2.8K
Highly Sensitive Person (HSP) adalah suatu kondisi psikologis di mana seseorang memiliki kepekaan atau sensitifitas berlebih dibandingkan dengan orang-orang pada umumnya.
photo credit: Philadelphia Magazine

Tingkat kepekaan tiap orang berbeda. Kepekaan seseorang merupakan salah satu penentu kecerdasan emosi (EQ). Dalam kehidupan sehari-hari, ditemui beberapa orang dengan kadar kepekaan tinggi atau yang lebih dikenal dengan Highly Sensitive Person (HSP). Bila tak dikelola dengan baik, tidak jarang justru menimbulkan masalah dalam interaksi sosial dan menghambat perkembangan orang tersebut.

Highly Sensitive Person (HSP) adalah suatu kondisi psikologis di mana seseorang memiliki kepekaan atau sensitifitas berlebih dibandingkan dengan orang-orang pada umumnya. Kepekaan tersebut dapat berupa respon, cara pandang, perasaan, feeling, baik yang ditujukan pada diri sendiri atau pada lingkungan sekitar. Sebagai contoh ketika seseorang merasa banyak orang sedang menilainya pada saat ia melakukan sesuatu, atau mudah sekali tersinggung karena ucapan orang lain.

Berikut penyebab mengapa orang jadi sangat sensitif.

1. Pola Asuh Orang Tua

Orang tua adalah role model bagi anak. Jika anak diajarkan harus selalu memikirkan penilaian dan sudut pandang orang lain, maka anak akan tumbuh menjadi sulit berkembang karena selalu memikirkan anggapan orang lain tentang dirinya. Pola asuh otoriter, overprotective, dan judgemental akan membuat anak kehilangan rasa percaya diri dan menjadi sangat sensitif terhadap kondisi lingkungan di sekitarnya.

2. Faktor Bawaan

Beberapa penelitian menemukan bahwa kondisi psikologis yang baik serta adanya keterikatan antara orang tua dan anak ketika anak berada di dalam kandungan (attachment) akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan percaya diri.

3. Faktor Lingkungan

photo credit: Sadhguru

Berada dalam kondisi tertekan, lingkungan kekerasan, atau merasakan pengalaman buruk, seperti bullying dapat membuat seseorang menjadi sangat sensitif.

Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kamu Terlalu Sensitif? Kenali Penyebabnya Berikut Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar