897
Tanpa sadar, ini adalah lima kebiasaan buruk yang masih saja kamu lakukan sebagai mahasiswi, RulaWoman. Padahal kamu tahu kebiasaan itu tidak baik.

Kehidupan kuliah nyatanya begitu dinamis ya, RulaWoman. Mulai dari beban akademis yang menumpuk, hingga berbagai kegiatan yang diikuti. Saking banyaknya kegiatan yang kamu lakukan, terkadang kamu malah jadi abai terhadap diri kamu sendiri. Nah, ternyata, RulaWoman, ada beberapa kebiasaan-kebiasaan yang tanpa kita sadari, tetap kita lakukan meskipun kita tahu itu tidak baik. Kebiasaan apa saja itu?

1. Begadang

image credit: medicmagic.net

“Kamu bukan mahasiswi kalau kamu tidak begadang.”

Salah satu kebiasaan buruk yang tetap dilakukan oleh mahasiswi adalah beagadang. Kebiasaan untuk tidur larut malam sekarang ini sudah tidak dapat dilepaskan dari kehidupan mahasiswi. Berbagai alasan dikeluarkan untuk terus begadang. Mulai dari hal yang serius seperti mengerjakan tugas, hingga hal-hal remeh seperti menonton film atau melakukan apapun yang disuka.

Terkadang, RulaWoman, kebiasaan begadang ini menjadi satu hal yang dilematis. Apalagi, kalau kamu adalah mahasiswi kesehatan. Di saat kamu tahu kalau begadang itu tidak baik, tapi nyatanya tetap kamu lakukan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah kamu. Sungguh dilematis, RulaWoman!

2. Menunda-nunda untuk makan

image credit: thehealthsite.com

Ketika kamu sedang serius mengerjakan tugas atau sedang terlibat diskusi seru di kampus, terkadang makan pun jadi kegiatan yang kamu abaikan. Tanpa terasa, kamu pun lupa sudah makan atau belum. Bahkan, terkadang, kamu baru sadar kalau belum makan seharian. Nah, RulaWoman, kebiasaan inilah yang pada akhirnya membuat kamu mudah terserang maag ataupun penyakit lainnya. Pada akhirnya, penyakit pun mudah menyerang tubuh kamu.

3. Malas bersih-bersih kamar

image credit: nytimes.com

“Kamarmu adalah teritorimu.”

RulaWoman, ketika kamu sedang dikejar deadline tugas, kamu terkadang abai dengan kondisi sekitar. Salah satunya adalah kebersihan dari kamarmu. Terkadang, saking paniknya dengan tugas yang belum selesai kamu lakukan, kamu pun tanpa sadar malah membuat berantakan kamar kamu sendiri. Pada akhirnya, pemandangan kapal pecah di kamarmu menjadi tidak terhindarkan.

4. Deadliner

image credit: elsalvador.com

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh mahasiswi adalah kebiasaan untuk menjadi deadliner. Menunda-nunda pekerjaan hingga batas waktu terakhir malah menjadi kebiasaan yang tidak dapat kamu hindarkan. Berbagai alasan pun muncul. Mulai dari kesibukan kegiatan lain yang begitu banyak dan padat, hingga alasan-alasan lainnya. Ada juga yang menyatakan bahwa mengerjakan suatu hal di waktu yang sempit malah dapat memacu inspirasi untuk muncul.

Padahal RulaWoman, kebiasaan menjadi deadliner ini terkadang bisa merugikan kamu loh. Belum tentu hasil kerja semalammu benar-benar maksimal. Apalagi, kalau kamu mengerjakannya semalaman suntuk dan tidak tidur. Wah, siap-siap saja menghadapi penilaian dosen di keesokan hari, RulaWoman!

5. Bekerja di depan laptop terlalu lama

image credit: shutterstock.com

Satu lagi kebiasaan buruk yang tidak bisa kamu hindari selama menjadi mahasiswi adalah, bekerja di depan laptop terlalu lama. Meskipun berbagai penelitian menyatakan bahwa tidak baik bagi kesehatan mata saat kamu menatap layar laptop terlalu lama, nyatanya hal ini masih saja dilakukan. Ya, hal ini tentunya tidak dapat dihindari karena banyak sekali tugas yang harus dikerjakan dengan mengetik. Alhasil, kesehatan mata kamu pun dipertanyakan, RulaWoman.

BACA JUGA


Ada Rencana Magang Semester Ini? Berikut Inspirasi Outfit Kuning Mustard yang Bisa Kamu Tiru Agar Makin Semangat Bekerja

Ada Rencana Magang Semester Ini? Berikut Inspirasi Outfit Kuning Mustard yang Bisa Kamu Tiru Agar Makin Semangat Bekerja

Warna ini dekat dengan warna kuning yang merepresentasikan kesuksesan, juga dekat dengan warna cokelat yang tenang serta mudah diserasikan ...

Read more..

RulaWoman, kamu mengalami kelima hal di atas? Memang sih, pada dasarnya kebiasaan-kebiasaan tersebut tidak bagi bagi kesehatan. Akan tetapi, terkadang memang tetap dilakukan secara sadar. Satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah mencoba untuk mengurangi kebiasaan-kebiasaan tersebut secara perlahan. Cari alternatif-alternatif yang dapat kamu lakukan untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, RulaWoman. Jadi, selamat menempuh kehidupan kampusmu!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kamu Mahasiswi? Ini Dia 5 Kebiasaan Buruk yang Masih Saja Kamu Lakukan Padahal Kamu Tahu Hal Itu Tidak Baik". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Puji P. Rahayu | @PujiPRahayu

The Sun and the Red Glow of the Dawn. Passionate on reading and writing. Grateful for everything that happened in my life.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar