2.7K

Kamu termasuk perempuan yang pemalu? Jika iya, sama dong! Eits, beberapa tahun lalu ketika masih bersekolah di sekolah menengah pertama atau SMP sifat pemalu itu melekat pada diriku. Hingga memasuki perguruan tinggi, sifat pemalu itu mulai memudar seiring mencoba untuk bersosialisasi dengan teman. Iya, masa kuliah itu telah merubah sifat pemalu saya menjadi sosok pemberani.

Untuk kamu yang masih pemalu, yuk saatnya berubah menjadi sosok pemberani. Simak 3 Tips berikut ini :

1. Bukalah Matamu dan Lihatlah Dunia Sekitar

Hei, kamu tidak sendirian loh hidup di dunia ini. Lihatlah dunia sekitatmu, banyak teman bukan? Iya, mereka yang ada di sekitarmu itu lah temanmu! Mulai-lah untuk menyapa dalam senyum dan hilangkan sikap pemalu itu dengan percaya diri. Tenangkan dirimu jika bertemu dengan orang baru dan yakinkan juga kalau dirimu berani untuk menyapa terlebih dahulu setidaknya untuk bertukar senyum dan sapaan hai.

Selamat mencoba, dunia di luar sana seru loh dan pilihlah teman yang mampu membuatmu menjadi sosok yang pemberani ya dalam hal positif.

2. Bergabunglah di Komunitas

Pada masa sekarang berbagai komunitas sudah tersedia banyak sekali yang sesuai dengan hobimu. Misalnya, jika kamu hobinya menulis ya bergabunglah dengan komunitas menulis. Bagi yang mempunyai hobi jalan-jalan atau ngebolang silakan bergabung dengan komunitas backpacker atau bagi yang mempunyai hobi kamera dan foto bisa bergabung di komunitas fotografi dan lain-lain.

Bagi yang masih pemalu, coba bergabung deh di komunitas. Lah, gimana mau bergabung kan saya pemalu? Itu sih pertanyaan umum ya, caranya sih mulai-lah dengan hadir untuk kopi darat. Selanjutnya, jangan sungkan untuk menyapa yang ada di sekitarmu kemudian ajak kenalan. Hapus ketakutanmu, karena kamu harus berubah menjadi sosok pemberani. Awal perkenalan, tanya nama dulu lalu cobalah untuk tanya yang lainnya seperti kesibukannya apa dan lain-lain. Saat ajak berkenalan sebaiknya harus ramah ya. Ataupun jika masih sungkan untuk berkenalan duluan, sapa aja dengan hai nanti akan mengalir pembahasannya.

Percaya deh, sifat pemalu itu akan mulai terkikis perlahan-lahan. Mau mencoba? Silakan!

3. Membangun Rasa Percaya Diri

Tips ketiga adalah membangun rasa percaya diri. Lalu apa hubungannya sifat pemalu sama membangun rasa percaya diri? Begini, secara tidak langsung sifat pemalu itu timbul karena kita tidak ada rasa percaya diri dan merasa tidak mempunyai teman. Coba bangun rasa percaya diri, disaat kamu sudah bisa membangun rasa percaya diri pada dirimu sendiri maka kamu akan berani dalam melangkah kemanapun yang mau kamu lalui.

So, sudah saatnya kamu berubah. Ayo berubah! Jangan jadikan sifat pemalu itu menghambat produktivitas yang kamu miliki, jadilah sosok yang pemberani dimana tak lagi takut ketika bertemu dengan orang baru, tak lagi sungkan / ketakutan kita harus maju ke depan untuk perkenalan namamu sendiri, tak ada lagi ketakutan yang menghantuimu. Karena sifat pemalu itu harus dilawan dan nikmati proses yang ada pada dirimu ya, karena waktu yang akan menuntunmu menjadi sosok yang pemberani. Jadi, sudah saatnya kamu berani berubah dong? Berkenalan dengan orang baru itu seru loh!

Selamat tinggal sifat pemalu dan selamat datang pemberani, yang siap menatap masa depan yang lebih baik lagi! Karena perubahan itu ada pada diri kita, jika kamu yakin bisa berubah kenapa tidak dilakukan dari sekarang, RulaWoman? Waktu itu berputar semakin cepat loh, ayooo berubah menjadi lebih pemberani lagi, RulaWoman!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kamu Masih Pemalu? Bisa Kok Jadi Sosok Pemberani! Lakukan 3 Tips Ini yang Akan Mengubah Sosok Pemalu Menjadi Sosok Pemberani!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Titis Ayuningsih | @titisayuningsih17

Blog : www.titisayuningsih.com // Email : tisayuningsih@gmail.com // Twitter dan IG : @titisayuningsih // Line : titisayuningsih

Bagaimana menurutmu?