244
RulaWoman, pernahkah kamu berpikir seaman apakah transaksi perbankan kamu dari atm atau internet banking? Siapa yang melindungi keamaan keuangan kamu selama kamu melakukan transaksi perbankan tanpa lewat teller?

Beberapa waktu yang lalu saya diundang ke sebuah acara launching produk fintech generasi terbaru yang bernama 3C Wireless. Awalnya saya nggak paham, namun ternyata kehadiran 3C Wireless ini yang bertanggungjawab akan amannya transaksi perbankan kita di atm, internet banking, dan semua transaksi perbankan yang bisa terlaksana secara online dan terintegrasi antar cabang, di manapun kita berada.

RulaWoman, pernah terpikir nggak tentang pentingnya keamanan dan akurasi dari segala macam bentuk tindakan keuangan kita mulai dari transfer, pembayaran dan lain-lain di atm? Kebayang nggak kalau ternyata mendadak 'sinyal putus; atau ada gangguan koneksi sehingga menyebabkan uang kita di bank raib akibat kesalahan tehnis? Hih serem ya?

Dan ternyata, selama ini yang membantu supaya kamu merasakan kenyamanan dan keamanan transaksi perbankan kamu, adalah 3C Wireless. Jadi siapa sih 3C Wireless ini dan kenapa kita harus tahu tentang 3C Wireless?

3C Enterprise Wireless, adalah premier M2M, ahli solusi keuangan

Salah satu ketakutan sebagai pengguna jasa perbankan adalah jaringan koneksi yang tidak aman. 3C Wireless fokus pada memberikan solusi yang inovatif pada jaringan aman di industri keuangan (ATM, kios, cabang mobile dan kantor cabang kecil) dan aplikasi M2M lain yang membutuhkan jaringan komunikasi aman dan terpercaya. Berbeda dengan jaringan lain, 3C Wireless mencanangkan kekhususannya hanya pada industri perbankan atau fintech.

foto dokumen pribadi

Fintech telah menjadi prioritas 10 investasi IT teratas bagi para pemain di industri.

Kenapakah hal ini menjadi penting? Dalam industri perbankan, bank menggunakan FinTech untuk mengamankan daya saing dan membangun platform untuk kesuksesan yang lebih lanjut. Sebagai pemimpin dalam solusi pembayaran keuangan, 3C Wireless meluncuran produk terbarunya mereka sebagai solusi konektivitas untuk cabang perbankan. Solusi dengan ketersediaan tinggi ini memberikan alternatif teknologi back-up komunikasi untuk melindungi misi jaringan cabang operasi cabang penting bank.

Dan tehnologi yang digunakan juga bukan sembarangan loh, RulaWoman. Bisa bayangin transaksi perbankan yang terjadi setiap menitnya di belahan Indonesia manapun, kalau tidak didukung dengan tehnologi yang canggih, bisa gampang crash, bukan?


foto dokumen pribadi


Kendala terbesar di Indonesia: dana masyarakat yang tidak disimpan dalam bank

Menyadari bahwa Indoensia adalah negara kepulauan, masih banyak tempat di Indonesia yang tidak terjangkau oleh perbankan. Jangankan perbankan, jaringan seluler saja tidak bisa menjangkau beberapa titik-titik tertentu di Indonesia. Dan ternyata hanya sekitar 29% dari penduduk Indonesia yang memiliki rekening di bank.

Mengapa hal ini menjadi kendala? Karena ternyata dengan tidak memiliki tabungan di bank, menunjukkan tingkat ekonomi yang mengarah kepada kemiskinan.

foto dokumen pribadi

Apa sih bedanya 3CSN dengan koneksitas lain?

Tehnologi yang dikembangkan khusus oleh 3C Wireless dibangun secara spesifik hanya untuk keuangan atau dalam hal ini perbankan. Hal ini membuat 3C Wireless menjadi satu-satunya jaringan yang memiliki tingkat ketersediaannya yang tinggi karea multiple carrier network yang diciptakannya sangat mendukung untuk keamanan dan kenyamanan transaksi perbankan. Sedang dari segi keamanan, private network infrastrukture-nya memungkinkan 3C Wireless menjadi saluran yang sangat terututp sehingga tidak mungkin diganggu oleh jaringan lain. Hal ini mengakibatkan terjadinya selular servicenya yang sangat kencang serta akurat, dan mampu dimonitor terus secara real-time.

Sementara untuk perbandingannya dengan jaringan lain, bisa dilihat melalui gambar di bawah ini,

foto dokumen pribadi

Semua jaringan terkoneksi dengan baik

Dengan sistem konektivitas yang tinggi dan akurat, nasabah perbankan nggak perlu takut lagi akan kekhawatiran sistem perbankan online. Bahkan saat ini 3C Wireless telah menjadi partner dari 8 bank besar yang ada di Indonesia, dan tengah membidik 25 bank terbesar lagi untuk bekerjasama dalam bidang fintech ini.

foto dokumen pribadi

Selama dua tahun beroperasi di Indonesia, 3C Wireless telah menjadi game changer dalam mengintegrasikan teknologi keuangan untuk meningkatkan inklusi keuangan, terutama dalam memberikan solusi bagi bank di Indonesia. Karena cabang bank adalah titik utama penghubung yang berakhir pada pelanggan, konsekuensi dari kehilangan konektivitas dengan kantor pusat, operasi jaringan, dan prosesor pembayaran yang aman bisa berakibat fatal. Kehilangan pendapatan atau produktivitas kantor cabang adalah risiko keuangan yang bank tidak dapat bank tanggung. Alhasil, Bank Indonesia sebagai pembuat regulasi, telah membuat regulasi untuk bank memiliki jaringan cadangan koneksi yang memadai di seluruh lokasi untuk menjaga ketersediaan jaringan dan pelayanan.

Mengomentari perkembangan yang menarik ini, Mark Gamon, Managing Director dari 3C Wireless mengatakan, "Kami memahami bahwa menjaga ketersediaan merupakan persyaratan utama dalam industri perbankan. 3C Wireless memberikan solusi keuangan terbaik bagi bank di Indonesia. Solusi konektivitas dari 3C pada cabang bank adalah solusi arsitektur jaringan yang dibuat sehingga bank dapat menyebarkan jaringan mereka dengan keyakinan penuh."

Lebih lanjut lagi, Mark berkata,"Solusi dari 3C kepada cabang bank yang baru dirilis ini didasarkan pada kebutuhan industri keuangan dengan fokus khusus pada cabang perbankan, yang memungkinkan industri cabang perbankan untuk mengatasi kekhawatiran utamanya, seperti ukuran cabang dan kebutuhan yang beragam, biaya operasi yang lebih rendah, penyebaran cepat dari cabang mikro dan ATM, ketersediaan tinggi, dan penyebaran layanan baru. Peluncuran solusi baru ini merupakan bukti kemampuan 3C untuk memberikan teknologi yang paling memenuhi tuntutan dan kebutuhan layanan keuangan yang paling penting dan vital."

Ok, Mark. I guess we don't have to worry anymore about losing our money due to lack of safe and integrated connectivity.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kamu Harus Tahu, Keamanan Keuangan Kamu Dari Internet Banking dan ATM, Ternyata Dilindungi oleh 3C Wireless Loh". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fioney Sofyan | @fioneysofyan

I'm a Wealth Assets Management, a marathoner in training, forex and IDX stock market trader, a writer, a dreamer and a mother of 2 Angels.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar