1.6K
A grateful heart is a magnet for miracles.

RulaWoman, ngaku deh, kadang kita suka lupa kalau being grateful is literally the only way to enjoy life. Dikit-dikit ngeluh, apa-apa komplain, terus suka ngerasa sedih keterlaluan karena masalah yang sebenarnya nggak begitu besar, cuma karena lupa bersyukur, sedihnya luar biasa kaya nggak pernah bahagia. Capek, deh!

As Oprah Winfrey has said, “If you look at what you have in life, you’ll always have more. If you look at what you don’t have in life, you’ll never have enough.”

1. Write down things that make you feel lucky today.

Count your blessings, sekecil apapun itu. Sesimpel cuaca yang cerah seharian setelah kamu bangun pagi buta buat nyuci mobil kesayangan kamu, atau kebagian kursi di commuter line, atau lagu favorit kamu yang nggak mainstream diputar di supermarket, atau yang bikin senang banget sampe mood bagus seharian, seperti dapet pujian bos di kantor, atau dilamar si kekasih tersayang. Dengan kamu nulis-nulis hal yang kaya gini, tulisan ini akan membuat kamu merasa

less sadder in an instant

ketika ada sesuatu yang bikin kamu sedih.


2. Stop torturing yourself with unnecessary negative thoughts.

Sebut saja Kartika, 23 tahun, seorang perempuan yang bisa dibilang punya karir bagus. Bayangkan, di usianya yang sangat muda, dia baru saja berhasil direkrut perusahaan FMCG terbesar di dunia dengan gaji yang tidak sedikit tentunya. Tapi, negative thoughts kaya “Ih temen-temen kerja gue yang baru jauh lebih hebat daripada gue, gue mah apa atuh.” bikin dia nggak bisa berkontribusi banyak di kantor barunya, alias demotivated. RulaWoman, please, berhentilah meng-underestimate diri kamu sendiri. Stop thinking “gue mah apa atuh”, and start thinking “ya atuh gue gitu loh” instead. Mulailah melihat kesulitan sebagai tantangan yang akan memaksa kamu melompat lebih tinggi, bukan sebagai tembok besar yang menghalangi langkah kamu. Percayalah Rula Woman, seberat apapun masalahnya, this too shall pass.

3. Recalling the storm you once experienced.

Bukannya mau bikin jadi sedih, tapi dengan kamu mengingat-ngingat kejadian menyedihkan yang dulu pernah kamu alami, akan membuat kamu bersyukur dengan hidup kamu yang sekarang, dan selalu berpikir, “

Been there done that, I’m okay anyway


(Pic courtesy: pixabay.com)

4. Spend times with those who matter most.

Sometimes, you have to take a break and take a look around you. Sahabat yang setia dari jaman masih seragaman sampe sekarang sudah pada gajian, orang tua yang sehat wal afiat, atau pacar yang perhatian tanpa banyak tuntutan –spend time with them. Atur jadwal kamu untuk punya quality time dengan mereka. Soon you’ll realize, their existence is obviously a blessing and there’s no better feeling than the feeling of being loved.

5. Move, move!

Ternyata olahraga juga bikin pikiran kira lebih rileks dan more stress-free lho, RulaWoman! Sebuah studi yang dilakukan oleh seorang profesor di bidang psikologi University of California, Dr. Robert Emmons, mengatakan bahwa orang-orang yang rutin melakukan olahraga cenderung memiliki tingkat gratitude yang tinggi. Dalam studinya, Dr. Emmons juga menyebutkan bahwa olahraga adalah data terbaik untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang lebih sehat.

6. Be A Volunteer!

Terlibat di salah satu aktivitas sosial juga dianggap akan bikin kamu lebih bersyukur dengan kehidupan yang kamu punya. Mulai dari yang simpel seperti menjadi donor darah, hingga menjadi relawan banjir atau guru di daerah-daerah pelosok, membuat kamu lebih berempati dengan penderitaan orang lain.

7. Embrace this very second of your life.

Layaknya cuaca yang kadang panas terik kadang hujan badai, ya namanya juga hidup, pasti ada aja sedihnya, dan pasti ada juga senangnya. Kalau senang terus-terusan dan nggak ada sedihnya, sesuatu yang menyenangkan nggak akan terasa senang lagi, malah terasa membosankan. But life shoud be wonderful, RulaWoman! Jangan menjalani aktivitas sehari-hari dengan datar-datar aja exactly like everyday with its repetitive things and same boring tasks. Stop being a mindless zombie, start to pay attention to details of the day. Langit lagi cerah dan make up lagi on point? Take a selfie. Alis temen lagi perfectly on fleek? Kasih pujian. Makan siang pake nasi padang di kantin kantor? Nikmati tiap suapnya. There’s million of things in this world that could make you smile. Make your happiness cheap, Rula Woman!

    "There's no magic bullet, there's no pill that you take that makes everything great and makes you happy all the time. I'm letting go of those expectations, and that's opening me up to moments of transcendent bliss." -Anne Hathaway


    Write for Us!

    Kamu baru saja membaca artikel "Kamu Sering Ngerasa Nggak Happy? Lakukan 7 Langkah Ini Supaya Hidup Kamu Terasa Lebih Indah". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

    Tulis ceritamu di sini !


    Ina Massijaya | @inamassijaya

    Currently pursuing a master degree in Economics and a career as a writer in any time soon.

    Bagaimana menurutmu?

    Silahkan login untuk memberi komentar