2.1K
Sebab hidup tak selamanya romantis dan bahagia, makanya kadang kita perlu realistis.

Siapa di antara kamu yang menyukai drama Korea, RulaWoman? Wah, mungkin banyak dari kita para perempuan yang terpesona pada drama Korea karena banyak hal; pemerannya yang cantik dan ganteng, plot ceritanya yang menarik atau relevan dengan kehidupan sehari-hari, atau tokoh antagonisnya yang menyebalkan dan bikin gemas.

Drama Korea juga biasanya memiliki ciri khas tertentu, ada hal-hal yang biasanya sering terjadi di dalamnya, seperti; pengkhianatan, sahabat jadi cinta, saudara tiri, kehidupan keluarga kerajaan, cinta bertepuk sebelah tangan, dan sebagainya. Bahkan totalitas drama Korea juga patut diacungi jempol dalam menyajikan tokoh-tokoh yang profesinya kuat –tidak sekadar tempelan belaka. Profesi yang banyak terdapat dalam drama Korea adalah dokter, pengusaha, jurnalis, murid sekolah seni, dan lainnya.

Nah, drama Korea seperti tak pernah ada habisnya, selalu punya cerita-cerita segar dan ternyata banyak hal dalam drama Korea yang bisa dijadikan pelajaran berharga untuk kehidupan kita sendiri, lho, RulaWoman!

Apa saja? Ini dia…

1. Kehidupan dalam drama Korea mengajarkan kita untuk lebih realistis

Kehidupan mereka juga penuh tantangan dan membutuhkan banyak perjuangan. Tapi, di drama Korea kita diajari bahwa hidup ini juga perlu realistis. Mereka tidak menggambarkan tokoh yang terlalu sempurna atau bahkan terlalu menyedihkan baik secara fisik maupun mental, dalam sebuah cerita. Semuanya pas sesuai porsinya masing-masing, sebab manusia pasti punya kelebihan dan kekurangan, kan, RulaWoman.

2. Tokoh-tokoh utamanya rata-rata ceria dan penuh semangat

Tidak sedikit tokoh dalam drama Korea yang digambarkan sebagai perempuan-perempuan muda nan ceria. Mereka selalu bersemangat dalam menjalani hidup serta mencapai goal yang sudah direncanakan. Hal ini bisa kita tiru atau kita terapkan ke dalam hidup kita sendiri. Karena apa-apa yang ingin kita capai pasti akan berhasil pada waktunya jika kita berusaha dengan penuh semangat.

3. Gigih memperjuangkan apa yang dicita-citakan

Masih berhubungan dengan poin kedua. Biasanya jika sudah memiliki satu cita-cita atau tujuan tertentu, para tokoh dalam drama Korea akan berusaha mati-matian untuk mewujudkannya. Mereka pantang menyerah, bahkan tokoh yang antagonis sekalipun akan menjalankan misi jahatnya dengan gigih! Hihi.

4. Manusia paling antagonis dalam drama Korea pun ternyata punya hati

Tapi kisah-kisah drama Korea pun sering mengajari kita bahwa semua manusia punya hati, bahkan sejahat apa pun peran mereka dalam kehidupan ini. Di dalam drama Korea tidak ada ibu tiri hobi melotot dan wajahnya memenuhi layar yang di-zoom in atau di-zoom out. Mereka memang memiliki tokoh-tokoh jahat, tapi pada waktu-waktu tertentu jika ada kejadian yang menyentuh perasaan si tokoh, nuraninya sebagai manusia juga akan tergerak.

Gambar: www.viki.com

5. Kisahnya tidak bertele-tele

Episode yang cenderung pendek membuat cerita di drama Korea membuat kisah yang disajikan langsung to the point dan tepat sasaran, tidak bertele-tele atau berputar-putar ke adegan yang tak perlu. Setiap episodenya selalu membuat penonton gemas dan penasaran untuk menantikan episode berikutnya.

6. Ceritanya berkembang

Rata-rata satu judul drama Korea memiliki belasan hingga dua puluhan episode secara keseluruhan. Ada beberapa yang memiliki episode lebih panjang, namun kisah atau plot ceritanya juga berkembang seiring berjalannya waktu. Misalnya, ada perubahan penampilan tokoh, perubahan sikap, dan sebagainya. Drama Korea mengajarkan pada kita, bahwa semua orang bisa berubah, kok.

7. Menjunjung tinggi budaya sendiri

Banyak juga judul drama Korea yang kisahnya berpusat pada kehidupan istana dan lekat sekali dengan budaya-budaya yang ada di sana. Bahkan akibat menonton drama Korea kita jadi tahu bahwa ada pakaian tradisional seindah Hanbok. Wah, orang Korea sepertinya sangat menjunjung tinggi budaya lokal mereka, ya, RulaWoman!


Walau ada juga beberapa hal yang mungkin tidak sesuai dengan kehidupan aslinya, tapi setidaknya drama Korea hingga hari ini telah mampu mengemas cerita dengan seapik mungkin untuk kita nikmati bersama-sama, sehingga jauh dari kesan lebay atau membosankan. Dan, siapa bilang menonton drama hanya sekadar hiburan saja? Pelajaran-pelajaran berharga dari poin-poin di atas adalah bukti bahwa drama Korea bukan sekadar tontonan biasa!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kamu Suka Nonton Drama Korea? Inilah Hal-hal yang Biasa Terjadi dan Pelajaran yang Bisa Kita Dapat dari Nonton Drama Korea!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar