekretariatan

f. Kecakapan dalam mengatur atau mengorganisir pekerjaan dan jadwal

g. Kemampuan bekerja sesuai jadwal, deadline, dan detil

h. terakhir penting banget nih, Kejujuran!

3. Mulai Mengasah Keterampilanmu

Keterampilan yang dimaksud adalah keterampilan lain yang mendukung seluruh keahlian yang (semestinya) sudah kamu miliki untuk menjadi seorang sekretaris. Mengasah keterampilan bisa berupa kursus singkat, banyak bergaul dengan orang yang berpengalaman menjadi sekretaris atau membaca naskah-naskah cerita atau artikel-artikel tentang kesekretariatan. Ilmu tentang kesekretariatan juga bisa dengan mudah kamu pelajari di buku-buku ilmiah. Intinya, keterampilan apapun bisa kamu dapatkan selama kamu mau mengusahakannya.

4. Siapkan Dirimu untuk Melamar!

Selain keahlian dan keterampilan yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu hal paling penting untuk melamar menjadi seorang Sekretaris adalah juga memperhatikan penampilan. Tidak mungkin dong kamu melamar menjadi seorang sekretaris tapi penampilanmu tidak mendukung keinginanmu itu. Kamu tidak perlu berpenampilan resmi kecuali perusahaan target mewajibkan demikian. Beberapa perusahaan biasanya hanya mewajibkan kamu berpakaian rapi dan tidak menggunakan bahan jeans. Jadi, kalau kamu memang berminat menjadi sekretaris, Rulawoman, mulailah memadu padankan penampilanmu untuk mendukung aktivitasmu saat bekerja nanti. Bukankah bekerja dengan efektif dan senyaman mungkin adalah suatu kebahagiaan?

Kharaso!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kamu Bisa Jaga Rahasia? Jadi Sekretaris, Yuk RulaWoman dengan 4 Cara Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


MK Wirawan | @mkwirawan

MK. Wirawan lahir di Jakarta, 25 tahun yang lalu. Seorang pembelajar di mana 'menulis dan membaca' adalah aktifitas yang paling membuatnya bahagia.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar