1.8K
Terlalu sensitif banyak dianggap sebagai masalah, padahal banyak kekuatan "tersembunyi" yang dimiliki kalau kamu adalah orang yang sangat sensitif.
photo credit: Sheryl Turgeon

Tingkat kepekaan tiap orang berbeda. Kepekaan seseorang merupakan salah satu penentu kecerdasan emosi (EQ). Dalam kehidupan sehari-hari, ditemui beberapa orang dengan kadar kepekaan tinggi atau yang lebih dikenal dengan Highly Sensitive Person (HSP). Bila tak dikelola dengan baik, tidak jarang justru menimbulkan masalah dalam interaksi sosial dan menghambat perkembangan orang tersebut. Apabila dikelola dengan baik, orang-orang dengan kepribadian sangat sensitif dapat menggunakan kekurangan mereka menjadi kekuatan yang membuat pribadi mereka lebih berkembang.

1. Merasakan Sesuatu secara Mendalam

Ted Zeff, penulis buku The Highly Sensitive Person’s Survival Guide, menyebutkan bahwa orang dengan kadar sensitifitas tinggi sangat intuitif dan cenderung memproses sesuatu dalam level yang lebih dalam.

2. Lebih Punya Empati

Sifat empati yang mendalam membuat orang-orang di sekitar mereka merasa nyaman. Mereka juga mampu menjalin kedekatan dengan orang lain secara lebih personal dan mendalam.

3. Cermat dan Detail

Karena sangat memperhatikan hal-hal detail, mereka jadi lebih sulit mengambil keputusan. Orang yang sensitif butuh waktu lama untuk memilih karena mereka mempertimbangkan setiap kemungkinan dari keputusan.

4. Bekerja Optimal dalam Tim

Karena orang yang sangat sensitif suka berpikir, mereka adalah pekerja yang sangat bernilai, terutama dalam kerja tim. Mereka juga lebih cocok berada dalam tim sehingga mereka tak perlu mengambil keputusan final.

5. Intuisi Tajam

photo credit: Powered by Intuition

Orang yang sangat sensitif adalah orang pertama yang mengetahui sebuah detail dalam ruangan, perubahan cuaca, dan perubahan raut wajah lawan bicara.

6. Passionate

photo credit: Glassdoor

Orang yang sangat sensitif cenderung sangat bersemangat jika mereka berada pada zona yang sesuai dengan bakat dan passion mereka.

7. Kreatif

Mereka mampu membayangkan apa yang mereka inginkan dan memiliki cara pandang terhadap sesuatu berbeda dari kebanyakan orang.

Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kamu Kelewat Sensitif? Jangan Berkecil Hati, Inilah 5 Kekuatan Positif yang Ada Padamu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar