103.7K
Di satu sisi cinta itu bisa membangun dan menguatkan di saat lemah. Di sisi lain, cinta justru membatasi dan melemahkan.

Dear RulaWoman,

Kekerasan dalam hubungan bukan hanya dalam bentuk fisik, seksual, dan verbal. Ada kekerasan dalam bentuk lain, yang paling berbahaya karena bisa membunuh karaktermu secara perlahan dan membatasi ruang gerakmu tanpa kamu sadari. Bentuk penindasan itu dikenal dengan istilah "penjara pikiran". Kekerasan ini dilakukan secara perlahan tanpa kamu sadari. Lama-kelamaan, kamu akan merasa rendah diri, takut, sehingga karakter dan kepribadianmu pun berubah. Berikut 9 tanda kamu terjebak penjara pikiran yang dibangun oleh pasanganmu.



1. Kamu Takut Membuatnya Marah atau Sedih

1. Kamu Takut Membuatnya Marah Atau Sedih - photo credit: www.reignitethefire.net
photo credit: www.reignitethefire.net

Bukan karena kemarahannya yang menjadi-jadi, tapi ada rasa bersalah yang muncul ketika tindakan atau keputusanmu membuatnya marah atau sedih. Kamu pun mulai melakukan berbagai upaya untuk membuatnya bahagia, tanpa peduli dengan kebahagiaanmu sendiri. Padahal jika pasanganmu benar-benar mencintai kamu, ia akan berusaha membuatmu bahagia tanpa harus kamu minta.


2. Bersikap Apatis Pada Idemu

2. Bersikap Apatis Pada Idemu - photo credit: www.heartspiritmind.com
photo credit: www.heartspiritmind.com

Apapun ide yang kamu utarakan, dia selalu bersikap apatis dan tak peduli. Ia selalu bersikeras dengan pendapatnya. Akhirnya kamu pun mengalah dengan berbagai macam pembenaran yang tampaknya rasional. Malas bertengkar dan beranggapan bahwa setiap hubungan pasti tidaklah selalu mulus, jadi harus ada pihak yang mengalah, menjadi alasan untuk menuruti semua perkataannya, walaupun dalam hati kecilmu berteriak tak setuju. Membiasakan dirimu dengan tindakan ini akan membuat dirimu kehilangan kepercayaan diri RulaWoman. 


3. Selalu Mengatakan 'Kamu Tidak Bisa'

3. Selalu Mengatakan 'Kamu Tidak Bisa' - photo credit: www.livestrong.com
photo credit: www.livestrong.com

"Sudahlah jadi perempuan biasa saja, tidak usah bermimpi yang muluk-muluk." atau "Ini sulit, kamu tidak akan bisa, banyak orang gagal, saya tidak mau kamu kecewa."  Pernah mendengar kalimat tadi RulaWoman? Dia tega mengatakannya bukan karena ingin membuatmu bebas dari rasa kecewa, tapi karena dia merasa insecure, dia takut kalau kamu lebih baik dan lebih berhasil darinya. Ketika ia mencintaimu dengan tulus, maka ia juga akan bersedia menerima kamu lengkap dengan "paket" yang kamu punya, termasuk ide, keinginan, dan mimpi-mimpimu.

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kamu Bukan Cinta, tapi Diperbudak Olehnya! Kenali 9 Tanda Kalau Kamu Terjebak Penjara Pikiran yang Dibangun oleh Kekasih". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

I'm an Application Engineer, a Financial Planner, a writer, and a dreamer.

Bagaimana menurutmu?