603
LinkedIn menyediakan kesempatan bagi anggotanya untuk terhubung dengan lebih dari 10 juta pekerjaan. Dan tentu semakin mudah bagi RulaWoman untuk menemukan pekerjaan impian.
Photo credit: LinkedIn

LinkedIn kini menjadi digital platform yang cukup digemari, khususnya di kalangan professional. Dengan jumlah anggota mencapai lebih dari 500 juta orang di seluruh dunia, LinkedIn menyediakan kesempatan bagi anggotanya untuk terhubung dengan lebih dari 10 juta pekerjaan, dan juga akses ke lebih dari 9 juta perusahaan. Dengan kemudahan tersebut tentu semakin mudah bagi RulaWoman untuk menemukan pekerjaan impian.

Namun bukan berarti tidak ada kesalahan yang harus kamu hindari agar kamu malah tidak kehilangan kesempatan karena hal-hal sepele yang malah merusak karena tidak kamu sadari. RulaWoman, berikut 7 kesalahan dalam menggunakan LinkedIn yang seringkali tidak disadari.

1. Menggunakan LinkedIn sama seperti halnya kamu menggunakan Facebook

Meski sama-sama sosial media, tapi LinkedIn itu berbeda dengan Facebook. Kalau kamu terbiasa curhat di Facebook, tentu kamu jangan memperlakukan LinkedIn sama halnya dengan Facebook. Apa yang kamu posting, grup yang kamu ikuti, koneksi kamu di LinkedIn menunjukkan tingkat profesionalitas serta kredibilitas kamu. Jadi, kalau kamu ingin dianggap serius dan profesional postinglah hal-hal yang kamu ingin dunia profesional lihat dalam diri kamu. Karena apa yang kamu posting di LinkedIn, akan menjadi referensi tambahan bagi perusahaan yang akan merekrut kamu. Jadi hati-hati ya RulaWoman.

2. Foto profil yang kamu unggah jauh dari kesan profesional

Photo credit: GineersNow

Untuk tampilan foto profil, pilih foto yang netral, formal, dan sopan. Hindari mengunggah foto profil yang casual, vulgar, atau berantakan karena kamu tidak terlihat profesional. Jangan pernah mengunggah foto kamu sedang dalam sebuah pesta atau bikini. Pastinya kamu nggak mau Boss baru kamu berpikir yang tidak-tidak tentang diri kamu, bukan?

3. Punya terlalu banyak koneksi

Berbeda dengan Instagram atau Facebook, di mana banyaknya followers dan teman tak banyak berpengaruh pada kesempatan yang akan datang padamu. Pada LinkedIn, ada baiknya kamu bersikap selektif pada permintaan orang-orang yang ingin terhubung padamu.

4. Riwayat pekerjaan tak dicantumkan secara detail

LinkedIn ibarat CV digital kamu, RulaWoman. Dan salah satu poin penting yang tidak boleh dilewatkan adalah riwayat pekerjaan kamu sebelumnya. Mayoritas orang hanya mencantumkan tempat di mana ia bekerja, tanpa menguraikan dengan jelas job desk serta tanggung jawab yang dilakukan. Padahal semakin detail dan jelas uraian job desk kamu, maka kesempatan kamu untuk dilirik oleh recruiter professional juga akan semakin besar.

5. Memposting komentar negatif

Kata-kata atau komentar negatif yang kamu posting tentu akan mengurangi value yang kamu miliki, RulaWoman. Dan tentu recruiter akan berpikir dua kali saat mereka melihat komentar pedas yang kamu posting. Hindari bercanda dengan teman juga dalam kolom komentar pada saat temanmu memposting sesuatu. Karakter kamu akan terbaca di sini, dan dunia profesional bukan tempat untuk kamu permainkan. Jadi hargai juga teman kamu ya apabila ia memposting sesuatu yang menurut kamu bukan dirinya. Image building sangat penting di sini, begitu juga dengan image yang ingin kamu tampilkan.

6. Bersikap impersonal

Dalam hal personal branding, tugas kamu adalah bagaimana mudah untuk diingat. Untuk mengirim permintaan koneksi pada orang-orang yang kamu anggap potensial, terutama jika kamu sudah pernah bekerja sama dengan mereka, ada baiknya kamu menulis pesan personal saat mengirimkan invitation. Dengan demikian, di tengah banyaknya invitation yang orang-orang potensial ini terima, mereka masih bisa mengingat kamu RulaWoman. Dan siapa tahu kesempatan emas akan menghampiri kamu di masa depan.

7. Bersikap pasif

Photo credit: bgr.in

Semakin banyak kamu dikenal maka peluang yang datang padamu juga akan semakin besar. Untuk itu cobalah aktif dengan bergabung dalam grup professional di LinkedIn, di mana kamu akan menemukan banyak orang dengan kesamaan minat, industri, pemikiran, dan memungkinkan kamu untuk mendapatkan jawaban pada permasalahan karir yang sedang kamu alami.

Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat ya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kamu Pengguna LinkedIn? Berikut 7 Kesalahan Menggunakan LinkedIn yang Seringkali Tidak Disadari". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar