961
Perempuan mana yang tidak tertarik pada kata “diskon” atau “sale”, apalagi buat kamu pecinta belanja.
photo credit: clothing.beautysay

Memanfaatkan momen diskon atau sale memang banyak dilakukan oleh kaum hawa. Berhemat adalah salah satu alasannya, sehingga tanpa sadar kamu tak memperhitungkan apakah itu kebutuhan atau memang hanya keinginan kamu. Buat kamu pecinta belanja, berikut 5 fakta tersembunyi di balik kata “sale” yang perlu kamu ketahui.

1. Misteri Angka 9

Ketika ada 2 potong baju dengan harga 299 ribu dan 300 ribu, mana yang lebih menarik minat kamu?

Ada dua sisi psikologi di sini yang perlu kamu tahu. Pertama, secara psikologi angka 9 terlihat lebih menarik perhatian dibandingkan dengan angka 0. Kedua, orang cenderung lebih melihat sisi sebelah kiri terlebih dahulu saat membaca harga. Itulah mengapa harga 299 ribu terkesan lebih murah dibandingkan dengan harga 300 ribu. Padahal kenyataannya tak ada perbedaan yang mencolok, hanya selisih seribu rupiah.

2. Di balik kata FREE alias GRATIS

photo credit: FreeIconsPNG
Buy one get one free

Siapa yang tak suka dengan gratisan? Trik ini ampuh untuk memancing minat pengunjung untuk membeli, bahkan mereka yang awalnya tak memiliki niat di awalnya. Dan tanpa pikir panjang, perilaku impulsif berbelanja pun muncul. Padahal bisa jadi barang yang dijual telah out of date atau harganya dinaikkan terlebih dahulu.

3. Diskon 50%+20%

photo credit: Giant Bomb

Bukan berarti diskon yang kamu dapatkan 70% ya, RulaWoman. Potongan harga yang kamu dapatkan adalah sebesar 50% di awal, baru setelah itu dikurangi 20% dari harga yang telah dipotong 50% tadi.

4. Limited time, limited offer, limited stock

photo credit: Keyword Suggestions

Kata “terbatas” membuat orang menjadi terburu-buru, sehingga seakan-akan mereka hanya punya waktu sedikit. Mau tak mau keputusan membeli pun jadi pilihan karena khawatir keesokan hari atau bulan depan barang yang sama sudah tak lagi di display.

5. The power of membership

Get special discount for member

Banyak merchant menawarkan diskon khusus untuk mereka yang punya kartu keanggotaan. Pastikan dulu apakah diskon yang diberikan lebih besar daripada iuran keanggotaan yang harus kamu bayar.

Banyak orang berbelanja untuk menghilangkan stres, tapi perlu dicermati agar kadar stress kamu tidak makin bertambah karena kantong jebol ya, RulaWoman.

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kamu Suka Belanja? Terungkap! Berikut 5 Fakta Tersembunyi di Balik Kata “SALE” yang Perlu Kamu Ketahui". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar