133.9K
"Trust me girls, there’s nothing interesting about being perfect! Fashion comes in all shapes and sizes. Because beauty isn’t measured in lbs."


“Every day is a fashion show, and the world is the Runaway” - Coco Chanel.

Tak dapat kita pungkiri bahwa fashion dan perempuan adalah dua hal yang sulit terpisahkan. Yap. Sebagian perempuan mulai beranggapan bahwa fashion bukan hanya sekedar penunjang penampilan, tapi juga merupakan gaya hidup dan kebutuhan yang harus selalu terpenuhi. Bahkan beberapa orang mulai mengaitkan status sosial seorang perempuan, dengan brand atau merk fashion yang mereka gunakan. Fashion memang memilki efek sihir luar biasa bagi para ‘pecandunya’. Tak jarang para pecandu fashion rela mengeluarkan budget hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya, hanya untuk memenuhi hasrat berbusananya.

Berbicara soal fashion, yang langsung terbayang dibenak kita pastilah para model sempurna dengan tubuh idealnya. Tapi siapa bilang fashion itu hanya milik mereka yang memiliki tubuh proporsional? It’s a big No! Come on girls, fashion comes in all shapes and sizes. Because beauty isn’t measured in lbs.

(Baju bermotif vertikal vs horizontal)
  • Bingung dengan tubuh besar sehingga sulit menemukan baju yang pas? Carilah model baju dengan motif garis-vertikal. Ini adalah tips sederhana yang mampu membuatmu terlihat lebih ramping. Lalu bagaimana untuk celananya? Carilah model jeans lurus yang membuat kamu tampak langsing dan tinggi. Sementara untuk pemilihan warnanya, kamu bisa memilih warna netral yang gelap seperti hitam atau biru tua. Soalnya, warna gelap cenderung menyamarkan bentuk tubuh besarmu.
(Dolman sleeves dan Kimono Sleeves)
  • Punya tubuh kecil tapi merasa tak nyaman dengan bahu yang lebar? Tak usah takut.. Halter Tops menjadi pilihan ampuh untuk membuat bahumu terlihat lebih proporsional. Dengan mengenakan halter tops, perhatian orang lain tak lagi tertuju pada bagian bahu, tapi juga ke area-area terkait seperti leher, dada, dan punggungmu. Selain itu kamu juga bisa menggunakan long-dress yang menampilkan lekuk tubuh untuk memberi variasi garis tubuh yang bergelombang sebagai penyeimbang garis bahu yang lebih datar. Hindari pemilihan baju dengan bantalan bahu dan lengan menggelembung, karena hal tersebut dapat membuat bahumu terlihat semakin besar. Sebaliknya, kamu bisa mencari baju dengan model Dolman atau Kimono Sleeves. Mengapa? Karena Dolman atau Kimono Sleeves memiliki model lengan yang lebar, sehingga membuat jarak antara lengan dan badan akan terisi. Itulan alasan mengapa model ini akan membuat bahumu tampak lebih ramping.
(A-Line Skirt vs Skinny Jeans)
  • Takut menggunakan gaun karena ukuran paha yang besar? Pilihlah gaun yang memiliki potongan empire line sehingga bagian bawah tubuhmu terlihat lebih ramping. Selain itu, rok A-line, flare, circle skirt, dan rok pensil juga dapat menjadi alternatif lain untuk pilihan fashionmu. Rok pensil? Ya, rok pensil memang bisa diandalkan untuk mendapatkan gaya formal bagi si pemilik paha besar. Tapi kamu harus menghindari pemakaian skinny jeans karena akan semakin memberikan perbedaan bentuk yang mencolok antara paha dan betismu.
(Hindari Puff Sleeve)
  • Bingung menyiasati gaya fashion karena lengan yang besar? Kamu mungkin bisa mencoba baju dengan model lengan tiga perempat yang akan memberikan efek lengan terlihat lebih ramping. Selain itu, jaket dan bolero bisa jadi ide yang menarik untuk menyamarkan bentuk lengan besar. Suka dengan baju bermodel Puff Sleeves? It’s a big NO girls. Karena model baju seperti ini akan semakin mempertegas lengan besarmu. Jadi, akan sangat baik, jika kamu mulai menghindari baju dengan model menggembung, dan berkerut pada bagian lengan. Hindari pula baju tanpa lengan yang bertali tipis. Karena akan memberikan kesan lengan yang penuh dan terlihat semakin besar.

(Maxi Dress vs High-waist Jeans)
  • Sulit menemukan cara mix and match yang tepat karena pinggul yang lebar dan besar? Ganti semua terusan ketatmu dengan maxi dress yang berpotongan loose. Karena maxi dress akan menyamarkan bentuk pinggulmu yang besar itu. Untuk pilihan bawahan seperti celana atau rok, hindari pemilihan potongan high-waist ya girls. Potongan ini hanya akan mengekspose bentuk pinggul serta perutmu. Sebaiknya pilihlah celana atau rok dengan potongan low-waist untuk menyembunyikan bentuk pinggulmu. Selain itu, celana dengan model boot cut dan wide leg adalah pilihan yang paling tepat untuk si pinggul besar karena bisa menyeimbangkan proporsi tubuh. Tetaplah percaya diri dengan bentuk pinggulmu, because sexy is a mindstate, not a waist size.

Nah, gimana? Masih merasa tak percaya diri dengan tubuh yang kurang ideal? Semoga tidak ya. Yang jelas, tak ada satupun pemberian Tuhan yang tak indah. Karena semua manusia sudah diciptakan Tuhan dengan kasih sayang yang luar biasa. Trust me girls, there’s nothing interesting about being perfect! Cukup syukuri apa yang ada, dan maksimalkan tampilanmu dengan cara yang istimewa. It’s not about what size you wear. It’s about how you wear your size. Because you know what? Everybody is beautiful.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Karena 'Cantik', Tak Berarti Harus Sempurna. Intip Tipsnya di Sini, Rulawoman!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Wulandari | @rannywulandari

I live to write and i write to live. Saya suka menulis karena saya merasa bahwa tulisan adalah media tak berbatas yang bisa menampung seluruh imajinasi saya. No rules, no bounds. Selama itu tidak menyakiti dan merugikan siapapun. "I write to give my

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar